Jokowi Pidato Berapi-Api, PDIP: Untuk Memotivasi Relawan

Gaya pidatonya yang berapi-api disebut meniru Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Perreira langsung membantahnya.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Apr 2018, 14:59 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2018, 14:59 WIB
Jokowi Bicara Bisnis di Depan 500 CEO dan Startup ASEAN-Australia
Presiden Joko Widodo berbicara di Forum CEO Lunch saat pertemuan ASEAN-Australia Special Summit 2018 di Sydney (17/3). Jokowi pidato di depan ratusan CEO, pelaku usaha kecil dan menengah di ASEAN-Australia Bussiness Forum.(Mark Metcalfe/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pidato dengan berapi-api di depan relawannya saat acara Konvensi Nasional Galang Kemajuan Tahun 2018 di Ballroom Puri Begawan, Bogor (7/4/2018).

Ada yang menyebut Jokowi marah menanggapi serangkaian serangan politik terhadapnya. Ada juga yang menilai gaya pidato Jokowi kemarin hanya variasi dibanding pidato-pidato sebelumnya.

Gaya pidatonya yang berapi-api disebut meniru Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Perreira langsung membantahnya. Menurutnya, Jokowi memiliki gaya sendiri dalam berpidato. Bisa bergaya lugas maupun lunak.

"Enggaklah. Artinya pak Jokowi punya style juga artinya. Ya kadang-kadang di mana dia harus tampil dengan gaya yang agak lugas di mana dia tetapi dengan gaya yang lebih soft. Ya soal gaya kan tinggal bagaimana kita memilih," kata Andreas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/4).

Selain itu, Andreas juga menyebut Jokowi memiliki beberapa gaya pidato yang disesuaikan dengan topik dan momentum tertentu. Dia mencontohkan, Jokowi memilih menggunakan gaya yang lugas dan penuh semangat saat bertemu relawan pendukungnya.

"Kemarin kan kebetulan dia bicara di depan relawan-relawan sehingga di situ dia harus memberikan motivasi semangat gitu. Di situ kan Jokowi artinya bisa tampil dengan berbagai gaya," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Fadli Zon

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menanggapi pidato yang 'berapi-api' tersebut. Menurutnya Jokowi mulai meniru gaya pidato Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Ya mungkin mau niru-niru gaya pidato Pak Prabowo kali," kata Fadli

Fadli menuturkan, wajar saja jika seseorang mengubah gaya dalam berpidato seperti Jokowi. Hanya saja, Wakil Ketua DPR ini mengingatkan Jokowi lebih berhati-hati menggunakan data saat berpidato atau memberikan sambutan. Terutama terkait penghitungan utang negara.

"Itu kan sah-sah saja orang mau mengubah gayanya. Tetapi mungkin data-datanya harus lebih akurat ya. Data utang disampaikan Pak Jokowi kan juga tidak terlalu akurat. Termasuk pembayaran bunga dan pokoknya. Coba diperiksa lagi," ungkapnya. 

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya