Festival Wine khas Prancis Hadir di La Piazza Kelapa Gading

Pada Kamis ke-3 di bulan November 2014, La Piazza Kelapa Gading selenggarakan festival wine khas Prancis.

oleh Bio In God Bless diperbarui 19 Nov 2014, 19:35 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2014, 19:35 WIB
Beaujolais Nouveau - La Piazza 1114 2
Foto: Dok. La Piazza

Liputan6.com, Jakarta Prancis memang kaya akan fine culture, mulai dari fesyen hingga kuliner. Wine (minuman fermentasi anggur) adalah salah satu bagian dari French fine culture itu. Terkait wine ini, ada satu hal menarik yang perlu Anda ketahui.

Lazim diketahui bahwa wine adalah minuman yang semakin `bernilai` kala umurnya semakin tua. Namun kenikmatan mereguk anggur ternyata juga hadir melalui wine berusia muda yang digolongkan sebagai vin de primeur. Golongan wine ini, menurut aturan Appellation d’Origine Controlee (AOC), boleh dijual pada tahun yang sama saat anggur bahan pembuatnya dipanen.

Bahkan disebut bahwa kurun waktu tahun pertamanya merupakan periode rasa terbaik dari vin de primeur. Vin de primeur yang paling terkenal adalah Beaujolais Nouveau yang dirilis tiap Kamis ke-3 di bulan November. Wine jenis Beaujolais Nouveau ini biasanya hanya berumur beberapa minggu setelah buah anggurnya dipanen.

Wine jenis Beaujolais Nouveau dibuat dari anggur Gamay yang diproduksi di wilayah Beaujolais, Prancis. Sesuai dengan aturan setempat, anggur-anggur di sana dipanen dengan menggunakan tangan. Seturut dengan sejarahnya, Beaujolais Nouveau Day dirayakan tiap Kamis ke-3 di bulan November. Banyak festival digelar di Prancis untuk merayakan hari itu.

Jika Anda pecinta budaya wine namun belum sempat terbang ke Prancis, jangan bersedih hati. Anda bisa mengikuti Beaujolais Nouveau Festival di daerah Kelapa Gading, Jakarta, tepatnya di Dock 88 La Piazza pada Kamis, 20 November 2014, pukul 19.00 WIB.

Dengan membayar invitation seharga Rp 450.000++, tamu undangan dapat menikmati free flow Beaujolais Wine, French Dinner, free Beaujolais Straw Hat, dan Assorted Cheese. Akan ada berbagai hiburan untuk menemani Anda menikmati anggur merah khas Prancis dan sajian French Dinner dari chef Stefu Santoso. Salah satunya adalah pertunjukan French Music.

Seperti dikutip dari rilis media yang diterima Liputan6.com, Rabu (19/11/2014), Beaujolais Nouveau Festival di La Piazza ini merupakan bagian dari Wine & Cheese Expo yang diselenggarakan pada 14-30 November 2014. Pada rentang waktu yang sama, La Piazza juga menyelenggarakan Jakarta Street Food Festival. Ada 31 booth, 11 gerobak, dan 3 food truck yang menyajikan beragam pilihan menu untuk Anda.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya