Prilly Latuconsina Ditunjuk Jadi Kawan Hiu Paus, Ternyata Punya Karakter yang Mirip

Konservasi Indonesia menujuk Prilly Latuconsina sebagai kawan hiu paus untuk meluaskan pelibatan komunitas dan masyarakat menjaga keseimbangan ekosistem laut.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 30 Agu 2024, 14:38 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 14:30 WIB
Prilly Latuconsina Ditunjuk Jadi Kawan Hiu Paus, Ternyata Punya Karakter yang Mirip
Prilly Latuconsina ditunjuk jadi kawan hiu paus, ternyata punya karakter yang mirip. (Dok: Konservasi Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Prilly Latuconsina baru saja ditunjuk menjadi "Kawan Hiu Paus" oleh Konservasi Indonesia pada Jumat (30/8/2024). Penunjukan tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Hiu Paus Internasional.

Senior Vice President & Executive Chair Konservasi Indonesia, Meizani Irmadhiany mengatakan penunjukkan Prilly sebagai kawan hiu paus bertujuan untuk meluaskan pelibatan komunitas dan masyarakat untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Ia menyebut kepedulian dan keterlibatan masyarakat sangat penting untuk saling menjaga dan memelihara lingkungan, ekosistem, dan keanekaragaman hayati. Mulai dari populasi spesies, biota, hingga habitat. Dampak besar yang bisa didapatkan melalui upaya pelestarian lingkunganpun nantinya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kami memilih Prilly sebagai Kawan Hiu Paus karena sosoknya yang peduli dan cinta kepada lingkungan. Dengan keterlibatan Prilly, kami berharap kesadaran publik untuk pelestarian spesies hiu paus ini dapat meluas, dan mendapat dukungan yang besar dari masyarakat," ujar Meizani dalam konferensi pers di Jakarta. 

Selain didapuk sebagai Kawan Hiu Paus, Meizani melanjutkan, Konservasi Indonesia juga memberikan sebuah penanda satelit (tagging) untuk Prilly, yang dalam waktu dekat akan dipasangkan langsung di salah satu individu hiu paus di Teluk Saleh. Selain itu, Prilly bersama KI juga akan menggelar beberapa kegiatan seperti edukasi mengenai hiu paus, mempromosikan pariwisata berkelanjutan, dan beberapa aksi konservasi lainnya.

Lebih jelas, Meizani menyebut alasan KI menunjuk Prilly sebagai Kawan Hiu Paus karena adanya kesamaan karakter antara spesies karismatik ini dengan sosok aktris yang juga founder dari Generasi Peduli Bumi itu. "Karismatik, petualang, ramah, dan selalu menjadi pusat perhatian di setiap tempat yang disinggahi jadi ciri khas Prilly yang juga dimiliki hiu paus," sebut Meizani. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prilly Berharap Bisa Ikut Berkontribusi

Prilly Latuconsina telah ditunjuk jadi kawan hiu paus, ternyata punya karakter yang mirip. (Dok: Konservasi Indonesia)
Prilly Latuconsina ditunjuk jadi kawan hiu paus, ternyata punya karakter yang mirip. (Dok: Konservasi Indonesia)

 

Di tempat yang sama, figur publik yang juga tengah sibuk mengemban tugas sebagai Ketua Pelaksana Festival Film Indonesia ini mengaku senang dan bangga dipercaya untuk terlibat dalam upaya konservasi hiu paus. "Dipercaya oleh Konservasi Indonesia sebagai Kawan Hiu Paus tentunya jadi kebanggaan tersendiri untuk saya. Sebelumnya saya sudah pernah berkenalan dengan hiu paus di Gorontalo," kata Prilly.

Dengan menjadi Kawan Hiu Paus ini, ia pun berharap bisa mengenali dan memahami lebih banyak lagi tentang spesies karismatik ini bersama dengan para peneliti dari Konservasi Indonesia. Selain itu, Prilly juga berharap dapat memberi kontribusi yang besar untuk masyarakat pesisir khususnya yang tinggal di dekat habitat hiu paus.

Dia menyebut, keberadaan hiu paus di Teluk Saleh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dan juga Kaimana, Papua Barat, harus sama-sama dijaga. Karena satwa unik tersebut dapat mendukung pariwisata dan berdampak pada pendapatan masyarakat di kedua kabupaten tersebut.  


Prilly Edukasi Bagaimana Berinteraksi dengan Hiu Paus

Prilly Latuconsina ditunjuk jadi kawan hiu paus, ternyata punya karakter yang mirip. (Dok: Konservasi Indonesia)
Prilly Latuconsina ditunjuk jadi kawan hiu paus, ternyata punya karakter yang mirip. (Dok: Konservasi Indonesia)

Lebih lanjut Prilly mengatakan bahwa meskipun senang dengan alam, bukan berarti seseorang bisa begitu saja berinteraksi dengan semua makhluk. "Begitu juga dengan hiu paus ini. Secinta dan sekagum apapun kita dengan spesies unik ini, kita sebenarnya tidak bisa menyentuh sesuka hati karena akan membawa dampak negatif kepada mereka," cetusnya.

Dengan penunjukkan dirinay sebagai Kawan Hiu Paus, ia pun akan mendukung teman-teman dari Konservasi Indonesia untuk mengedukasi masyarakat yang ingin berkenalan dengan hiu paus. "Tujuan agar hiu paus di lautan kita jadi lebih terlindungi dan dapat hidup lebih lama," tutur Prilly.

Adapun Meizani menambahkan, Konservasi Indonesia sebelumnya telah melakukan edukasi dan penyadartahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya perlindungan hiu paus, terutama mengenai cara berinteraksi yang bertanggung jawab.

"Konservasi Indonesia juga mendukung Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam menyusun dan menetapkan dokumen serta regulasi untuk kegiatan wisata hiu paus. Kami ingin mempromosikan destinasi wisata hiu paus yang mematuhi standar konservasi dan dengan tidak menggangu habitat hiu paus itu sendiri," jelas Meizani. 


Pemasangan Penanda Satelit di Hiu Paus

Aktris Prilly Latuconsina telah ditunjuk jadi kawan hiu paus, ternyata punya karakter yang mirip. (Dok: Konservasi Indonesia)
Aktris Prilly Latuconsina telah ditunjuk jadi kawan hiu paus, ternyata punya karakter yang mirip. (Dok: Konservasi Indonesia)

Focal Species Conservation Senior Manager Konservasi Indonesia, Iqbal Herwata menjelaskan upaya pelestarian hiu paus -yang telah dilakukan oleh Conservation International pada sembilan tahun lalu. Program kemudian dilanjutkan oleh Konservasi Indonesia, salah satunya dilakukan dengan menggunakan teknologi telemetri satelit.

Pemasangan penanda satelit yang dilengkapi GPS dan beberapa sensor ini bertujuan untuk melacak pergerakan hiu paus. Cara ini, kata Iqbal, digunakan untuk mengidentifikasi habitat penting mereka dan memantau pergerakan hewan laut yang dilindungi ini.

"Dari pemasangan penanda satelit yang telah kami lakukan, kami mendapati bahwa perjalanan hiu paus memang terbilang sangat panjang," tuturnya.

Ia menyampaikan bahwa hiu paus dapat bermigrasi jarak jauh, hingga lebih dari 15.000 km dan menyelam hingga kedalaman 2.000 meter atau lebih. Tapi ada juga yang bertahun-tahun mendiami satu tempat saja.

"Penggunaan tagging ini juga bermanfaat untuk memberikan informasi kepada operator kapal wisata agar dapat menyesuaikan rute dan tidak mengganggu koridor perjalanan hiu paus," tambah Iqbal.

Sebagai informasi, International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah memasukkan hiu paus ke dalam daftar merah sebagai spesies terancam punah sejak 2016. Diperkirakan secara global populasi spesies ini menurun lebih dari 50 persen dalam 75 tahun terakhir.

Konservasi Indonesia (KI), sebagai organisasi yang mendukung pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan, telah menjadikan hiu paus sebagai salah satu fokus spesies terancam yang memerlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat mencegahnya dari kepunahan. Selain hiu paus, KI juga fokus pada enam kelompok atau spesies vokal laut seperti Pari Manta, Hiu Paus, Cetacean, Hiu Berjalan, Hiu Belimbing, dan Hiu Martil. 

Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia
Infografis Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia dan Dunia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya