7 Doa Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Amalkan Sebelum Membayar

Doa niat zakat fitrah ini merupakan elemen penting dalam ibadah, karena doa niat zakat fitrah inilah yang akan membedakan pemberian kita dinilai sebagai zakat atau sedekah.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 13 Mar 2024, 02:40 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2024, 02:40 WIB
Ilustrasi zakat fitrah
Ilustrasi zakat fitrah. (Image by jcomp on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban dalam agama Islam yang harus dilaksanakan pada bulan Ramadan. Zakat fitrah ditujukan bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan untuk membayarnya.

Zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan harta benda dan jiwa seorang muslim serta sebagai simbol persatuan dan kesatuan umat Islam. Oleh karena itu, penting bagi setiap muslim untuk memahami dan melaksanakan zakat fitrah dengan benar.

Salah satu hal yang penting dalam melaksanakan zakat fitrah adalah membaca doa niat zakat fitrah sebelum menyerahkannya. Doa niat zakat fitrah ini merupakan elemen penting dalam ibadah, karena doa niat zakat fitrah inilah yang akan membedakan pemberian kita dinilai sebagai zakat atau sedekah.

Selain memahami doa niat zakat fitrah, tentu penting juga bagi kita untuk memahami ketentuan zakat fitrah. Untuk memahami ketentuan zakat fitrah dan bacaan doa zakat fitrah, simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah kewajiban membayar sejumlah harta kepada orang yang berhak menerimanya sebagai bagian dari ibadah di bulan Ramadan. Zakat Fitrah termasuk zakat wajib yang harus dikeluarkan oleh setiap individu muslim baik laki-laki maupun perempuan pada bulan Ramadan sebelum Salat Idul Fitri dilaksanakan.

Zakat Fitrah memiliki tujuan yang mulia, yaitu membersihkan jiwa, memperbaiki kondisi sosial, dan meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Dalam menjalankan Zakat Fitrah, niat yang sungguh-sungguh adalah hal yang sangat penting. Niat yang baik akan memperkuat ibadah dan meningkatkan manfaat yang diperoleh.

Dalam setiap ibadah, termasuk membayar Zakat Fitrah, niat merupakan kunci utama dalam meraih keberkahan dan ridha Allah. Dengan niat yang ikhlas dan benar, setiap individu muslim bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar serta mengalami pertumbuhan spiritual yang lebih baik.

Dengan membayar Zakat Fitrah, muslim juga diingatkan akan sikap sosial dan kepedulian terhadap sesama. Zakat Fitrah menjadi sarana untuk saling berbagi dan membantu mereka yang membutuhkan. Hal ini akan membangun solidaritas dan kebersamaan di antara umat Muslim, serta meningkatkan ukhuwah Islamiyah dalam masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga niat yang baik dan ikhlas dalam menjalankan kewajiban membayar Zakat Fitrah.


Hukum Zakat Fitrah

zakat
Ilustrasi Zakat Fitrah Credit: freepik.com

Zakat Fitrah merupakan salah satu kewajiban dalam agama Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap Muslim yang mampu pada bulan Ramadan. Hukum zakat fitrah berkaitan erat dengan kewajiban bagi umat Islam untuk membersihkan jiwa dan fisiknya dari segala dosa dan kesalahan yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Zakat Fitrah memiliki beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Pertama, zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang telah mencapai batas ketentuan mampu, yaitu memiliki cukup kelebihan harta yang tidak dipergunakan untuk kebutuhan pokok hidup. Kedua, zakat fitrah hanya berlaku pada bulan Ramadan, tepatnya sebelum menjalankan sholat Idul Fitri. Ketiga, zakat fitrah dapat dikeluarkan untuk setiap anggota keluarga yang termasuk tanggungan.

Selain ketentuan tersebut, ada ketentuan terkait dengan apa zakat fitrah dibayatkan. Zakat fitrah dibayarkan dengan beras sebanyak 2,5 kg. Beras merupakan salah satu makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, sehingga menggunakan beras sebagai alat pembayaran zakat fitrah memiliki keuntungan tersendiri dalam membantu mereka yang membutuhkan.

Dengan memahami ketentuan zakat fitrah ini, kita bisa menjalankan ibadah dengan lebih baik dan sempurna. Melalui pembayaran zakat fitrah, kita dapat membersihkan harta yang kita miliki dan memperbaiki sikap sosial kita. Semoga dengan membayar zakat fitrah dengan niat yang tulus dan dengan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, kita bisa mendapatkan keberkahan dan kemuliaan di sisi Allah SWT.


Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah

Ilustrasi zakat fitrah
Ilustrasi zakat fitrah. (Image by Freepik)

Dalam menjalankan ibadah, niat memegang peranan yang sangat penting. Bahkan, niat merupakan kunci utama dalam setiap amal ibadah yang kita lakukan. Hal ini juga berlaku untuk ibadah zakat fitrah, salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri.

Doa niat zakat fitrah menjadi salah satu elemen penting. Dengan membaca doa niat ini zakat fitrah, kita menyampaikan niat secara jelas dan tegas kepada Allah SWT bahwa kita bermaksud menjalankan ibadah zakat fitrah dengan ikhlas dan penuh kesadaran. Doa niat zakat fitrah ini berbeda-beda tergantung kondisi dan untuk siapa zakat fitrah dibayarkan. Berikut adalah beberapa bacaan doa niat zakat fitrah, tergantung untuk siapa zakat dibayarkan:

1. Doa Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Dalam menjalankan kewajiban membayar zakat fitrah, salah satu hal yang penting adalah niat. Niat adalah keinginan dalam hati yang mendorong seseorang untuk melaksanakan suatu perbuatan ibadah. Dalam hal ini, niat sangat penting karena dengan niat yang ikhlas, ibadah yang dilakukan akan lebih diterima oleh Allah SWT.

Ketika doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri, kita perlu mengingatkan diri bahwa zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu. Doa tersebut harus diucapkan dengan ikhlas, tulus, dan dengan menyadari pentingnya zakat fitrah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Berikut bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaatal fitri ‘an nafsi fardhal lillaahi ta'aala”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardu karena Allah Taala.”

2. Doa Niat Zakat Fitrah untuk Istri

Zakat Fitrah adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Salah satu fakta penting yang berkaitan dengan zakat fitrah adalah pentingnya niat yang ikhlas saat membayarnya. Niat ini sangatlah penting karena ibadah kita akan diterima oleh Allah Ta'ala berdasarkan niat yang kuat dan tulus.

Bagi suami yang ingin membayar zakat fitrah untuk istri, doa niat zakat fitrah sangatlah dianjurkan dibaca sebagaimana untuk siapa zakat dibayarkan. Berikut adalah bacaan doa niat zakat fitrah untuk istri:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaatal fitri ‘an zaujati fardhal lillahi ta'ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardu karena Allah Taala.”

3. Doa Niat Zakat Fitrah untuk Suami

Dalam menjalankan kewajiban membayar zakat fitrah, niat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Bagi istri yang diberi amanat untuk membayarkan zakat fitrah bagi suami, penting untuk membaca doa niat zakat fitrah sebagaimana tujuannya. Adapun bacaan doa niat zakat fitrah untuk suami adalah sebagai berikut:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaatal fitri ‘an zaujهi fardhal lillahi ta'ala"

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk suamiku fardu karena Allah Taala.”

Ilustrasi zakat
Ilustrasi zakat. (Photo by master1305 on Freepik)

4. Doa Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-Laki

Doa dan niat memainkan peran penting dalam setiap ibadah, termasuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang telah mencapai usia baligh dan memiliki kecukupan harta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, bagi anak laki-laki yang belum baligh, ada prosedur khusus yang harus diikuti saat membayar zakat fitrah.

Langkah pertama adalah untuk orang tua atau wali sah anak laki-laki tersebut membantu dalam menyampaikan niat untuk anak mereka. Adapun bacaan doa niat zakat fitrah untuk anak laki-laki adalah sebagai berikut:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta'ala”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……(sebutkan namanya), fardu karena Allah Taala.”

5. Doa Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

Dalam menjalankan kewajiban membayar zakat fitrah, penting bagi setiap muslim untuk memiliki niat yang tulus dan ikhlas. Hal ini mengingat zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap individu yang mampu.

Khusus pada bagian ini, kami akan memberikan doa niat zakat fitrah yang tepat untuk anak perempuan. Doa ini bisa digunakan untuk membantu anak perempuan menyampaikan niatnya ketika akan membayar zakat fitrah.

Doa Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta'ala”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……(sebutkan namanya), fardu karena Allah Taala.”

6. Doa Niat Zakat Fitrah untuk seluruh Anggota Keluarga

Pada saat menjalankan ibadah zakat fitrah, sangat penting untuk memiliki niat yang tulus dan jujur. Niat ini menjadi inti dari ibadah tersebut. Niat yang benar dan ikhlas akan membuat ibadah yang kita jalankan lebih bernilai di hadapan Allah SWT.

Salah satu cara untuk memastikan niat yang tulus adalah dengan mengucapkan doa niat zakat fitrah. Doa ini sangatlah penting karena membantu kita dalam menghadirkan niat yang baik dan ikhlas. Doa niat zakat fitrah juga memberikan kekuatan spiritual sehingga ibadah yang kita jalankan menjadi lebih bermakna.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah bahwa doa niat zakat fitrah harus dilakukan berdasarkan tujuan zakat, apakah itu untuk diri sendiri atau untuk seluruh keluarga. Bagi Anda yang akan membayarkan zakat untuk seluruh keluarga, berikut bacaan doa niat zakat fitrah untuk seluruh keluarga:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami'i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar'an fardhan lillahi ta'ala.”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardu karena Allah Taala.”

7. Doa Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

Bagi orang yang diberi amanah untuk membayar zakat fitrah oleh orang lain, doa niat zakat fitrah ini juga harus dilakukan dengan penuh kesungguhan. Dengan doa niat yang benar, ibadah zakat fitrah dapat dilaksanakan dengan lebih khusyuk dan diterima oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah doa niat zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta'ala.”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk……..(sebutkan namanya), fardu karena Allah Taala.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya