Kala Rhoma Irama Dukung Pemerintah Bantu Kemerdekaan Palestina

Rhoma mengatakan, dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina sesuai amanat UUD 1945.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 07 Mar 2016, 06:33 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2016, 06:33 WIB
20160303-Rhoma Irama Beri dukungan ke kpk-Jakarta
Ketua Umum Partai Idaman, Rhoma Irama di Gedung KPK (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) ke-5, digelar pada 6-7 Maret 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Pemerintah Indonesia, yang menjadi tuan rumah menuai pujian, lantaran berani mengangkat tema Kemerdekaan Palestina.

"Keberadaan Indonesia sebagai tuan rumah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia berusaha untuk memainkan peran regional dan internasional yang lebih aktif. Ini merupakan kebanggaan tersendiri," ujar Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Minggu 6 Maret 2016.

Rhoma berharap, tidak hanya sebuah resolusi dukungan terhadap Palestina, yang nanti dihasilkan dalam KTT OKI itu. "Tetapi juga menghasilkan deklarasi para pemimpin dunia Islam yang bergabung dalam OKI untuk kemerdekaan Palestina," kata Rhoma.

Pedangdut senior itu mengatakan, dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina sesuai amanat UUD 1945, yaitu ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan abadi dan keadilan sosial.

"Dukungan ini, juga bagian dari manifesto politik partai yang ada di dalam AD/ART Partai, bahwa mendukung persatuan umat Islam nasional dan global, persatuan umat manusia sebangsa dan setanah air tanpa membedakan budaya dan agama, dan persatuan manusia secara global," jelas Rhoma.

Menurut dia, soliditas negara-negara Islam untuk turut mendukung kemerdekaan Palestina juga dengan batas waktu. Sehingga rakyat Palestina tidak terlalu lama mendapatkan haknya sebagai negara yang merdeka.

"Kita berharap pemerintah Indonesia, bisa menjadi mediator atau fasilitator perundingan antara faksi Fatah dan Hamas di Palestina, serta merealisasikan keberadaan konsul kehormatan di Ramallah, Palestina untuk memperkuat hubungan masyarakat Palestina dan Indonesia," tutur Rhoma.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya