Saat Para Pelaku Pariwisata Berbagi Sambil Mengedukasi

Momentum berbagi juga sebagai bagian dari ucapan rasa syukur lantaran semakin berkurangnya kasus covid-19

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Apr 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2022, 17:00 WIB
Saat Para Pelaku Pariwisata Berbagi Sambil Mengedukasi
Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cirebon menggelar aksi sosial bersama pengelola restauran Himas Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan menjadi momen untuk menebar kebaikan kepada sesama. Momen tersebut menjadi penyemangat kebangkitan ekonomi imbas covid-19 melanda.

Seperti yang dilakukan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cirebon, mereka mengajak ratusan anak mendapat santunan. 

Tak hanya itu, momentum tersebut sebagai bagian dari ucapan rasa syukur lantaran semakin berkurangnya kasus covid-19.

"Agenda kami memang spirit ramadhan ya jadi tidak hanya sekedar berbagi kepada anak yatim saja. Ada proses edukasi yang kami berikan kepada mereka," kata Ketua HPI Cirebon Regina Siska Friyanti, Minggu (17/4/2022).

Dalam kegiatan tersebut, para pelaku pariwisata mengajak anak-anak berkeliling Cirebon. Mereka mendapat pelayanan layaknya seorang wisatawan di Cirebon.

Menggunakan bis pariwisata yang tersedia, HPI Cirebon mengajak anak yatim keliling ke sejumlah lokasi wisata di Cirebon. Selain itu, anak-anak juga diberii pengenalan sejarah dan budaya Cirebon secara menyeluruh.

"Mulai dari pasar batik di Desa Trusmi kemudian ke kota lama BAT terakhir memberikan santunan ke salah satu tempat makan Himas Cafe," kata Regina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menu Tambahan

Pemilik Restauran Himas Cirebon Teddy Dharmadi Chandra mengapresiasi kegiatan sosial yang digelar selama ramadhan. Menurutnya, kegiatan tersebut selain sebagai ladang amal juga ajang promosi.

Dia mengatakan, restauran yang dikelola nya selalu mendukung beragam kegiatan sosial. Secara tidak langsung, keaktifannya di kegiatan sosial berdampak ke usaja yang dikelolanya.

"Orang makin kenal kami bukan hanya sebagai pengelola tempat makan tapi salah satu tempat berbagi. Bahkan kami menerima santunan yang dititipkan pelanggan kepada kami," kata Teddy.

Seiring dengan menurunnya kasus covid-19, dia mengaku restauran yang dikelolanya akan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Teddy mengaku sudah bekerjasama dengan HPI untuk saling membantu merekomendasikan salah satu tempat kuliner pilihan para wisatawan maupun masyarakat umumnya.

"Untuk menyambut lebaran kami akan menambah menu baru dari hasil kerjasama dengan HPI terkait promosi," ujar dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya