Tips Liburan Menyenangkan Hemat Bujet, Salah Satunya Usahakan Tidak Menginap di Hotel

Dengan memanfaatkan promo, Anda bisa mengantisipasi biaya yang harus dikeluarkan untuk hal-hal penting sehingga tidak panik bila ada keperluan mendadak saat liburan.

oleh Henry diperbarui 06 Jun 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 07:30 WIB
Tips Liburan Menyenangkan Hemat Bujet, Salah Satunya Usahakan Tidak Menginap di Hotel
Tips Liburan Menyenangkan Hemat Bujet, Salah Satunya Usahakan Tidak Menginap di Hotel.  (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Bujet liburan, baik domestik maupun internasional, bisa jadi mahal. Banyak biaya yang harus ditanggung, termasuk ongkos perjalanan, penginapan, makan, rekreasi, bahkan asuransi. Perasaan menggebu-gebu saat liburan bisa jadi jebakan yang membuat pengeluaran perjalanan membengkak tidak terkendali.

"Biasanya kalau liburan, kita kadang lupa sama kenyataan, jadi perasaan FOMO (fear of missing out), mumpung di sini. Itu biasanya yang membuat pengeluaran kita berlebih. Uang itu enggak jahat, cuma cara kita mengelola emosi belum stabil. Buntutnya, pengeluaran jadi membengkak," kata financial planner Aliyah Natasha di kantor tiket.com di Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Aliyah membagikan beberapa tips agar bisa liburan bisa hemat bujet, tapi tetap menyenangkan. Salah satunya adalah menggunakan berbagai promo, termasuk di aplikasi online travel agent (OTA). "Jangan lewatkan promo. Dengan menggunakan promo, kita bisa menekan bujet liburan," ucapnya.

Dengan memanfaatkan promo, Anda bisa mengantisipasi biaya yang harus dikeluarkan untuk hal-hal penting sehingga tidak panik bila ada keperluan mendadak. Tips berikutnya, jangan menginap di hotel. Sebaiknya pilih vila atau apartemen, apalagi jika Anda liburan bareng beberapa anggota keluarga.

"Anda mungkin sudah punya rencana tertentu, seperti naik pesawat dan menginap di hotel. Namun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan alternatif lain untuk membantu menurunkan biaya dan lebih mematuhi anggaran," terangnya.

Hal ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Anda mungkin merasa lebih murah naik kereta api ke tempat tujuan daripada naik pesawat. Anda dapat menjelajahi pilihan alternatif, seperti bed and breakfast atau penyewaan apartemen sebagai pengganti hotel. Mungkin perlu waktu untuk melakukan riset perbandingan dan menghitung angkanya, namun investasi ini akan sepadan jika Anda mampu menghemat dan mematuhi anggaran Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kelebihan Menginap di Vila dan Apartemen

Tips Liburan Menyenangkan Hemat Bujet, Salah Satunya Usahakan Tidak Menginap di Hotel
Tips Liburan Menyenangkan Hemat Bujet, Salah Satunya Usahakan Tidak Menginap di Hotel.  foto: dok. tiket.com

"Kalau saya pribadi, cenderung (memilih) menginap di vila atau apartemen saat liburan, apalagi bersama keluarga besar. Kalau di hotel kan terbatas, satu kamar biasanya cuma boleh buat dua orang dewasa dan dua anak-anak, belum tentu bisa dapat sarapan semua," terang Aliyah.

"Kalau di vila bisa buat banyak orang," imbuhnya. "Terus yang paling saya suka, bisa masak sendiri. Walau cuma masak telur dan mi instan, misalnya, biayanya jadi jauh lebih murah. Apalagi buat yang bawa anak-anak, mereka bisa punya banyak kegiatan di luar ruangan, kalau di hotel geraknya lebih terbatas."

Banyak biaya yang juga meningkat selama liburan sekolah, karena keluarga cenderung bepergian selama periode ini. Transportasi dan penginapan umumnya lebih mahal pada akhir pekan dibandingkan hari kerja.

Aaliyah menambahkan, cara hemat lain adalah menetapkan batas pengeluaran setiap hari, yang dapat jadi cara mudah untuk melihat apa yang Anda belanjakan. Tidak perlu khawatir dengan terlalu banyak tabulasi selama perjalanan Anda, sebut dia.


Momen Libur Sekolah

ilustrasi destinasi libur musim panas
ilustrasi destinasi libur musim panas//copyright unsplash/al pangestu

"Anda bisa membuat anggaran harian yang spesifik untuk setiap hari. Apalagi, jika liburan bersama keluarga, uang yang keluar pasti sangat besar. Anda akan menghabiskan banyak uang untuk snack, tapi bisa menekan biaya makan," ungkapnya.

"Anda bisa membuat batas pengeluaran yang lebih besar untuk hari itu, dan menurunkan anggaran untuk hari lain," pungkasnya.

Menjelang momen libur sekolah, tiket.com berkomitmen menyediakan segala kebutuhan perjalanan, termasuk pilihan akomodasi yang semakin lengkap dan beragam lewat kehadiran produk vila dan apartemen. Jelang periode libur sekolah tahun 2024, OTA itu mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah pemesanan akomodasi yang mencapai 43,5 persen dibandingkan dengan 2023.

Untuk mewujudkan liburan impian, tiket.com menyediakan pilihan akomodasi yang lebih lengkap, yaitu vila dan apartemen. Pada momen liburan ini, tiket.com mencatat peningkatan pada pemesanan vila dan apartemen, mencapai hingga 56,1 persen dibandingkan dengan 2023.


2 Juta Opsi Vila dan Apartemen

Contoh ilustrasi piknik bersama orang terdekat
Piknik ternyata juga memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan hubungan erat dengan keluarga ataupun teman, menjaga kesehatan mental, dan kesehatan fisik (Foto: Unsplash.com/Mason Dahl)

"Kami meluncurkan vila dan apartemen yang akan memudahkan sobat tiket memilih akomodasi favorit dan menikmati pengalaman private stay yang maksimal untuk liburan keluarga yang tak terlupakan," jelas Cisyelya Bunyamin, SVP of Accomodation tiket.com.

Hingga saat ini, tiket.com telah memiliki lebih dari dua juta opsi properti vila dan apartemen yang tersebar secara global, dengan 30 ribu properti tersebar di berbagai destinasi wisata Indonesia. Anda bisa menjelajahi vila dan apartemen di tiket.com sesuai kebutuhan mereka, mulai dari lokasi strategis, area luas, hingga fasilitas lengkap.

Mereka juga menawarkan beragam promo, seperti Vila & Apt. Very Interesting Promo (VVIP) yang berlangsung dari 3 hingga 16 Juni 2024 dengan diskon sampai 60 persen, serta tambahan diskon sampai Rp450 ribu.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur Jaminan Harga Termurah (JHT) yang menyediakan harga termurah untuk vila dan apartemen di dalam negeri. Juga, ada fitur 100 persen Refund dan Reschedule yang memberikan fleksibilitas pembatalan maupun perubahan jadwal.

 

Infografis Ragam Akomodasi di Sektor Bisnis Hotel
Infografis Ragam Akomodasi di Sektor Bisnis Hotel. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya