Labuan Bajo Masih Jadi Primadona Destinasi Menyelam, Intip Harga Paket Wisatanya

Labuan Bajo masih jadi primadona para penyelam. Tak heran banyak paket wisata ke daerah ini tersedia dengan berbagai jenis wisata dan tingkat akomodasi.

oleh Rusmia Nely diperbarui 31 Mei 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 07:30 WIB
Menelusuri Paket Wisata Snorkeling dan Menyelam di Deep and Extreme Indonesia 2024, Mulai dari Rp24 Juta per Orang
Salah satu booth paket wisata di Deep and Extreme Indonesia 2024 yaitu Pelni RI. (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tempat yang masih jadi primadona bagi para penyelam di Indonesia adalah Labuan Bajo. Masuk ke dalam salah satu kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), daerah ini jadi surganya biodiversitas bawah laut yang asri.

Hal ini tampak dari banyaknya paket perjalanan wisata dan menyelam ke kawasan di Nusa Tenggara Timur tersebut. Salah satunya ditawarkan Pelni lewat layanan kapal pinisi mereka. Paket wisata ini akan membawa pengunjung ke Labuan Bajo untuk menikmati berbagai kegiatan mulai dari trekking, snorkeling, hingga menikmati matahari tenggelam dari atas kapal.

Paket yang ditawarkan pun beragam, tergantung lama waktu yang akan dihabiskan dan jumlah orang yang ikut. Paket wisata 2 hari 1 malam dan jumlah peserta maksimal enam orang dikenakan biaya mulai Rp40 juta. Biaya tersebut sudah termasuk pemandu wisata, kendaraan jemputan dari bandara, peralatan snorkeling, dan makan-minum.

Paket ini tidak menawarkan paket untuk menyelam ke laut dalam. Namun, hal tersebut bisa ditambahkan dalam paket wisata jika wisatawan ingin mencoba untuk menyelam di sekitar kawasan tersebut.

Berbeda dengan Pelni, Nusa Kembara menawarkan harga paket wisata ke Labuan Bajo sebesar Rp120-150 juta per malam dengan satu kapal charter yang dilengkapi hingga delapan kamar tidur. Paket wisata ini bisa diisi hingga 30 orang.

Dengan menyewa satu kapal, wisatawan bisa memilih berbagai kegiatan dan olahraga air seperti menyelam, snorkeling, kayak, hingga memancing. Paket ini jauh lebih mewah daripada yang ditawarkan Pelni sebab akomodasi yang ada pada kapal Nusa Kembara mirip dengan resor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Paket Menyelam ke Anyer

Menelusuri Paket Wisata Snorkeling dan Menyelam di Deep and Extreme Indonesia 2024, Mulai dari Rp24 Juta per Orang
Booth wisata menyelam ke Anyer di Deep and Extreme Indonesia 2024. (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Dari banyak wilayah Indonesia Timur yang jadi destinasi wisata menyelam, ternyata ada paket wisata yang menawarkan pengalaman menyelam di Anyer. Mambruk Hotel & Convention memberikan beberapa jenis wisata untuk wisatawan yang tertarik dengan wisata bahari di ujung barat Jawa tersebut.

Harganya pun cukup terjangkau. Kegiatan naik kapal mengelilingi kawasan laut di Anyer dihargai Rp250 ribu per orang.

Sedangkan, untuk menyelam, ada beberapa jenis paket yang tersedia tergantung jangka waktu yang diinginkan. Paling sedikit sekali, paket dua kali menyelam di Pulau Sangiang tanpa menginap dikenakan Rp1,5 juta per orang dan yang termewah adalah paket empat kali menyelam dengan penginapan selama 3 hari 2 malam yang dipatok harga Rp2,7 juta per orang. Paket menyelam hanya bisa dipesan secara berkelompok dengan minimal anggota delapan orang. 

Perusahaan hotel ini juga menyediakan paket wisata ulang tahun yang terdiri dari sebuah kapal pesiar yang akan berlayar selama 4 jam, kue ulang tahun, makan siang, dan pengeras suara. Harganya mulai dari Rp800 ribu per orang dengan minimal peserta 20 orang.


Snorkeling ke Raja Ampat

Menelusuri Paket Wisata Snorkeling dan Menyelam di Deep and Extreme Indonesia 2024, Mulai dari Rp24 Juta per Orang
Perlengkapan menyelam yang dijual di Deep and Extreme Indonesia 2024 di Jakarta Convention Centre. (Liputan6.com/Rusmia Nely)

Raja Ampat  juga jadi salah satu pilihan utama jika kita bicara soal pariwisata bawah laut. Keindahan alamnya tak perlu diperdebatkan lagi, tak heran jika destinasi ini pasti jadi yang utama untuk para penyelam dan penggemar kegiatan snorkeling.

Salah satu resor yang ada di Pulau Mansuar, yaitu Raja Ampat Dive Lodge, menawarkan pengalaman menyelam dan snokerling dengan harga mulai dari Rp15 juta per orang untuk kegiatan menginap di resor tanpa menyelam. Wisatawan akan mendapatkan akomodasi dekat pantai, tiket kapal ferry, dan tur keliling wilayah Raja Ampat. Paket ini bisa diambil dengan jumlah peserta minimal empat orang dan akan dilaksanakan selama 4 hari 3 malam.

Sedangkan untuk paket menyelam, harga termurah yang ditawarkan adalah Rp24 juta per orang dengan waktu 6 hari 5 malam dan minimal jumlah wisatawan delapan orang. Dengan paket menyelam, wisatawan akan mendapatkan akomodasi kamar, makan-minum, tangki oksigen, ikat pinggang pemberat, pemandu, dan penjemputan menggunakan kapal dari Bandara Sorong. Wisatawan tetap harus membawa peralatan menyelam sendiri dan membayar biaya konservasi Kawasan Raja Ampat sebesar Rp1 juta per orang.


Acara Pameran Olahraga Ekstrem Terbesar se-Asia Dibuka di Jakarta

Menelusuri Paket Wisata Snorkeling dan Menyelam di Deep and Extreme Indonesia 2024, Mulai dari Rp24 Juta per Orang
Pembukaan Deep and Extreme Indonesia 2024 yang dilakukan secara simbolis oleh Vinsensius Jemadu Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (30/05/2024). (dok. Liputan6.com/Rusmia Nely)

Acara pameran olahraga ekstrem terbesar se-Asia dibuka di Jakarta. Deep and Extreme Indonesia 2024 yang digelar Dyandra Event Solutions menghadirkan lebih dari 150 tenant olahraga ekstrem, mulai dari menyelam, kayak, motosport, hingga ke apparel dan perlengkapan olahraga luar ruangan lainnya.

Eksebisi yang dilaksanakan di Jakarta Convention Centre dari 30--2 Juni 2024 tersebut juga memasukkan berbagai lini baru dalam pamerannya, seperti memancing, surf skate, jet water sport, hingga paralayang. Acara ini diharapkan bisa sukses menarik minat para penggemar olahraga ekstrem yang kembali hadir pascapandemi.

"Target kunjungan untuk tahun mungkin sekitar 30 ribu-an untuk sekarang karena kan ekonomi sedang up and down, karena yang kena duluan pasti yang special interest seperti ini," sebut Michael Bayu Sumarijanto selaku President Of The Board Of Directors at Quad Event Management ketika di temui di acara pembukaan Deep and Extreme Indonesia 2024, Rabu, 30 Mei 2024.

Selain target kunjungan, Michael memperkirakan perputaran uang dalam acara ini mungkin akan berkisar di angka Rp12-15 miliar selama acara berlangsung. Namun, perkiraan ini bisa lebih banyak apalagi melihat fenomena revenge travel yang terjadi di sektor pariwisata pascaCOVID.

"Various, bisa mulai dari Rp12-15 miliar dalam hari normal selama pameran, tapi kalau misalnya ada surge bisa dua kali hingga tiga kali lipat," tuturnya.

Infografis Destinasi Wisata Bahari yang Populer di Indonesia
Infografis Destinasi Wisata Bahari yang Populer di Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya