Makna Hiasan Pancasila di Katedral yang Jadi Ajang Selfie Jemaat

Hari ini, Katedral akan menggelar Misa Natal. Tema yang diusung adalah Damai Kristus dalam Nuansa Nusantara.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 25 Des 2017, 06:26 WIB
Diterbitkan 25 Des 2017, 06:26 WIB
Hiasan Garuda Pancasila di halaman depan Gereja Katedral, Jakarta (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)
Hiasan Garuda Pancasila di halaman depan Gereja Katedral, Jakarta (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah hiasan Burung Garuda Pancasila tampak mencolok di salah satu sudut halaman depan Gereja Katedral, Jakarta. Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta, Susyana Suwadie, mengungkapkan makna hiasan tersebut.

Ia menyebut Burung Garuda itu sebagai simbol umat Katolik untuk mengamalkan Pancasila.

"Sesuai dengan semangat arah dasar Keuskupan Agung Jakarta yang mengajak umat Katolik se-Keuskupan Agung Jakarta untuk mengamalkan Pancasila," ucap Susyana di Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Hari ini, Katedral akan menggelar Misa Natal. Tema yang diusung adalah Damai Kristus dalam Nuansa Nusantara.

Susyana menuturkan, semangat menguatkan Pancasila ini sudah dilakukan sejak tahun 2016. Tahun lalu, temanya berpusat pada sila pertama Pancasila.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tema Tahun ini

Gereja Katedral Bersolek Sambut Natal
Gereja Katedral Bersolek Sambut Natal (Liputan6.com/Moch Harun Syah)

Tahun ini, lanjut dia, tema tema Misa Katedral menekankan sila kedua.

"Tema arah dasar Keuskupan Agung Jakarta adalah makin adil, makin beradab. Yaitu menekankan sila kedua. Dari arah dasar inilah, ide dibuatnya plaza dengan lambang Garuda Pancasila yang besar," jelas Susyana.

Dia pun mengungkapkan, Keuskupan berharap keberadaan hiasan Garud bisa mengingatkan umat untuk hidup berbangsa. Ia mengakui hiasan Garuda punya daya tarik bagi jemaat yang hadir.

"Dan ini sangat menarik perhatian umat dan tamu yang datang untuk berfoto. Dan meningatkan untuk mengamalkan Pancasila, dimana tahun ini di Keuskupan Agung Jakarta (memaknai) sebagai Tahun Kebhinekaan," tandas Susyana.

 


Natal Tahun Lalu

Jelang Perayaan Natal, Dekorasi dan Aneka Aksesoris Hiasi Gereja Katedral
Umat kristen dan pengurus menata dekorasi di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (23/12). Jelang perayaan natal Gereja Katedral mulai bebenah dan dipercantik untuk keperluan ibadah natal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada Natal tahun lalu, Gereja Katedral Jakarta meminta umat Kristiani untuk mengamalkan Pancasila dalam 5 tahun ke depan.

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo mengatakan, akhir-akhir ini banyak pihak yang ingin mengguncang persaudaraan di Indonesia. Hal ini tentu sangat membahayakan.

"Sehingga tema Natal nasional yang akan dihadiri oleh Presiden judulnya Bersatu sebagai Bangsa," kata Suharyo di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu 25 Desember 2016.

Menurutnya dalam berbangsa, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mutlak harus diamalkan dalam berbangsa dan bernegara. Dia pun mencoba menawarkan beberapa konsep penerapan Pancasila yang ideal.

"Gereja Katolik misalnya ingin mewartakan sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa dibungkus kerahiman yang memerdekaan," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya