Cerita Akhir Pekan: Inovasi Produk untuk Mewarnai Rambut di Rumah

Dengan konsumen lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi, sejauh mana produsen cat rambut berinovasi untuk tetap relevan dengan pasar?

oleh Asnida Riani diperbarui 05 Sep 2021, 10:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi mewarnai rambut. (dok. unsplash @lerakogan_art)

Liputan6.com, Jakarta - Sudah tidak lagi terbantah bahwa pandemi memang mengubah banyak kebiasaan, tidak terkecuali dalam menata tampilan rambut. Dalam kasus ini, pewarnaan rambut yang semula lazim dilakukan di salon pun berpindah ke ruang lebih dekat, seperti rumah.

Narasi ini tentu terpengaruh izin operasional salon yang mengikuti regulasi penanganan COVID-19 dari waktu ke waktu. Inovasi produk dan adaptasi untuk tetap relevan dengan pasar pun tidak lagi bisa dibantah.

General Manager Professional Products Divison L’Oréal Indonesia Michael Justisoesetya mengatakan, pihaknya percaya bahwa desire for beauty is eternal. Karena itu mereka berprinsip pada "consumer centricity," yang salah satu perwujudannya adalah inovasi produk.

"Bersama L’Oréal Professional, kami baru saja memperkenalkan signature service French Balayage yang menjawab keinginan konsumen Indonesia untuk tampilan rambut natural, berdimensi, dan sesuai warna kulit," katanya melalui pesan elektronik pada Liputan6.com, Jumat, 3 September 2021.

Di samping, mereka juga memastikan seluruh produk hair care dari sederet merek pihaknya dapat dijangkau dengan mudah melalui online. "Konsumen Indonesia tetap dapat berkonsultasi e-agent atau admin di social commerce dan e-commerce untuk mengetahui jenis, isu, dan tantangan kulit kepala, serta rambut guna mendapatkan rekomendasi produk paling sesuai," imbuhnya.

Sementara di media sosial, jargon "mewarnai rambut semudah keramas" digaungkan dengan produk pewarnaan rambut dari Miratone jadi salah satu yang berada di tengah sensasi online tersebut. Brand Representative Miratone Benazir Sekar Asih menyebut bahwa "Miratone merupakan brand produk pewarna rambut berkualitas tinggi dengan teknologi dari Jepang dan telah tersertifikasi halal di bawah PT. Mandom Indonesia Tbk."

"Miratone hadir untuk mereka yang stylish, percaya diri, dan up to trend. Juga, siap mendukung untuk express yourself to the fullest!" sebutnya melalui email. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Inovasi Produk Cat Rambut

Ilustrasi Potong Rambut
Ilustrasi mewarnai rambut. (dok. Unsplash.com/nordwood)

Produk terbaru yang mendukung komitmen merek adalah Miratone Bubble Play Pop Series. Bena menjelaskan bahwa ini merupakan pewarna rambut permanen dengan shaker technology dan formula bubble whip colorant yang mudah digunakan.

"Kami melihat produk pewarnaan rambut selama ini hanya berupa powder atau cream saja. Kami pikir perlu adanya sebuah produk yang bisa menjawab kebutuhan konsumen, yaitu format baru, keinginan mewarnai rambut dengan warna-warna pop yang betul-betul bisa 'keluar,' dan produk ini harus mudah digunakan tanpa bantuan orang lain," urainya.

"Kami memberikan pengalaman mewarnai rambut yang menyenangkan dengan adanya shaker technology, didukung harga terjangkau dan ketersediaan produk lebih luas secara online maupun offline," imbuh Bena.

Saat ini ada empat varian produk yang ditawarkan, yakni Rosy Macaroon (warna maroon), Matcha Quiche (warna ashy green), Apple Caramel (warna merah), dan Ice Espresso (warna hitam).

Itu disebutnya sebagai warna populer, up to trend, dan banyak diminati konsumen. Di samping, warna-warna tersebut banyak digunakan idol K-Pop yang cengkraman popularitasnya kian solid dalam beberapa tahun terakhir.

"Publik sangat antusias sekali dengan produk ini, dan banyak konsumen yang mengungkap pengalaman memakai produk Miratone Bubble Play Pop di media sosial, ulasan-ulasan dari berbagai e-commerce dan beauty journal, serta naik tajamnya penjualan di e-commerce," ucapnya. 

Karena itu, mereka ingin mengucapkan terima kasih dan mengaku senang sekali atas antusiasme konsumen. Sejauh ini, ada dua varian dalam kategori penjualan terbaik, yaitu Rosy Macaroon dan Matcha Quiche.


Hasil Pewarnaan Rambut di Rumah Lebih Maksimal

Warna Rambut yang Dicat Tidak Sesuai Ekspektasi, Ini Penyebabnya
Ilustrasi pewarnaan rambut. (dok. L'Oreal Professionnel)

Soal fenomena pewarnaan rambut di rumah, Michael mengatakan, ini menunjukkan keinginan konsumen akan pewarnaan rambut ada dan terus berkembang. Pihaknya mencatat bahwa keinginan konsumen berbeda-beda dan unik. "Ada yang memilih untuk mewarnai rambut di rumah, ada yang menginginkan hasil perwarnaan yang baik," katanya.

Ia menyebut bahwa sentuhan professional hairdressers dengan kemampuan dan hasil pelatihan khusus dalam proses pewarnaan rambut akan memberi hasil sesuai ekspektasi. "Dalam hal safety, kami merekomendasikan untuk proses perawatan rambut yang melibatkan chemicals seperti bleaching, itu membutuhkan kemampuan spesifik dari seorang profesional untuk mengantisipasi dampak terhadap kulit," tutur Michael.

Di sisi lain, Bene menjabarkan tips supaya hasil pewarnaan rambut di rumah lebih maksimal. Pertama, jangan lupa lakukan tes alergi sebelum pewarnaan. Baca dan ikuti dengan seksama cara pemakaiannya.

"Kemudian, lebih baik tidak menggunakan sampo tiga hari setelah melakukan pewarnaan rambut. Juga, jangan terlalu sering menggunakan sampo dan gunakan sampo khusus rambut berwarna," sambungnya.

Ia melanjutkan, untuk kian mempermudah, tutorial video penggunaan cat rambut secara detail bisa di akses di akun Instagram@miratoneid dan situs web pihaknya. "Jika masih ragu warna apa yang cocok dengan gaya kalian, kami sudah menyediakan fitur 'find your color' dan Virtual Try-On yang tersedia di website kami," tutur Bena.


Minat Pewarnaan Rambut

rambut-kezo
ilustrasi mewarnai rambut/pexels

Michael menyebut, minat pewarnaan rambut nyatanya terus berkembang. "Berdasarkan data Google Trend, pewarnaan rambut Balayage sejak 2018 jadi trending topic dengan kenaikan 120 persen," katanya.

Digital buzz akan pewarnaan rambut juga menunjukkan peningkatan. "Hal ini menunjukkan minat pewarnaan rambut terus berkembang di Indonesia, khususnya betapa Balayage jadi pilihan tampilan pewarnaan rambut yang diinginkan di kalangan konsumen Indonesia," katanya.

Mereka bermaksud menggagas disruptive innovation dalam industri tata rambut yang akan diluncurkan bulan ini. "Tentunya akan ada berbagai promo menarik yang bisa di dapatkan secara online dan offline. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti @hairtrendsid," tandasnya.

Sedangkan Miratone meminta pelanggan menunggu kejutan warna-warna up to trend lain. Saat ini, produk mereka bisa didapatkan di official store di Tokopedia dan Shopee, AEON store di seluruh lokasi AEON, serta Dan+Dan.


Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi
Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya