4 Makanan Khas Indonesia di Momen Paskah

Telur paskah wajib ada di setiap perayaan paskah, tak hanya di Indonesia tetapi juga di hampir seluruh negara di dunia.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Apr 2020, 06:02 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2020, 06:02 WIB
Telur Paskah
Telur Paskah. (dok.Instagram @bikinbikincrafts/https://www.instagram.com/p/B9gCD4JBVRZ/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Jumat (10/4/2020), merupakan perayaan Paskah atau hari raya keagamaan paling agung bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Hari ini merupakan perayaan kebangkitan Yesus Kristus.

Sebagai hari yang sangat penting, Paskah umumnya dirayakan dengan penuh suka cita mulai dengan beribadah lebih giat di gereja, berkumpul bersama keluarga tercinta atau sekedar makan-makan dan menikmati hidangan spesial paskah.

Beda dengan perayaan paskah di tahun-tahun sebelumnya, tentu ada yang berbeda di tahun ini, terutama karena pandemi corona Covid-19 di seluruh dunia.

Untuk itu, di hampir semua negara, termasuk di Indonesia, melakukan perayaan Paskah dari rumah masing-masing. Imbauan ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.  Berada di rumah tentu bisa berkumpul bersama keluarga dan menikmati makanan yang lezat bersama.

Bicara mengenai hidangan di hari Paskah, ada beberapa hidangan yang penting ada di momen hari raya ini. Dilansir dari laman Fimela, berikut empat hidangan paskah khas Indonesia.

Telur Paskah

Telur Paskah merupakan makanan khas yang wajib ada di setiap perayaan paskah tak hanya di Indonesia tetapi juga di hampir seluruh negara di dunia.

Biasanya, dalam penyajiannya telur Paskah dihias dengan berbagai warna dan pernak-pernik cantik. Telur paskah diberikan kepada anak-anak bersama hadiah Paskah lainnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Roti

ilustrasi roti/pexels
ilustrasi roti/pexels

Menu makanan paskah lainnya yang penting adalah roti. Roti yang biasa digunakan sebagai hidangan Paskah adalah roti sobek. Umumnya, roti dikonsumsi di malam paskah. Banyak orang percaya jika tradisi mengonsumsi Paskah dimulai oleh orang Anglo-Saxon.

Soto Ayam

Soto ayam dan rawon nampaknya menjadi salah satu makanan atau hidangan penting di hari Paskah. Soto dan rawon sendiri menjadi menu utama yang selalu disajikan di momen paskah.

Melansir dari laman aremafood.com, soto ayam dipilih karena cara memasaknya cukup mudah dan rasanya enak.

Permen, Snack dan Manisan

Permen, snack dan manisan menjadi makanan yang juga penting ada di momen Paskah. Biasanya makanan ini akan dihidangkan di meja ruang tamu dan dimasukkan ke wadah stoples. Anak-anak sampai orang dewasa begitu menikmati makanan khas Paskah ini. 


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya