Suka Duka Pengurus Jenazah Covid-19: Lega Kalau Keluarga Ikhlas

Menurut Hanif, menghadapi jenazah Covid-19 sangat berbeda dibandingkan pemulasaran biasanya.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 12 Jun 2020, 14:09 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2020, 14:08 WIB
Kesunyian Pemakaman Pasien Covid-19
Petugas menyiapkan pemakaman pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan per Rabu (15/4) jumlah pasien terkonfirmasi 5.136 dan meninggal 469 orang serta sembuh 446. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Pejuang pemulasaran jenazah, Muhammad Hanifurrohman membeberkan suka duka yang dialami sepanjang mengurus jenazah yang terpapar virus Corona atau Covid-19. Ada rasa lega yang muncul ketika keluarga korban merelakan prosedur Covid-19 diterapkan.

"Memang di satu sisi keluarga pasien pada umumnya menolak jenazah dilakukan sebagaimana jenazah Covid. Maunya dibawa pulang. Tapi demi kesehatan, harus kami edukasi agar dapat dilaksanakan di rumah sakit," tutur Hanif di Kantor Graha BNPB, Jakarta Selatan, Jumat (12/6/2020).

Menurut Hanif, menghadapi jenazah Covid-19 sangat berbeda dibandingkan pemulasaran biasanya. Apalagi mendapatkan pengalaman baru yang mengharuskan menggunakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD).

"Kami begitu tahu (yang ditangani jenazah Covid-19), langsung lengkap memakai APD. Memang belum pernah pakai hazmat yang ketat, gerah begitu, tidak nyaman. Terasa seperti robot. Mau ke kamar kecil saja rasanya tahan dulu. Kalau mau ke kamar mandi kan harus buka semua," jelas dia.

Namun bagi Hanif, kesulitan tersebut merupakan bagian dari keharusan yang diperintahkan agama. Jenazah dari golongan apapun wajib mendapatkan pemulasaran yang layak dan terhormat.

"Sukanya, kami merasa bangga ketika keluarga jenazah menyetujui (prosedur Covid-19). Rayuan kita kepada keluarga ketika menerima itu, lega sekali," kata Hanif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Perhatikan keamanan dan keselamatan

Kesunyian Pemakaman Pasien Covid-19
Salah satu kerabat mengazankan pasien Covid-19 usai pemakaman di TPU Tegal Alur, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Pemprov DKI Jakarta menyediakan dua TPU yang dijadikan lokasi pemakaman pasien meninggal akibat Covid-19, yakni TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tim pemulasaran jenazah Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Reza Ramdhoni menambahkan, keadaan kali ini berbeda dengan pengalamannya mengurus jenazah di kondisi bencana. Kali ini, kondisinya jenazah masih tetap utuh, namun bersifat infeksius.

"Maka saya dan tim melakukan persiapan. Mulai dari safety-nya menggunakan alat pelindung diri yang benar. Walaupun sudah menjadi jenazah, kita tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan kerja," ujar Reza.

Penghormatan terhadap jenazah dan keluarga pun tidak dilupakan begitu saja. Meski perlu bungkusan plastik berlapis-lapis dan disinfektan, Reza mengaku berupaya maksimal menangani jenazah tersebut.

"Untuk kasus kematian di RS Darurat memang protokolnya amat sangat ketat. Keluarganya ditangani manajemen, jadi kita agak leluasa mengurus jenazah. Tapi informasi yang saya dapat, ada satu jenazah yang dia ini suami istri di Wisma Atlet. Suami di lantai 30 sekian, istri di lantai 9. Sebelum ditutup petinya kita segel, suaminya dipersilakan melihat untuk terakhir kali," Reza menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya