Kenapa Islam Menganjurkan Menjaga Kebersihan? Ternyata Ini Jawabannya

Menjaga kebersihan adalah salah satu perintah Allah SWT bagi seluruh umat muslim, tanpa terkecuali. Allah SWT menyukai kebersihan dan meminta seluruh umat-Nya untuk selalu menjaga kebersihan diri

oleh Putry Damayanty diperbarui 16 Mei 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 20:30 WIB
Dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei, Srikandi Ganjar Jawa Timur mengupayakan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian alam dengan melangsungkan kegiatan bersih-bersih pantai Pulau Gili Ketapang (Istimewa)
Dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei, Srikandi Ganjar Jawa Timur mengupayakan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian alam dengan melangsungkan kegiatan bersih-bersih pantai Pulau Gili Ketapang (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kebersihan, menurut bahasa artinya bersih dari berbagai kotoran, baik yang bersifat hissiyah (nyata), seperti najis berupa air seni dan lainnya, maupun yang bersifat maknawiyah seperti aib dan perbuatan maksiat.

Menjaga kebersihan adalah salah satu perintah Allah SWT bagi seluruh umat muslim, tanpa terkecuali. Allah SWT menyukai kebersihan dan meminta seluruh umat-Nya untuk selalu menjaga kebersihan diri. 

Seperti wajib berwudhu sebelum sholat, membersihkan tempat tidur sebelum tidur, hingga bersuci setelah buang air. Selain itu, agama Islam juga menjunjung tinggi kebersihan. 

Menjaga kebersihan sama dengan menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kebersihan akan menjauhkan seorang muslim dari berbagai penyakit. 

 

Saksikan Video Pilihan ini:


5 Keutamaan Menjaga Kebersihan

1. Kebersihan adalah kebaikan

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ سُمَيٍّ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي بِطَرِيقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ عَلَى الطَّرِيقِ فَأَخَّرَهُ فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ 

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dia berkata; saya bacakan di hadapan malik; dari Sumaiy dari Abu Shalih dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu „alaihi wasallam bersabda; “ Ketika laki-laki sedang berjalan dan menemukan ranting berduri di tengah jalan, kemudian dia menyingkirkan ranting tersebut hingga Allah pun bersyukur kepadanya lalu mengampuni dosa-dosanya.”( HR. Muslim).

2. Islam dibangun atas kebersihan

Rasulullah SAW berkata untuk membersihkan segala sesuatu karena Islam dibangun atas kebersihan:

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

Artinya: “Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah ta’ala membangun Islam ini atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih.” (HR Ath-Thabrani).

3. Kunci diterimanya sholat

Bersuci merupakan kunci diterimanya sholat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

مِفْتاَحُ الصَّلاَةِ الطُّهُوْرُ.

Artinya: "Kunci (diterimanya atau sahnya) shalat adalah bersuci.” (HR Tirmidzi, Ahmad, al-Baihaqi, Hakim, Ibnu Majah, ad-Daruquthni, dan ad-Darimi).

 


Keutamaan Menjaga Kebersihan

4. Amalan yang mulia

Islam melihat upaya membersihkan lingkungan sebagai salah satu amal mulia. Hingga Allah akan berterima kasih dan memberikan ampunan kepada hamba yang menyingkirkan dahan pohon. Seperti yang diriwayatkan dalam salah satu hadis, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مرَّ رجُلٌ بِغُصْنِ شَجَرَةٍ عَلَى ظَهْرِ طَرِيْقٍ فَقَالَ : وَاللَّهِ لَأُنَحِّيَنَّ هذَا عَنِ الْمُسْلِمِيْنَ لَا يُؤْذِيْهُمْ، فَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ

Artinya: “Ada seorang lelaki yang membuang dahan pohon yang menghalangi jalan, lalu ia berkata, “Demi Allah, aku akan singkirkan dahan ini agar tidak mengganggu dan menyakiti kaum muslimin,” maka Allah pun memasukkannya ke surga,” (HR Muslim).

5. Allah SWT menyukai tempat yang bersih

Kebersihan juga merupakan salah satu hal yang disukai Allah, hal ini berdasarkan hadis:

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ, نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ, كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ, جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ, فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ

Artinya: “Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR Tirmidzi).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya