Serahkan Catatan Evaluasi Pelayanan Haji, Gus Men: Saudi Komitmen Tindak Lanjuti

Menteri Haji Arab Saudi dalam pertemuan itu menyampaikan terima kasih atas kerja sama seluruh negara hingga proses pelaksanaan puncak haji selesai.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 01 Jul 2023, 23:21 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023, 23:21 WIB
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Quomas saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah.
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah. Pertemuan berlangsung di sela menghadiri acara penutupan rangkaian puncak haji yang digelar di Kantor Kementerian Haji dan Umrah Saudi Arabia di Makkah, Jumat malam (30/6/2023).

Acara tersebut juga dihadiri sejumlah menteri dan delegasi negara-negara pengirim jemaah haji. Ikut mendampingi Menag, Direktur Penyelenggaran Haji dan Umrah Hilman Latief, Sekjen Kemenag Nizar Ali, Irjen Kemenag Faesal AH, Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, dan Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

“Kami semalam menghadiri undangan Menteri Haji Saudi pada Haflat al-Hajj al-Khitamy yang mengangkat tema “Khitaamuhu Misk” di Makkah. Ini semacam pertemuan penutup rangkaian puncak haji,” ujar Yaqut di Makkah, Sabtu (1/7/2023).

Menteri Haji Arab Saudi dalam pertemuan itu menyampaikan terima kasih atas kerja sama seluruh negara hingga proses pelaksanaan puncak haji selesai. Menteri Taufiq berharap kerja sama antarnegara pengirim jemaah haji ke depan bisa ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan jemaah haji.

“Kami bersama sejumlah menteri lainnya saling bertemu, berbincang tentang pengalaman dalam penyelenggaraan ibadah haji, khusus terkait dinamika yang terjadi tahun ini,” kata menteri yang akrab disapa Gus Men ini.

“Saya melihat Kementerian Haji dan Umrah punya semangat untuk terus berbenah dan melakukan peningkatan layanan. Saya kira ini menjadi perhatian kita bersama, agar penyelenggaraan ibadah haji di masa yang akan datang berjalan lebih baik lagi,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bertemu Menteri Haji Arab Saudi

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Quomas saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah.
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Quomas saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Gus Men mengaku, sebelum acara berlangsung dirinya telah bertemu secara khusus dengan Menteri Haji Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah. Menag dalam kesempatan itu menyampaikan sejumlah catatan evaluasi terkait penyelenggaraan ibadah haji.

“Menteri Haji merespons secara positif dan berkomitmen untuk menindaklanjutinya,” kata Gus Men menandaskan.

Sebagai informasi, fase puncak ibadah haji 1444 H/2023 M di Arafah – Muzdalifah – Mina (Armuzna) telah selesai. Seluruh jemaah haji, termasuk asal Indonesia, hari ini meninggalkan Mina dan kembali ke hotelnya masing-masing di Makkah.

Mereka selanjutnya akan melaksanakan Tawaf Ifadah dan Sai di Masjidil Haram. Ritual ini akan ditutup dengan tahalul akhir sekaligus menandakan tuntasnya rangkaian pelaksanaan rukun haji.

Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2023 dan Pergerakan Jemaah Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya