Bangsa Juara, Kemerdekaan, dan Asian Games 2018

Bulan Agustus tahun ini teramat istimewa bagi Indonesia karena perayaan kemerdekaan diwarnai Asian Games.

oleh Anri Syaiful diperbarui 17 Agu 2018, 09:05 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2018, 09:05 WIB
Infografis Semangat Kemerdekaan dalam Asian Games 2018
Banner Semangat Kemerdekaan dalam Asian Games 2018. (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua momen penting dalam bulan ini, yakni perayaan kemerdekaan atau HUT ke-73 RI dan Asian Games 2018. Perhelatan penting bagi bangsa Indonesia bahkan hanya terpaut satu hari, perayaan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2018.

Perayaan kemerdekaan atau HUT ke-73 RI bakal dipusatkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Sedangkan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut bakal berlangsung sekitar satu bulan yang dbuka secara resmi pada Sabtu, 18 Agustus 2018. Asian Games kemudian dilanjutkan dengan Asian Para Games.

"Di dua ajang tersebut, putra-putri Indonesia akan berjuang mengibarkan sang Merah Putih, bertanding untuk mengumandangkan lagu 'Indonesia Raya', berlaga untuk keharuman bangsa Indonesia," ucap Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Bersama DPR/MPR dan DPD, Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Kamis, 16 Agustus 2018.

Selengkapnya simak Infografis bertema semangat perayaan HUT RI ke-73 berpadu dalam Asian Games 2018 berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Semangat Kemerdekaan dalam Asian Games 2018
Infografis Semangat Kemerdekaan dalam Asian Games 2018. (Liputan6.com/Triyasni)

2 Kali Gelar Asian Games

Logo Raksasa Asian Games 2018 Hiasi Simpang Tugu Proklamasi
Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pegangsaan saat menyelesaikan pembuatan logo Asian Games 2018 di Jalan Penataran atau Simpang Tugu Proklamasi, Jakarta, Rabu (25/7). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga Asian Games 2018 dan Asian Para Games. Setelah penantian yang lama, tahun ini adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games. Kali pertama Asian Games digelar di Indonesia pada tahun 1962.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia bekerja bersama untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games agar sukses sebagai tuan rumah dan sukses dalam prestasi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 


Bangsa Juara

Mengintip Kesiapan Venue Asian Games 2018 di Kawasan GBK
Penampakan venue olahraga air untuk gelaran Asian Games 2018 di kawasan GBK, Jakarta, Selasa (7/8). Kendati sejumlah venue sudah siap, masih banyak alat berat yang belum dikeluarkan dari area tersebut. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menurut Jokowi, sebagai bangsa yang besar, sebagai salah satu mutiara terindah di Asia dan dunia, Indonesia harus menggunakan Asian Games dan Asian Para Games untuk menunjukkan pada dunia.

"Bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik, bangsa yang berprestasi, bangsa juara, dan menjunjung tinggi fair play," Jokowi berharap.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya