Profil MrBeast YouTuber Amerika yang Terkenal Suka Bagi-Bagi Uang

Jimmy Donaldson yang lebih dikenal secara online sebagai MrBeast adalah seorang YouTuber Amerika yang terkenal karena aksi dan filantropinya suka membagi-bagikan uang.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 10 Mei 2023, 14:05 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 14:05 WIB
Profil Mr. Beast sosok yang sering bagi-bagi uang
Profil Mr. Beast sosok yang sering bagi-bagi uang. (Dok: Instagram @mrbeast)

Liputan6.com, Jakarta - Sosok MrBeast belakangan jadi sorotan dunia termasuk Indonesia lantaran ia suka membagi-bagikan uang. Pria yang memiliki nama asli Jimmy Donaldson merupakan seorang YouTuber Amerika yang terkenal karena aksi dan filantropinya.

MrBeast juga co-create Team Trees, yang merupakan penggalangan dana untuk Arbor Day Foundation. Sejauh ini pria berusia 24 tahun itu dikenal sebagai seseorang yang sangat inspiratif dan menyenangkan.

Mengutip dari laman Business Insider, Rabu (10/5/2023), video viral MrBeast awalnya seputar intelegensi yang menantang seperti membaca setiap kata di kamus atau menghitung dari 0 hingga 100.000 selama 40 jam berturut-turut. Namun belakangan kontennya lebih dikenal karena kedermawanannya seperti konten bagi-bagi uang hingga saat ia mengunggah video "menyembuhkan" 1.000 orang yang mengalami kebutaan dengan membayarkan operasi mata.

Tantangan ambisius dan hadiah uangnya telah membantunya mengembangkan saluran YouTube pribadinya menjadi sekitar 131 juta subscribers, disebut yang terbanyak dalam sejarah YouTube. Tentu orang pun jadi penasaran siapa sebenarnya MrBeast?

MrBeast lahir pada 7 Mei 1998, saudara laki-lakinya yaitu CJ juga merupakan YouTuber. Mereka besar di Carolina Utara bagian timur di kota Greenville. Pada 2016, dia lulus dari Akademi Kristen Greenville, sebuah sekolah menengah swasta di daerah tersebut.

Donaldson mengunggah YouTube pertamanya pada Februari 2012, ketika dia baru berusia 13 tahun. Remaja itu memulai kariernya di YouTube dengan mengunggah video dengan nama pengguna "MrBeast6000". Selama beberapa tahun pertama, Donaldson berusaha namun tidak berhasil untuk menguasai algoritme YouTube dengan membuat konten yang menurutnya akan menarik pemirsa terbanyak.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Merintis Jadi YouTuber Sejak 2012

YouTuber MrBeast bagi-bagi uang USD 50.000 di hari ulang tahunnya
YouTuber MrBeast bagi-bagi uang USD 50.000 di hari ulang tahunnya (Foto: Instagram @mrbeast).

Saat MrBeast berusaha untuk memainkan algoritma YouTube, ia melampaui tahapan tren konten di salurannya. Isinya seperti kompilasi lucu bermain "Minecraft" dan "Call of Duty", tentang memperkirakan kekayaan YouTuber, ia juga menawarkan tip dan trik untuk calon pembuat konten, dan pernah mengomentari drama YouTuber.

MrBeast sendiri tampil sangat sedikit di videonya di masa-masa awal. Tapi MrBeast mulai mendapatkan pengikut pada 2015 dan 2016 berkat rangkaian video "intro terburuk", yang mengumpulkan dan mengolok-olok perkenalan YouTuber yang dia temukan di platform.

Pada pertengahan 2016, MrBeast mencapai 30.000 subscriber. Di akhir 2016, MrBeast mendaftar di perguruan tinggi.

Sang YouTuber mengatakan dia bertahan hanya dua minggu sebelum akhirnya keluar. Ia memberi tahu ibunya, "Saya lebih suka miskin daripada melakukan apa pun selain YouTube."

Ibunya lalu menyuruhnya pindah dari rumah masa kecilnya North Carolina pada usia 18 tahun. "Dia mencintaiku dan hanya ingin aku sukses," kata MrBeast mengartikan maksud sang ibu. 


MrBeast Pertama Kali Viral pada 2017

YouTuber Jimmy Donaldson alias MrBeast (Tangkapan layar YouTube MrBeast)
YouTuber Jimmy Donaldson alias MrBeast (Tangkapan layar YouTube MrBeast)

MrBeast pertama kali menjadi viral pada Januari 2017, ketika dia mengunggah video yang menunjukkan dirinya menghitung hingga 100.000 yang kemudian dia sebut membutuhkan waktu 44 jam. "Saya benar-benar menginginkannya," kata MrBeast tentang tantangan itu.

Ia menyambung, "Saya putus kuliah, penghasilan saya tidak terlalu banyak. Saya tahu itu akan menjadi viral." 

Setelah video pertama menjadi viral, MrBeast menemukan apa yang disukai oleh algoritme YouTube. Dia dengan cepat mengumpulkan lebih banyak penayangan dengan aksi serupa, seperti memutar fidget spinner selama 24 jam dan menonton video musik "It's Everyday Bro" Jake Paul selama 10 jam berturut-turut.

Pada November 2017, MrBeast mencapai 1 juta subscriber. Sekarang, MrBeast memiliki beberapa jenis video yang mendulang pundi-pundi uang untuk dirinya.

Dia pernah beraksi yang melelahkan selama berjam-jam yang disebut sebagai "junklord YouTube" dengan tantangan orang terakhir yang keluar akan diberikan ribuan dolar. Judul video yang viral tersebut "Going Through the Same Drive Thru 1.000 Times" hingga "Last To Remove Hand, Gets Lamborghini Challenge." 

 


Aksi Amal Jadi Konten YouTube

Squid Game Versi Nyata
Seorang YouTuber Hadirkan Squid Game di Dunia Nyata, dengan Hadiah Menggiurkan (Sumber: Youtube/Mr Beast)

Aksi amalnya cukup jadi perhatian. Dia pernah membuka dealer mobil tempat dia membagikan mobil secara gratis, dan diketahui membagikan ribuan dolar kepada pengikutnya serta kepada pelayan dan pengemudi Uber secara langsung.

Saat Donaldson mengembangkan salurannya, dia dapat mempekerjakan empat teman masa kecilnya yaitu Chris, Chandler, Garret, dan Jake bekerja untuknya dan saluran YouTube-nya. Grup ini sering membuat akting cemerlang di beberapa tantangan orang terakhir yang membuat aksi lebih gila daripada yang pernah dilakukan MrBeast. Teman-temannya telah menjadi nama ikonik di kerajaan MrBeast.

Pada Desember 2018, MrBeast telah memberikan 1 juta dolar AS melalui aksi anehnya, membuatnya mendapatkan gelar "dermawan terbesar YouTube". Dia diketahui mampu memberikan ribuan dolar ini berkat kesepakatan merek untuk mendanai iklan dalam video.

Namun, kesuksesan MrBeast tidak datang tanpa kontroversi. Pada 2018, The Atlantic menemukan serangkaian tweet lama yang telah dihapus dari MrBeast. Dia pernah ketahuan menggunakan cercaan homofobik dan gagasan menjadi gay sebagai bagian lelucon lucunya. 

Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya