HUT ke-76 RI, Jokowi Berpakaian Adat Lampung Hadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Setiap tahunnya dalam peringatan HUT RI, Jokowi mengenakan busana adat dari daerah berbeda di Indonesia.

oleh Komarudin diperbarui 17 Agu 2021, 12:44 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2021, 11:02 WIB
HUT ke-76 RI, Presiden Jokowi dan Iriana Kenakan Pakaian Adat Lampung
Presiden Joko Widodo tiba menghadiri peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, sementara Ibu Negara mengenakan busana nasional dengan kain songket. (Foto: Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021). Dalam upacara tersebut, Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung. Berbeda dengan suaminya, Iriana tampak mengenakan busana tradisional berpadan kain songket.

Baju adat yang dikenakan Jokowi didominasi warna merah dan putih. Jokowi tampak hadir sekitar pukul 09.30 WIB. Di sana, Jokowi sudah ditunggu Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mengenakan pakaian adat Sunda, tepatnya dari wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini hanya dihadiri undangan terbatas. Aturan ini ditetapkan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Tampilan ini diperlihatkan Jokowi setelah kemarin, Senin, 16 Agustus 2021, dirinya melanjutkan tradisi berbusana adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021. Ia mengenakan pakaian adat Suku Baduy, tepatnya warga Baduy Luar.

Di penghujung pidato kenegaraannya, Jokowi mengaku baju adat Baduy itu disiapkan khusus oleh Jaro Saija, tetua adat masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes. Ia pun berterima kasih untuk itu.

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Busana dari NTT

Jokowi Kenakan Baju Timor Tengah Selatan di HUT ke-75 RI
Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersiap mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/8/2020). Kali ini, Presiden Jokowi memilih menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur ( NTT). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Setiap Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Jokowi selalu mengenakan busana yang berbeda. Tahun lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan pakaian khas dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi menjelaskan, busana berupa kain tenun itu bermotif Berantai Kaif Nunkolo. Motifnya dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Sementara itu, pada bagian pinggirnya yang seperti bergerigi, melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok. Sementara warna merah pada baju itu melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo.


Naskah Proklamasi

Ratusan Peserta Napak Tilas Penuhi Tugu Proklamasi
Bendera Merah Putih berkibar di depan tugu Proklamator, Jakarta, Rabu (16/8). Jelang perayaan HUT RI ke-72, ratusan pelajar melakukan napak tilas perjuangan kemerdekaan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sekretariat Presiden akan kembali menghadirkan naskah asli Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Naskah asli Teks Proklamasi tulisan tangan Presiden Pertama RI Sukarno itu telah diserahterimakan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ke Sekretariat Presiden. Dokumen bersejarah tersebut ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

"Pada pagi hari ini, secara bersama-sama kita saksikan arsip negara, yaitu naskah Teks Proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang merupakan bukti sejarah yang sangat bernilai tinggi, bernilai sangat berharga untuk kita semua bangsa Indonesia," kata Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko, lapor kanal News Liputan6.com.


Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya