Rangkap Jabatan, Mensos Risma Mengaku Sudah Izin ke Jokowi

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengatakan, sementara ini akan merangkap jabatan sebagai menteri dan Wali Kota Surabaya, Jawa Timur.

oleh Ika Defianti diperbarui 23 Des 2020, 17:56 WIB
Diterbitkan 23 Des 2020, 17:56 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengatakan, sementara ini akan merangkap jabatan sebagai menteri dan Wali Kota Surabaya, Jawa Timur. Dia mengaku sudah menyampaikannya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Mungkin karena saya masih merangkap wali kota untuk sementara waktu, saya sudah izin Pak Presiden, 'Ndak apa-apa, Bu Risma pulang pergi.'," kata Risma dalam video YouTube Kemensos RI, Rabu (23/12/2020).

Selain itu, dia mengaku ingin pulang ke Surabaya untuk meresmikan jembatan hingga menghadiri sejumlah kegiatan. Menurut Risma, sejumlah peresmian tersebut didedikasikan untuk warga Surabaya.

"Saya mau pulang, mau meresmikan museum olahraga karena di situ ada jersey-nya Rudi Hartonono, raketnya Alan Budi Kusuma. Saya pengin resmikan itu untuk anak-anak Surabaya," tutur Risma.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri (wamen) kabinet Indonesia Maju, hasil dari reshuffle (perombakan) kabinet. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Jokowi memimpin sumpah jabatan, yang kemudian diikuti 6 menteri dan 5 wakil menteri. Mereka berjanji menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

"Akan menunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap para menteri dan wakil menteri yang dilantik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Daftar Menteri

Pada reshuffle kabinet kali ini, Jokowi mengisi dua posisi yang kosong lantaran pejabat sebelumnya tersandung kasus korupsi. Dia juga mengganti beberapa kementerian dengan pemain baru.

Berikut 6 menteri baru yang dilantik Jokowi:

1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno

3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono

6. Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya