Bacaan Doa setelah Sholat Istikharah, Amalkan Agar Mendapat Jawaban Terbaik

Tujuan sholat istikharah adalah untuk meminta petunjuk dari Allah SWT atas keraguan dalam menentukan pilihan. Setelah mengerjakan sholat istikharah, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa. Berikut bacaannya.

oleh Putry Damayanty diperbarui 27 Okt 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi membaca doa
Ilustrasi membaca doa. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sholat istikharah merupakan jawaban ketika kita dilanda kegelisahan dan keraguan dalam menentukan suatu pilihan. Sholat istikharah juga menjadi bukti butuhnya kita sebagai seorang hamba dengan Allah SWT.

Tujuan sholat istikharah adalah untuk meminta petunjuk kepada-Nya sebelum membuat suatu keputusan. Baik itu perihal jodoh, pekerjaan, dan apapun jenis persoalan hidup.

Insya Allah bagi siapapun yang mendahulukan istikharah maka akan mendapatkan keberuntungan dari Allah SWT. Anjuran untuk menunaikan sholat istikharah tedapat dalam hadis berikut:

Dia berkata: “Jika salah satu dari kalian bimbang akan suatu keputusan yang akan diambil, (atau dalam versi yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud sebagai: ‘Jika di antara kalian ingin melakukan sesuatu…’) maka sholat sunnahlah dua rakaat dan berdoa setelah selesai sholat,” (Hadis dari Jabir bin Abdullah, Sahih Bukhari, Buku 19, Bab 25, Hadis nomor 1162)

Setelah melaksanakan sholat istikharah kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Adapun bacaan doa sholat istikharah adalah sebagai berikut.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

Bacaan Doa setelah Sholat Istikharah

Sholat - Vania
Ilustrasi Ramadhan/Fimela.com by Adrian Putra

Mengutip dari bincangmuslimah.com, amalan doa yang dibaca setelah sholat Istikharah telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabat Jabir bin Abdillah r.a. sebagaimana riwayat imam Al-Bukhari,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ (….) خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي )عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ( فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي )فِي عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ( فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِي الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِي

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan dari ilmu-Mu, memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebut keperluannya) baik bagiku, agama, dan kehidupanku (baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang), maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku (baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang), maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian

Sebelum dan sesudah membaca doa di atas, disunnahkan untuk membaca Alhamdulillah atau memuji Allah SWT dan membaca sholawat kepada Nabi SAW. Insya Allah setelah melaksanakan sholat dan doa istikharah tersebut, Allah SWT akan melapangkan dada kita untuk dapat melakukan yang semestinya dipilih.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya