Cita Citata Jalani Prosesi Melukat, Apa Itu?

Melukat merupakan suatu tradisi yang dikenal di Bali. Dalam sebuah kesempatan, Cita Citata mengunggah foto sedang menjalani prosesi tersebut. Apa itu melukat?

oleh Komarudin diperbarui 08 Apr 2019, 16:15 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2019, 16:15 WIB
Cita Citata
Cita Citata menjalani prosesi melukat di Bali (Instagram/@cita_citata/https://www.instagram.com/p/Bv6ZLqJA0dS/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kesibukannya yang padat, Cita Cita menyempatkan diri berkunjung ke Pulau Dewata, Bali. Ia mengunggah sebuah foto yang saat sedang menjalani prosesi melukat.

"pertama kali dapat local experience.. please jangan rasis dan bawa2 agama ya ..," kata Cita Citata yang mengunggah dalam akun Instagram pribadinya, Sabtu, 6 April 2019.

Mengenakan kemeja putih dipadu kain warna gelap, Cita terlihat khusyuk menjalani proses melukat tersebut. Dalam foto itu, ia ditemani Mario Lawalata yang mengenakan batik lengan pendek.

"tradisi upacara “melukat” ini aku lakukan semata mata untuk saling menghargai kebudayaan yang ada di Bali .. karna aku seneng banget sama Bali ..," sambung Cita Citata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membersihkan Pengaruh Negatif

Cita Citata
Cita Citata liburan di Bali (Dok.Instagram/@cita_citata/https://www.instagram.com/p/Bv3pflmAkW0/Komarudin)

Menurut Cita Citata, melukat bisa membuka cakra, menetralisir pencemaran tubuh manusia, mengurangi bekas-bekas pengaruh hewani, dan membersihkan pengaruh negatif, sihir, ataupun mengobati penyakit.

Di hotel, Cita tak sengaja bertemu dengan Mario Lawalata. Mereka kemudian ke pura bersama dan bisa mempunyai pengalaman baru yang diberikan pihak hotel.

"so happy karna kali ini ke bali ngga cuma makan dan liat sunset doang 😂thanks to @jktshootandgram yang udah fotoin kita 🤗," jelasnya.

Melihat Cita Citata menjalani prosesi melukat, beberapa warganet tertarik ingin ikut. Seperti ditulis akun @tanoaura. "Keren! Aku mauuuuu ahhhh next time ... tradisi bali ( indonesia ) sangat eksotisssssss ❤️❤️," tulisnya.


Jenis-Jenis Melukat

Mario Lawalata
Mario Lawalata menjalani prosesi melukat (Dok.Instagram/@lawalata13/https://www.instagram.com/p/Bv8tSV1ADvy/Komarudin)

Ternyata, upacara melukat seperti banyak jenisnya. Apa saja jenis-jenis tersebut? Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir dari  inputbali.com, Senin (8/4/2019).

Seperti melukat Astupungku, yaitu untuk membersihkan dan menyucikan malapetaka seseorang yang diakibatkan oleh pengaruh hari kelahiran dan Tri Guna (Satwam, Rajas, Tamas) yang tidak seimbang dalam dirinya.

Selain itu, melukat Gni Ngelayang, yaitu untuk pengobatan terhadap seseorang yang sedang ditimpa penyakit.

Ada pula, melukat Gomana, untuk penebusan Oton atau hari kelahiran yang diakibatkan oleh pengaruh yang bernilai buruk dari Wewaran dan Wuku. Misalnya, pada mereka yang lahir pada wuku Wayang.

Di samping itu, ada juga melukat Surya Gomana, untuk melepaskan noda dan kotoran yang ada pada diri bayi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya