5 Juta Dosis Sinovac Kembali Datang, Stok Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

Menurut Menko Airlangga, kedatangan vaksin Covid-19 ke-50 menjadi bukti nyata bahwa pemerintah terus berupaya memastikan ketersediaan stok untuk mencukupi kebutuhan vaksin di Indonesia.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 06 Sep 2021, 13:08 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2021, 13:03 WIB
FOTO: Puskesmas di Jakarta Mulai Lakukan Vaksinasi Virus Corona COVID-19
Dokter menunjukkan botol vaksin virus corona COVID-19 produksi Sinovac saat kegiatan vaksinasi di Puskemas Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (14/1/2020). Sejumlah Puskesmas di Jabodetabek mulai melakukan vaksinasi COVID-19 pada hari ini. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 5 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac dalam bentuk jadi tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Senin (6/9/2021). Ini merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-50.

"Penambahan yang baru datang pada siang hari ini sejumlah 5 juta dosis produksi Sinovac. Ini memastikan bahwa stok vaksin sudah aman," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Senin.

Menurut dia, kedatangan vaksin ke-50 menjadi bukti nyata bahwa pemerintah terus berupaya memastikan ketersediaan stok untuk mencukupi kebutuhan vaksin di Indonesia. Hingga kini, total Indonesia telah menerima 33 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac.

"Sedangkan total vaksin Sinovac ke dalam bentuk bulk (bahan baku) yang sudah diterima adalah 153.900.280," ucap dia.

Selain itu, total vaksin Covid-19 AstraZeneca yang berhasil diamankan Indonesia mencapai 19,5 juta dosis. Indonesia juga menerima 8 juta dosis vaksin merek Moderna, 2,75 juta dosis vaksin merek Pfizer, dan 8,25 juta dosis vaksin merek Sinopharm.

"Secara keseluruhan, Indonesia telah kedatangan sebesar 225,4 juta dosis vaksin dari berbagai merek, baik berbentuk bulk maupun vaksin jadi," kata Airlangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jamin Kualitas

FOTO: Klinik Vaksinasi COVID-19 Massal Darurat di Surabaya
Warga menerima vaksin virus corona COVID-19 Sinovac di klinik vaksinasi massal darurat di lapangan sepak bola di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (6/7/2021). Indonesia tengah memerangi gelombang infeksi baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. (JUNI KRISWANTO/AFP)

Airlangga mengatakan, pemerintah memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia terjamin keamanan, kualitas, dan khasiatnya. Vaksin yang disediakan juga telah melalui proses evaluasi Badan Pengawas Obat, dan Makanan (BPOM), rekomendasi dari WHO, serta para ahli.

"Masyarakat tidak perlu ragu atau khawatir menerima vaksin, semua merek vaksin berhasiat untuk melindungi masyarakat,"ucap dia.

"Oleh karenanya, tidak perlu memilih milih dan vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia pada saat ini," sambung Airlangga.


Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi
Infografis Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya