Peserta Lolos Kartu Prakerja Gelombang 23 Bisa Ikut Pelatihan Kopi Kekinian

Salah satu yang menyediakan pelatihan bagi peserta lolos seleksi kartu prakerja gelombang 23 adalah usaha kopi kekinian Bencoolen Coffee.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Mar 2022, 20:46 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2022, 23:10 WIB
Prakerja
Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Peserta lolos seleksi kartu prakerja gelombang 23 telah diumumkan. Selanjutnya, peserta lolos kartu prakerja gelombang 23 diminta segera mengikuti pelatihan sebelum habis masa waktunya.

Salah satu yang menyediakan pelatihan bagi peserta lolos seleksi kartu prakerja gelombang 23 adalah usaha kopi kekinian Bencoolen Coffee.

Pembelian pelatihan pertama hanya berlaku hingga 30 hari sejak pendaftar dinyatakan lolos seleksi, sehingga membeli pelatihan selama 30 hari ke depan berpengaruh pada cair atau tidaknya insentif sebesar Rp 600.000/bulan.

Dijelaskan CEO Bencoolen Coffee Lucky Widja, pihaknya sebagai perusahaan produk kopi kekinian yang mengolah biji kopi terbaik dari Bengkulu, siap memberikan pelatihan barista dan wirausaha kopi agar peserta kartu prakerja bisa terjun ke lapangan usaha dengan kemampuan matang.

"Yang membedakan pelatihan kami dengan pelatihan lain adalah kami memikirkan setelah ikut pelatihan Program Kartu Prakerja, para peserta mau usaha apa. Mereka betul-betul menerapkan materi pelatihan yang didapat dari Program Kartu Prakerja dalam kehidupan nyata," ujar Lucky melalui keterangan tertulis, Rabu (9/3/2022).

Dia menjelaskan, pelatihan barista dan wirausaha Bencoolen Coffee hadir di Cybers Academy dengan mentor-mentor terbaik sehingga output-nya nanti akan menghasilkan talenta SDM berkualitas.

"Sebagai platform e-learning, Cybers Academy telah membantu lulusan-lulusan SMA atau SMK di Bengkulu agar tidak tertinggal dalam digitalisasi. Ini adalah komitmen Cybers Academy untuk memajukan SDM Indonesia bersama Bencoolen Coffee dan Warkop Digital," kata Lucky.

Menurut dia, bersama Warkop Digital, Bencoolen Coffee juga mempromosikan kopi Bengkulu di dalam negeri bahkan sekarang sampai ke mancanegara. Bengkulu sendiri dikenal sebagai penghasil kopi robusta nasional ketiga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bengkulu Jadi Salah Satu Tempat Produksi Kopi

Ilustrasi Kartu Prakerja.
Ilustrasi Kartu Prakerja.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, mayoritas produksi kopi masih dilakukan secara tradisional sehingga banyak potensi yang bisa digali melalui UMKM.

"Sejak 2018 kita kita menggagas bagaimana pemasaran kopi Bengkulu melalui Warung Kopi Digital. Warkop Digital saat ini sudah hadir di Malaysia bahkan sampai Kazakhstan" ujar Gubernur Rohidin Mersyah.

Sebagai perusahaan produk kopi, Bencoolen Coffee memilih kualitas produknya dengan sangat cermat, yakni biji kopi dari Bengkulu yang telah diakui internasional karena memenangkan penghargaan di Prancis.

Pada 2019 kopi Bengkulu mengikuti kompetisi kopi robusta internasional di Paris. Dengan meraih tiga buah medali, kopi Bengkulu dinobatkan sebagai kopi robusta terbaik di dunia dalam kontes AVPA France.

Kemitraan Bencoolen Coffee di seluruh provinsi Indonesia sejalan dengan target pemerintah untuk 30 juta UMKM Go Digital. Pada 2021, pemerintah sudah menyiapkan program yang akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, salah satunya adalah usaha mikro dan UMKM yang menyerap 97% angkatan kerja.

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan, Bencoolen Coffee adalah salah satu dari pelatihan yang mendapat paket finansial Program Prakerja pemerintah. Program Prakerja mendukung trainee Bencoolen Coffee untuk menjadi wirausahawan/wirausahawati.

"Begitu mereka mendapat pelatihan barista dan wirausaha, mereka mendapatkan hak untuk menjual franchise Bencoolen, offline maupun online, dan mereka akan menjadi new entrepreneur," ucap Airlangga.


Waspada Joki Kartu Prakerja

Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya