4 Manfaat Menakjubkan Surah As-Sajdah dan Waktu Terbaik Membacanya, Meneladani Rasulullah

Salah satu amalan sunnah yang rutin dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah membaca surah-as-sajdah. Oleh karena itu, umat muslim juga dianjurkan untuk mengamalkannya agar dapat meraih keutamaannya.

oleh Putry Damayanty diperbarui 20 Jun 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi Islami, muslim membaca Al-Qur'an
Ilustrasi Islami, muslim membaca Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Surah As-Sajdah merupakan golongan surah Makkiyah. Surah ini menempati urutan ke-32 dalam Al-Qur'an.

Surah yang terdiri dari 30 ayat ini diturunkan setelah surah Al-Mu’minun. Surah As-Sajdah diambil dari kata yang tertera pada ayat ke 15 yang berarti sujud

Surah As-Sajdah merupakan salah satu surah populer. Selain itu, surah ini juga memiliki banyak keutamaan.

Seorang muslim dapat meraih keutamaan surah As-Sajdah ini dengan rajin membaca dan mengamalkannya secara Istiqomah.

Mengutip dari laman annajah.co.id, berikut adalah manfaat membaca surah As-Sajdah dan waktu terbaik untuk mengamalkannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Manfaat Membaca Surat As-Sajdah

Ilustrasi muslim belajar dalil, hadis, ayat Al-Qur'an
Ilustrasi muslim belajar dalil, hadis, ayat Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)

Berikut merupakan beberapa manfaat yang umat Islam mendapatkan jika membaca surat As-Sajdah.

1. Allah Mengampuni Segala Dosa

Bagi seorang muslim yang membiasakan diri membaca surat as-sajdah maka malaikat mendoakan agar Allah mengampuni dosa-dosanya. Selain itu, Allah akan menerima pembelaan dari syafaat yang diterima oleh orang-orang yang senantiasa membaca surah As-Sajdah.

2. Meneladani Amalan Rasulullah

Rasulullah SAW rutin membaca surah As-Sajdah dan Al-Mulk sebelum tidur sehingga kita sebagai umat Islam bisa meneladani amalan tersebut. 

Amalan Rasulullah SAW ini dijelaskan dalam sebuah riwayat hadis. Dari Jabir radhiallahu Anhu berkata, “Nabi Muhammad SAW tidak tidur hingga membaca Alif lam mim Tanzil (surah As-Sajdah dan tabarokalladzi biyatihil mulku (surah Al-Mulk),” (HR. Darimi).

3. Balasan Surga

Jika seorang muslim senantiasa membaca surat as-sajdah maka bisa mendapatkan keutamaan surat As Sajdah yaitu mendapatkan balasan surga Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

4. Mendapatkan 70 Kebaikan

Allah akan menganugerahkan 70 kebaikan kepada siapa pun yang membaca surat As sajadah di waktu senggangnya. Selain itu, Allah juga akan menghapus 70 keburukan yang ada padanya dan kemudian diangkat 70 derajat kedudukannya di sisi Allah SWT.


Waktu Terbaik Membaca Surat As-Sajdah

Jemaah haji Indonesia  di Masjid Nabawi, usai melaksanakan sholat subuh. Foto: Darmawan/MCH
Jemaah haji Indonesia di Masjid Nabawi, usai melaksanakan sholat subuh. Foto: Darmawan/MCH

Surah As-Sajdah merupakan salah satu surah spesial bagi Rasulullah SAW karena beliau selalu membaca surah ini pada setiap sholat subuh rakaat pertama di hari Jumat. Kemudian beliau melanjutkan rakaat kedua dengan membaca surah Al Insan.

Umat Islam dapat membaca surah As-Sajdah kapan pun ketika sedang ada waktu longgar sehingga bisa mendapatkan berbagai manfaat dan keutamaan dari surat tersebut.

Rasulullah SAW juga senantiasa membaca surat As-Sajdah sebelum tidur bersama surah Al-Mulk. Untuk itu kita sebagai umat Islam dianjurkan untuk meniru amalan sunnah Rasulullah SAW untuk senantiasa membaca surat As Sajdah sehingga mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya