KPK: Informasi Kasus Hadi Poernomo Bukan dari Wikileaks

Dalam Wikileaks, pemerintah Amerika Serikat menyebut Hadi Poernomo sebagai sosok korup yang ada di lembaga pajak Indonesia.

oleh Sugeng Triono diperbarui 06 Mei 2014, 14:58 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2014, 14:58 WIB
Hadi Poernomo
Hadi Poernomo (Mantan Ketua BPK) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara KPK Johan Budi membantah lembaganya menggunakan informasi yang berasal dari situs Wikileaks.org dalam mengusut perkara dugaan korupsi pengajuan keberatan pajak PT Bank Central Asia yang menjerat mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo. Menurut Johan, apa yang dilakukan pihaknya dalam menyelidiki perkara yang diduga merugikan negara hingga Rp 375 miliar ini tidak ada hubungannya dengan situs pembocor dokumen rahasia tersebut.

"KPK tidak menggunakan informasi Wikileaks dan penanganan perkara pajak BCA dengan tersangka HP (Hadi Poernomo) tidak ada kaitannya dengan Wikileaks," ujar Johan Budi, Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Dia menjelaskan, perkara yang sudah diselidiki beberapa bulan sebelum Hadi Poernomo ditetapkan sebagai tersangka ini bersumber dari laporan yang masuk ke Pengaduan Masyarakat (dumas) KPK.

"Ini bukan dari situs itu, ini kan laporan masyarakat," pungkas Johan.

Sebelumnya, informasi yang didapat dari kawat rahasia yang diungkap Wikileaks.org, pemerintah Amerika Serikat menyebut Hadi Poernomo sebagai sosok korup yang ada di lembaga pajak Indonesia.

Wikileaks juga menyebut Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (Central Intelligence Agency/CIA) menggelar operasi untuk menjatuhkan Hadi Poernomo dari jabatannya sebagai Dirjen Pajak pada tahun 2006 silam. (Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya