Siapa Sangka, Sendok dan Garpu Bisa Jadi Karya Seni Luar Biasa

Gary Hovey menghabiskan 200 sendok dan garpu untuk membuat satu patung (karya instalasi).

oleh Aria Sankhyaadi diperbarui 10 Apr 2014, 15:30 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2014, 15:30 WIB
Sendok dan Garpu Ini Jadi Instalasi Unik di Tangan Gary Hovey
Gary Hovey menghabiskan 200 sendok dan garpu untuk membuat satu patung (karya instalasi). (Foto: Buzzfeed.com)

Liputan6.com, Jakarta Sendok, garpu dan pisau bagi banyak orang tak lebih hanya sebatas peralatan makan dan dapur biasa. Namun bagi Gary Hovey, seniman asal Amerika Serikat ini, alat-alat dapur tersebut dapat disulap menjadi karya artistik dan seni instalasi bernilai tinggi.

Seperti yang dilansir dari Buzzfeed, Kamis (10/4/2014), dengan memanfaatkan bahan dasar alat dapur seperti sendok, garpu serta pisau, Gary dapat membuat beberapa patung hewan.

Gary mengaku bahwa ia mulai mendapat ide untuk memanfaatkan barang-barang rumah tangga menjadi patung sejak 25 tahun yang lalu. Kala itu, ia melihat sebuah patung kuda yang dibuat dari bemper mobil karya seniman John Kearney. Sejak saat itu ia bertekad untuk belajar menguasai keterampilan logam dengan bekerja sebagai tukang las di industri baja dan besi.

Gary memulai seni membuat patung dari sendok dan garpu pada tahun 2004 silam. Ia mengaku menghabiskan 200 sendok dan garpu untuk membuat satu patung. Adapun jenis-jenis patungnya kebanyakan memiliki tema hewan semua seperti burung, gorila hingga naga.

"Tujuan terbesarku adalah masyarakat menilai patung hewanku dari penampilan bentuknya," ujar Gary. "Kemudian saat dilihat lebih dekat, mereka akan kaget mengetahui patung tersebut terbuat dari sendok, garpu dan pisau. Hal ini membawa kesenangan bagiku."

Lebih lanjut, hasil karyanya yang terbilang cukup unik tersebut ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Ia mengaku kini telah berhasil menjual lebih dari 100 patung dengan kisaran harga USD 50 (sekitar Rp 570 ribu) hingga USD 5000 (sekitar Rp 57 juta). Tak hanya itu saja, Gary juga berhasil mendapatkan berbagai penghargaan seni berkat patung buatannya tersebut.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya