Crazy Rich Grobogan Beri Bantuan ke Formula E: Ini Untuk Nama Baik Negara

Joko menyebut, ajang ini adalah momentum penting yang perlu mendapatkan dukungan penuh yang maksimal dari berbagai pihak.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jun 2022, 11:13 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2022, 12:17 WIB
Ajang Formula E Jakarta Siap Digelar
Foto udara memperlihatkan Jakarta International E-Prix Circuit di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Federation Internationale de Automobile (FIA) Formula E Jakarta E-Prix menyatakan ajang balap mobil listrik pada 4 Juni mendatang diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap kebangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 yang bakal dirasakan pelaku usaha dan masyarakat melalui Jakarta E-Prix. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi balapan mobil Jakarta E-Prix 2022 akan segera berlangsung pada 4 Juni 2022 mendatang.

Beberapa nama pendukung pun mulai diungkap, salah satunya pengusaha properti Joko Suranto yang juga dikenal sebagai Crazy Rich Grobogan. Joko sempat viral beberapa waktu lalu karena mengaspal sendiri jalanan menuju rumahnya yang sudah puluhan tahun rusak berat.

Pada event balapan mobil listrik pertama kali di Indonesia ini, Joko juga ikut memberikan sejumlah bantuan kepada panitia Formula E-Prix. Joko menyebut, ajang ini adalah momentum penting yang perlu mendapatkan dukungan penuh yang maksimal dari berbagai pihak.

"Jakarta E-prix ini membawa nama Indonesia di kancah internasional. makanya patut saya support, walaupun tantangannya sangat tinggi, namun terbukti panitia berhasil mempersiapkan semuanya dengan baik. Jadi bantuan ini saya berikan sebagai bentuk panggilan dan kepedulian saja yang walaupun mungkin dari sisi nominal tidak seberapa, tapi dilihat ini tanggung jawab dari kita untuk membantu menjaga nama baik negara,” ujar Joko dalam keterangannya hari ini (2/6/2022).

Lebih lanjut, Joko juga menyebut bahwa seiring dengan makin daruratnya kondisi global warming saat ini, maka berbagai kegiatan yang mempromosikan energi berkelanjutan perlu didukung. Salah satu di antaranya adalah Formula E ini.

"Sebagai pengusaha di bidang properti dan infrastruktur, kami juga punya concern dalam hal lingkungan. Karenanya kita lihat bahwa Formula E itu profilnya menjaga lingkungan, karenanya kita support. Tak bisa dipungkiri, di masa depan nanti, energi fossil akan habis dan digantikan dengan energi terbarukan dan yang lebih ramah lingkungan. Jadi adalah event untuk masa depan,” sambung dia.

Selain itu, Joko juga menyatakan komitmennya untuk terus mendukung event lainnya yang berkaitan dengan energi yang ramah lingkungan.

"Sebagai pengusaha ini hanya bentuk sebuah support saja dan kita nggak minta apa-apa dari aktivitas ini. Kemudian yang terpenting kita akan siap untuk terus mendukung secara langsung event lainnya yang berkaitan dengan hal-hal yang ramah lingkungan,” demikian Joko.


Tak Ada Sponsor BUMN

Crazy Rich Grobogan Joko Suranto yang perbaiki jalan rogoh dana pribadi Rp 2,8 Miliar.
Crazy Rich Grobogan Joko Suranto yang perbaiki jalan rogoh dana pribadi Rp 2,8 Miliar. (www.uns.ac.id)

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menyentil Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sama sekali tidak mensponsori ajang Formula E. Bahkan, kata dia, panitia membayar listrik untuk Formula E secara penuh atau full.

"BUMN tidak berikan sponsor apapun, PLN untuk kelistrikan juga kami bayar full," ujar Sahroni melalui unggahan di akun instagram pribadinya @ahmadsahroni88, Kamis (2/6/2022).

Dia pun merasa heran tak ada perusahaan pelat merah yang menjadi sponsor di Formula E. Padahal, event Formula E juga membawa nama Indonesia.

"Maaf nih BUMN tuh kan bagian dari Republik Indonesia kan yah ? @kementerianbumn," kata dia.

"Kami Enggak ngotot minta tapi ngotot untuk jadi bagian dari Indonesia," sambung Sahroni.

Sebelumnya, panitia penyelenggara Formula E mengumumkan 31 perusahaan menjadi sponsor untuk ajang balap mobil listrik tersebut. Dari jumlah perusahaan tersebut tidak ada perusahaan milik negara, hanya ada Bank DKI sebagai satu-satunya sponsor yang berasal dari perusahaan daerah.

Terdapat 30 perusahaan yang menjadi sponsor penyelenggaraan Jakarta E-Prix atau Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022. Tidak ada Pertamina Renewable Diesel dalam daftar sponsor tersebut.

Semula diumumkan ada 31 perusahaan untuk jadi sponsor Formula E Jakarta. Namun, setelah keputusan Pertamina Renewable Diesel tidak lagi jadi sponsor, maka jumlahnya pun menjadi 30 perusahaan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya