Guru TK Gunakan Lada Hitam untuk Ajarkan Anak-Anak Pentingnya Cuci Tangan

Kebanyakan orang baru belajar tentang pentingnya kebiasaan mencuci tangan dengan benar setelah COVID-19 menyebar ke mana-mana.

oleh Komarudin diperbarui 18 Mar 2020, 02:05 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2020, 02:05 WIB
Guru
Seorang guru menggunakan lada hitam untuk menerangkan pentingnya cuci tangan (Dok.Instagram@ mandysmunchkins_/https://www.instagram.com/p/B9kOH4HhZBA/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa minggu belakangan, banyak di antara kita yang baru menyadari pentingnya mencuci tangan terkait dengan penyebaran virus corona baru atau Covid-19. Namun, membuat anak-anak mengerti mengapa kita harus mencuci tangan bukan hal mudah.

Seorang guru telah menemukan cara yang sangat visual untuk menjelaskan kepada anak-anak mengapa cuci tangan penting dilakukan. Ia hanya menggunakan sesuatu yang ada di lemari dapur para siswa, yaitu lada hitam.

Amanda Lorenzo adalah seorang guru TK di Miami dan videonya tentang trik lada hitamnya telah beredar di Instagram, seperti dilansir Metro, Senin, 16 Maret 2020.

Dia menumbuk lada hitam, kemudian memasukkannya ke dalam cawan berisi air. Lada hitam diibaratkan sebagai virus.

Dia kemudian meminta salah satu muridnya untuk mencelupkan jarinya ke dalam air lada dan meminta anak-anak yang lain apakah mereka melihat sesuatu bergerak. Mereka semua setuju bahwa  tidak ada yang bergerak, tetapi dia menunjukkan kepada anak-anak bahwa beberapa lada menempel di jari gadis itu.

Dia kemudian meminta gadis itu untuk mencelupkan jarinya ke dalam air sabun dalam wadah kecil dan ketika dia memasukkannya kembali ke dalam air, lada bergerak ke sisi lain piring dan menjauh dari jarinya.

"Belajar tentang pentingnya cuci tangan. Saya berharap kalian semua dapat melihat betapa terkejutnya mereka bahwa 'virus' (lada hitam) menjauh dari sabun," kata Amanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Membantu Anak-Anak

Guru
Seorang guru mempraktikan tentang pentingnya mencuci tangan (Dok.Instagram/@mandysmunchkins_/https://www.instagram.com/p/B9kOH4HhZBA/Komarudin)

Amanda bukan yang pertama menggunakan trik ini. Profesor Lucy Rogers dari Bruel University di London juga menjadi viral dengan gagasan TikTok beberapa hari lalu. Tetapi, video Amanda menunjukkan betapa bermanfaatnya untuk membantu anak-anak menyadari mengapa kita perlu mencuci tangan.

"Saya benar-benar hanya melakukan ini untuk menunjukkan pentingnya mencuci tangan, seiring adanya virus corona baru," ujar Amanda kepada Today.

Semua muridnya memahami dengan penjelasan Amanda.  Setelah semuanya jelas, setelah  ke kamar mandi, usai makan siang, sebelum makan siang, setelah ke taman bermain, mereka kemudian mencuci tangannya.

"Anda dapat mencoba eksperimen dengan anak-anak Anda di rumah, hanya dengan air, merica, dua piring, dan sedikit sabun," tandas Amanda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya