Gibran Rakabuming Makan di Nasi Kapau Senen Usai Blusukan, Ternyata Sudah Lama Jadi Langganan Keluarga Jokowi

Gibran Rakabuming santap siang bersama rombongan, termasuk istrinya, Selvi Ananda. Mereka menyantap beberapa lauk seperti ayam goreng, paru, dan aneka makanan khas Sumatera Barat lainnya yang tersedia di nasi kapau Senen.

oleh Henry diperbarui 04 Des 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 04 Des 2023, 07:30 WIB
Gibran Rakabuming Makan di Nasi Kapau Pasar Senen Usai Blusukan, Ternyata Sudah Lama Jadi Langganan Keluarga Jokowi.  foto: Twitter (X) @don_muzakir_
Gibran Rakabuming Makan di Nasi Kapau Pasar Senen Usai Blusukan, Ternyata Sudah Lama Jadi Langganan Keluarga Jokowi. foto: Twitter (X) @don_muzakir_

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melakukan sejumlah aktivitas di Jakarta, Minggu, 3 Desember 2023. Serangkaian kegiatan itu ditutup dengan menyantap nasi kapau di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Gibran Rakabuming berkeliling selama kurang lebih 30 menit, berbelanja dan berdialog dengan beberapa pedagang, didampingi istrinya, Selvi Ananda, dan Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf.

Selepas berkeliling pasar dan membagikan susu serta buku tulis, yang merupakan salah satu program prioritas kampanye pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, ia bersama rombongan lanjut santap siang nasi kapau Senen.

Gibran santap siang bersama rombongan, termasuk istrinya. Mereka menyantap beberapa lauk seperti ayam goreng, paru, dan aneka makanan khas Sumatera Barat lainnya yang tersedia.

"Tadi habis dari CFD (hari bebas kendaraan bermotor) terus ke pasar lapar ya, kami langsung ke sini. Nasi Kapau di Senen sudah terkenal ya, tadi pesan paru, dendeng, ayam,” kata Gibran usia makan siang, dikutip dari Antara, Minggu, 3 Desember 2023.

Dia mengatakan cita rasa nasi Kapau yang ada di kawasan Senen tidak perlu diragukan lagi kelezatannya, karena area kuliner itu cukup lama populer tidak hanya bagi masyarakat di Jakarta, tetapi juga wisatawan domestik dan mancanegara. Tak hanya Gibran, keluarga Presiden Jokowi (Joko Widodo) ternyata sudah lama menjadi pelanggan nasi kapau di Pasar Senen.

 


Nasi Kapau Senen Lintas Generasi

Gibran Rakabuming Makan di Nasi Kapau Pasar Senen Usai Blusukan, Ternyata Sudah Lama Jadi Langganan Keluarga Jokowi.  foto: Twitter (X) @don_muzakir_
Gibran Rakabuming Makan di Nasi Kapau Pasar Senen Usai Blusukan, Ternyata Sudah Lama Jadi Langganan Keluarga Jokowi. foto: Twitter (X) @don_muzakir_

Hal itu diketahui dari cuitan di akun Twitter @don_muzakir_ pada Minggu, 3 Desember 2023. "Inilah Momen Saat Mas Gibran Dan Istri Makan Nasi Kapau Di Pasar Senen. Penjual Nasi Kapau Pasar Senen : " Keluarga Besar Presiden @jokowi Selalu Makan Di Sini, Saat Ini Sudah Lintas Generasi,” tulis cuitan tersebut.

Sebelumnya, Gibran blusukan ke Pasar Rawasari, Cempaka Putih, membagikan susu kepada anak-anak, kemudian berkeliling dan bertemu dengan pedagang pasar.

"Tadi kami cek beberapa harga ya terutama cabai agak naik. Tadi kami juga belanja beberapa ini buah-buah, sayur, dan lain-lain, tetapi yang paling menonjol itu cabai ya. Cabai agak mahal di Rp95.000 (per kilogram), mungkin (karena) akhir-akhir tahun," ucap Gibran kepada wartawan selepas blusukan di Pasar Rawasari.

Dalam sesi jumpa pers itu, seorang warga yang ikut menyaksikan sesi tanya jawab dengan Gibran ikut bertanya kepada cawapres pendamping Prabowo Subianto itu.

"Bagaimana ini menstabilkan harga-harganya," kata dia. Gibran menambahkan, harga-harga beberapa komoditas cenderung naik menjelang akhir tahun, tetapi dia meyakinkan bahwa harga-harga kemungkinan kembali stabil.


Kaesang Pangarep Disangka Gibran

6 Transformasi Kebersamaan Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep
Transformasi Kebersamaan Gibran, Kahiyang Ayu dan Kaesang. (Sumber: Instagram/gibranrakabumiing)

Presiden Jokowi memiliki dua putra yaitu Gibran Rakabuming yang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta dan Kaesang Pangarep yang kini merupakan Ketua Umum PSI. Meski keduanya memiliki fitur wajah yang berbeda, namun setelah lama dikenal ternyata masih ada juga yang salah memanggilnya.

Momen itu terjadi saat Kaesang Pangarep, anak ketiga Presiden Jokowi sedang mendatangi sebuah pasar. Tak sendirian, Kaesang kali itu didampingi istrinya, Erina Gudono.

Saat sedang keliling, ada seorang penjual yang menyapa Kaesang tapi justru memanggilnya dengan Gibran. "Mampir dulu mas Gibran," teriak seorang penjual di pasar tersebut yang disoraki oleh pengunjung lantaran salah sebut nama, dikutip dari akun TikTok @wongegibran, pada 21 November 2023. "Saya Kaesang, saya bukan cawapres pak.. saya bukan cawapres, saya adalah ketua umum," balas Kaesang spontan.

Erina yang tak lepas menggandeng tangan Kaesang terlihat tersenyum dan sedikit nyengir saat tahu suaminya salah dikenali. Sementara Kaesang yang membawa boneka Teddy Bear hanya bersikap santai.

 


Gibran Akui Irit Bicara

Gibran Blusukan ke Pasar Rawasari
Gibran melanjutkan blusukan ke Pasar Rawasari usai menyapa warga di car free day (CFD), Jakarta Pusat. Dia didampingi istrinya, Selvi Ananda. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warganet yang menonton video tersebut pun merespons dengan beragam komentar. "Tiba-tiba keinget Irfan Hakin salah orang, yang nikah Kaesang yang diselametin Gibran wkwkw," komentar seorang warganet.

"Kaesang takut dicium bapak-bapak karena dianggap mas Gibran," sambung yang lain. "Dari dulu nggak bisa bedain yang mana mas Gibran dan Kaesang," ungkap warganet lainnya.

"Tas lu kenapa beruang Kaesang," tanya warganet lainnya.

Bukan hanya wajah, perbedaan lainnya dari Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming adalah karakter mereka dalam berbicara. "Ya memang seperti itu (irit bicara)," kata Gibran di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Minggu, 3 Desember 2023, dikutip dari kanal Pemilu Liputan6.com.

Gibran tak menjelaskan alasan khsusus mengapa dirinya yang tak banyak bicara di media, seperti cawapres lain. Menurut dia, yang terpenting visi dan misinya Prabowo-Gibran untuk Pemilu 2024 rutin disuarakan setiap hari. "Tiap hari kan juga sudah menyuarakan visi misi kita," ucap Wali Kota Solo itu," ujar Gibran.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya