Megawati Rapat dengan Kepala Daerah dari PDIP, Bahas Penanganan Covid-19

PDIP menilai, Presiden Jokowi telah bekerja keras dan terus berjuang membantu rakyat agar Indonesia secepatnya bisa mengatasi dampak Covid-19.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 02 Jul 2020, 09:05 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2020, 08:51 WIB
Kongres V PDIP Siap Digelar
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto memberi keterangan terkait Kongres V PDI Perjuangan tahun 2019 di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Kongres dilaksanakan di Bali pada 8 Agustus 2019 dan mengambil tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menggelar rapat virtual dengan seluruh kepala daerah dari partainya. Rapat membahas sejumlah hal, di antaranya mengenai percepatan penanganan virus Corona atau Covid-19.

"Hari ini Ibu Megawati Soekarnoputri memimpin langsung rapat koordinasi dengan seluruh kepala daerah dari PDI Perjuangan. Setelah program gotong royong bantu rakyat, program kebijakan realokasi anggaran, hari ini partai melakukan evaluasi terhadap gerakan menanam tanaman yang bisa dimakan yang telah dicanangkan pada akhir Maret 2020 yang lalu. Stabilitas harga dan kecukupan pangan sangatlah penting," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (2/7/2020).

Dia mengatakan, PDIP mempunyai keyakinan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengambil kebijakan yang tepat dan arah yang benar terkait dengan penanganan Covid-19, termasuk stimulus di bidang perekonomian.

"Covid-19 merupakan masalah bersama. Seluruh lembaga tinggi negara, seluruh elemen pemerintahan negara wajib bekerja sama, dan hilangkan ego sektoral. Seluruh jajaran kabinet Indonesia Maju harus berdiri di depan, memimpin orkestrasi pemulihan perekonomian nasional dengan skala prioritas pada pergerakan ekonomi rakyat," jelas Hasto.

Karenanya, PDIP melalui 3 pilar partai, struktural, legislatif, dan seluruh pimpinan daerah, terus mengambil kebijakan yang senapas dengan Presiden Jokowi, dan menjadi perpanjangan tangan Presiden Jokowi di tengah rakyat.

"PDI Perjuangan menilai bahwa Presiden Jokowi telah bekerja keras dan terus berjuang membantu rakyat agar Indonesia secepatnya bisa mengatasi dampak Covid-19. Kami berikan dukungan penuh dan siap pasang badan bagi Presiden Jokowi di dalam penanganan Covid-19," kata dia.

"Demikian halnya di dalam menghadapi kelompok tertentu yang terus melalukan provokasi, memancing di air keruh, dan menganggu ketenteraman masyarakat. Pada saat bersamaan partai terus melakukan dialog dan jaring aspirasi rakyat," imbuh Hasto.

Menurutnya, skala prioritas kehidupan berbangsa saat ini adalah gotong royong menebar kebaikan, membantu rakyat. "Dan itulah yang terpenting," pungkas Sekjen PDIP ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Update Corona 1 Juli 2020

FOTO: Antisipasi Penyebaran COVID-19, RSUI Gelar Swab Test Massal
Petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) saat swab test massal di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok, Jawa Barat, Selasa (2/6/2020). Swab test massal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 ini dapat memeriksa 180 orang per hari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, kasus positif Corona atau Covid-19 di 34 provinsi di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Hingga Rabu (1/7/2020), telah terjadi penambahan sebanyak 1.385 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

 "Sehingga total kasus positif berjumlah 57.770 orang," ungkap Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto lewat konferensi pers daring di Graha BNPB Jakarta, Rabu (1/7/2020). 

Seiring bertambahnya kasus positif, jumlah pasien sembuh dan negatif Corona juga kembali mengalami peningkatan. Pada Rabu, dilaporkan ada 789 orang sembuh, sehingga akumulasi kasus sembuh sebanyak 25.595 pasien. 

Yurianto juga melaporkan adanya penambahan kasus pasien meninggal dunia akibat Covid-19 hingga saat ini. Jika pada 30 Juni 2020 totalnya mencapai 2.876 orang, hari ini meningkat menjadi 2.934 kasus meninggal akibat terpapar virus Corona, setelah bertambah 58 orang. 

Data update pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Selasa, 30 Juni 2020 pukul 12.00 WIB hingga Rabu pukul 12.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya