Warganya Miskin Tapi Rumah di Tiebele Cantik Menakjubkan

Dekorasi cantik rumah warga Tiebele dibuat menggunakan lumpur berwarna dan kapur.

oleh Aria Sankhyaadi diperbarui 17 Jul 2014, 16:32 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2014, 16:32 WIB
Dekorasi Cantik di Dinding Rumah Warga Tiebele
Dekorasi cantik rumah warga Tiebele dibuat menggunakan lumpur berwarna dan kapur.

Liputan6.com, Afrika Kemiskinan atau keterbatasan ternyata tidak menghalangi seseorang untuk bertindak kreatif. Hal ini lah yang terjadi dengan penduduk yang berada di Afrika.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Kamis (17/7/2014), Burkina Faso adalah salah satu negara yang berada di sebelah barat Afrika dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah. Daerah ini tidak seperti beberapa negara yang ada di Afrika lainnya yang memiliki sumber daya alam atau kekayaan ekonomi yang melimpah.

Namun, kondisi tersebut malah membuat masyarakatnya menghasilkan ide yang kreatif. Seperti warga Tiebele (salah satu desa di Burkina Faso) yang memanfaatkan kekayaan alam seadanya untuk membangun rumah dengan ciri berbeda dan aksitektur yang indah.

Setiap rumah yang ada di daerah Burkina Faso dibangun dengan campuran bahan baku seperti tanah liat, tanah jerami dan kotoran sapi. Rumah-rumah tersebut dibangun dalam satu wilayah dan membentuk sebuah desa kecil.

Lapisan demi lapisan ditambahkan untuk mempertahankan kekuatan dinding serta demi mendapatkan ketebalan yang sesuai untuk menahan hujan badai dan suhu ekstrem di luar.

Namun, yang paling menarik dari adalah dekorasi berbentuk gambar dengan motif rumit yang hampir keseluruhan menutupi dinding rumah.

Dekorasi tersebut dibuat menggunakan lumpur berwarna dan kapur. Lewat dekorasi tersebut, warga Tribele ingin menuangkan cerita tentang budaya kuno pada masanya.

Gambarnya pun bermacam-macam, mulai dari benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, agama dan keyakinan. Pola gambar pun berbeda-beda, ini bertujuan untuk membedakan antara rumah satu dengan yang lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya