Fakta Menarik Film Halloween Ends yang Tayang Perdana 14 Oktober 2022

Halloween Ends, menjadi satu dari sekian film horor yang tayang pada Oktober 2022.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 12 Okt 2022, 16:54 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2022, 15:42 WIB
Sinopsis Film Halloween Ends, 4 Tahun Setelah Pertemuan Laurie Strode dengan Pembunuh Bertopeng Michael Myers
Gambar yang dirilis oleh Universal Pictures ini menunjukkan Jamie Lee Curtis dalam adegan film Halloween Ends. Usai pertemuan terakhirnya dengan Michael Myers, Laurie Strode tinggal bersama cucunya dan mulai mencoba untuk menyelesaikan memoarnya. Myers pun tidak pernah terlihat lagi dan bak hilang ditelan bumi. (Ryan Green/Universal Pictures via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Halloween Ends, menjadi satu dari sekian film horor yang tayang pada Oktober 2022. Setelah kemarin beberapa film horor Indonesia wara wiri di bioskop, kali ini horor garapan Hollywood tersebut akan meneror penonton dengan penayangan perdananya Jumat, 14 Oktober 2022. 

Dikisahkan empat tahun setelah Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) bertemu pembunuh bertopeng bernama Michael Myers (James Jade Courtney) dalam sekuel ‘Halloween Kills’ (2021), Laurie tinggal bersama Allyson, cucunya, demi menyelesaikan memoarnya. Suatu hari, ada seorang bocah yang ditemukan tewas secara misterius.

Tetapi, Corey Cunningham (Rohan Campbell) pemuda pengasuhnya, dituduh sebagai pembunuh. Kejadian tersebut memicu serangkaian kekerasan dan teror brutal yang memaksa Laurie untuk menghadapinya. Kelanjutan ceritanya tentu membuat penonton tak sabar untuk segera menyaksikannya.

Film garapan sutradara David Gordon Green ini sinematografinya ditangani oleh Michael Simmonds. Sementara untuk musik dari film Halloween Ends digarap oleh John Carpenter, Cody Carpenter, dan Daniel Davies.

Publik pun penasaran akan seperti apa cerita dan kengerian yang terjadi di film ketiganya? Berikut fakta menarik film Halloween Ends yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Masuk Box Office

Mengutip Deadline, Rabu (12/10/2022), dengan debut film sebelumnya memperoleh keuntungan tinggi mencapai 50 juta dolar, setara Rp768 miliar dengan penayangan di 3.800 bioskop. Angka tersebut hampir menyentuh rata-rata semua film yang masuk di box office selama tiga pekan yaitu 55 juta dolar atau setara Rp844,8 miliar.

Pada 2021, bagian 2 dari trilogi milik David Gordon Green yaitu Halloween Kills, juga cukup menuai sukses. Dibuka dengan angka pendapatan 49,4 juta dolar dan mencapai hingga 92 juta dolar yang setara Rp1,4 triliun di Amerika Serikat. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Franchise Halloween ke-13

Sinopsis Film Halloween Ends, 4 Tahun Setelah Pertemuan Laurie Strode dengan Pembunuh Bertopeng Michael Myers
Gambar yang dirilis oleh Universal Pictures ini menunjukkan karakter horor Michael Myers dalam adegan film Halloween Ends. Film berdurasi 111 menit ini diadaptasi dari karakter yang muncul dalam film horor waralaba Halloween karya John Carpenter dan Debra Hill. (Ryan Green/Universal Pictures via AP)

Film Halloween Ends merupakan franchise Halloween ke-13. Bukan hanya itu, film ini juga menjadi yang terakhir dari trilogi Halloween (2018) dan Halloween Kills (2021) sehingga para penggemar yang sudah menonton tentu tak ingin melewatkannya.

Sementara dari segi alur cerita film masih mengikuti kisah alur Halloween (1978) karya John Carpenter. Halloween (1978) dibintangi oleh aktor Jamie Lee Curtis, James Jude Courtney, Andi Matichak, Will Patton, dan Kyle Richards.

Dalam trilogi ini, mereka memainkan kembali peran tokoh-tokoh yang sebelumnya. Banyak pengulas film mengklasifikasikan film Halloween Ends sebagai film dengan genre aksi yang penuh kekerasan dan darah, isinya pun terbilang brutal.

Bahkan karena itu film ini dikategorikan untuk 21 tahun ke atas. Film berdurasi 1 jam 51 menit terkait adegan yang sadis dan mungkin tidak semua orang sanggup melihatnya, karena itu diharapkan penonton akan bijak memilih tontonan termasuk tidak membawa anak-anak.

 


3. Film Terakhir

Sinopsis Film Halloween Ends, 4 Tahun Setelah Pertemuan Laurie Strode dengan Pembunuh Bertopeng Michael Myers
Gambar yang dirilis oleh Universal Pictures ini menunjukkan karakter horor Michael Myers dalam adegan film Halloween Ends. Laurie Strode pun kemudian memutuskan untuk membebaskan dirinya dari kemarahan dan ketakutan yang selama ini menghantuinya. Hingga pada suatu hari terdapat kasus di mana seorang anak laki-laki tewas secara misterius. (Ryan Green/Universal Pictures via AP)

Halloween Ends sebelumnya telah merilis trailer pertamanya pada tanggal 20 Juli 2022 di saluran Youtube milik Universal Pictures. Dalam suatu acara David Gordon Green selaku sutradara menyatakan bahwa film ini akan membawa nuansa berbeda daripada sekuel sebelumnya.

"(Halloween Ends) sangat berbeda nuansanya dari Halloween (2018) dan Halloween Kills, saya pikir itu bagian dari kepuasan saya. Saya sering melompat-lompat dalam genre dan mengeksplorasi tema dan karakter yang beda melalui film,” kata David.

Film ini disebut menjadi sekuel terakhir dari Halloween Kills, namun hal itu menjadi menggantung sebab John Carpenter mengeluarkan pernyataan yang tidak terlalu serius. “Biar saya jelaskan bisnis film kepada Anda: jika Anda meraup keuntungan dari objek apa pun, akan ada seseorang yang ingin membuat sekuel. Maka itu akan hidup," sebutnya.

“Jika keuntungannya tidak cukup besar, tidak peduli apa, tentu tidak akan hidup,” tutupnya. Tetapi David sebagai sutradara telah bersikeras kalau film Halloween Ends ini akan jadi akhir dari kisah Michael Myers.


4. Ulasan Positif

Cuplikan adegan Halloween Ends. (Ryan Green/Universal Pictures via AP)
Cuplikan adegan Halloween Ends. (Ryan Green/Universal Pictures via AP)

Dari beberapa film sebelumnya yang meraih sukses dan mendapat tanggapan positif, penonton pun berharap Halloween Ends juga tak mengecewakan. Barry Hertz dari The Globe and Mail sebuah surat kabar asal Kanada menuliskan hal positif dalam ulasannya, ia mengatakan bahwa film itu "penuh dengan keputusan aneh", tetapi menambahkan "ada sesuatu yang menghibur, atau mungkin hanya membingungkan, tentang apa yang dipikirkan Gordon Green dan McBride tentang Michael Myers,"

Pengulas film untuk TheWrap, Asher Luberto memuji kembalinya anggota pemeran dari film 1978 dan menulis "Green tampaknya kurang tertarik untuk menulis ulang buku pedoman Halloween daripada memberi penonton apa tujuan mereka datang. Dari ketakutan yang mengerikan hingga skor yang mengerikan, ini menjadi strategi yang menjanjikan untuk membuat seri ini abadi seperti Michael Myers sendiri.

Marshall Shaffer seorang pengulas film lainnya memberikan nilai 7,5 dari 10 dan berkata "Halloween Kills berhasil menempatkan sisi menyenangkan tapi membatu pada mitologi tanpa menggunakan referensi diri yang murah." Sementara, Brian Truitt dari USA Today memberi film 2.5 dari 4 bintang, ia mengatakan bahwa film tampak sangat brutal.

infografis journal
infografis journal Fakta Film Horor Digemari Masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah).  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya