Istri Ridwan Kamil Unggah Video Zikir Kirim Doa untuk Eril

Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya serta putri mereka Camillia Laetitia Azzahra (Zara) pun telah kembali pulang ke Indonesia tanpa membawa Eril pada Jumat 3 Juni 2022. Karena, Eril belum berhasil ditemukan.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 04 Jun 2022, 12:35 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2022, 12:35 WIB
Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya Unggah Video Zikir Kirim Doa untuk Eril
Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya Unggah Video Zikir Kirim Doa untuk Eril. (Instagram @ataliapr)

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang sejak Kamis 26 Mei 2022 terbawa arus Sungai Aare Swiss.

Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya serta putri mereka Camillia Laetitia Azzahra (Zara) pun telah kembali pulang ke Indonesia tanpa membawa Eril pada Jumat 3 Juni 2022. Karena, Eril belum berhasil ditemukan.

Usai mengunggah pesan haru, Atalia menyelipkan video zikir Asmaul Husna untuk Eril di akun Instagram miliknya @ataliapr, Sabtu (4/6/2022).

Video tersebut berjudul Dzikir Asmaul Husna untuk Eril dari DR (HC) Ary Ginanjar Agustian.

"Terima kasih untuk semua doa dan perhatian kepada ananda kami " Emmeril Kahn Mumtadz"

.

semoga menjadi kebaikan bagi Eril dan semua yang mendoakan.

.

Salam sayang

Emil - Lia - Eril - Zara - Arka

__________________________," tulis Atalia menyertai unggahan video doa Asmaul Husna, Sabtu (4/6/2022).

Dalam video tersebut, selain doa zikir Asmaul Husna, nampak pula foto-foto keluarga lengkap Atalia bersama sang suami Ridwan Kamil dan kedua anak mereka Eril serta Zara.

Tak ayal, video haru doa tersebut mendapat beragam tanggapan dari berbagai pihak.

"Dengan Nama Allah Swt Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, tak putus doa setiap hari, semoga Allah Swt menempatkan A Eril di tempat paling mulia, serta Allah senantiasa menaungi Teteh @ataliapr, Kang Emil & seluruh keluarga dengan kekuatan dan Ketabahan," tulis akun @frisca_clarissa.

"Al Fatihah utk Alm. Eril 🤲💖 Insya Allah husnul khotimah Amiiin 🤲🥲😭 Allahumagh firlahuu warhamhu wa afihi wafuanhu Hususson Emmeril kahn Mumtadz Bin Ridwan Kamil Amiiin 🤲😢," komentar artis Eddies Adelia @eddiesadellia.

"A eril hal baik apa yang kamu lakukan di dunia ini,sampai sampai masayarakat indonesia terus ingin mendoa kan mu 😢😢😢😢 al fatihah ya allah ❤️," tulis akun @megaputri178.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pesan Haru Atalia

Atalia Praratya dan Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)
Atalia Praratya dan Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Sebelumnya, Emmeril Kahn Mumtadz hingga Kamis petang waktu Indonesia, 2 Juni 2022, belum juga ditemukan. Putra dari Ridwan Kamil itu sebelumnya dikabarkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, 26 Mei lalu.

Ridwan Kamil dan sang istri Atalia Praratya, yang kini berada di Swiss, terus memantau pencarian anak sulung mereka yang dilakukan otoritas setempat. Namun, keduanya tidak bisa berlama-lama di negara itu.

Atalia Praratya mengatakan dia harus kembali ke Indonesia. Pesan itu disampaikan wanita berusia 48 tahun itu di akun Instagram miliknya.

Dia juga mengunggah dua foto. Foto pertama, memperlihatkan Atalia bersama Ridwan Kamil dan putrinya yang membelakangi kamera. Sementara foto kedua, berupa sepucuk surat tulisan tangan dari Wali Kota Bern.

Kepada Eril yang belum ditemukan, Atalia Praratya mohon pamit. Dia menitipkan putranya tersebut dalam penjagaan Sang Khalik.

"Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya..

Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada…

Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus.

Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat.

Seperti yang pak walikota sampaikan,

“The city of Bern will forever be deeply connected to us…”

Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,

Atalia

Aare river, juni 2022," tulis Atalia.

 


Video Haru Ridwan Kamil

Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya serta putri mereka Camillia Laetitia Azzahra pamit pulang pada Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare Swiss
Ridwan Kamil dan istri Atalia Praratya serta putri mereka Camillia Laetitia Azzahra pamit pulang pada Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare Swiss. (Instagram @gisel_la)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga menganggap Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Aare. Keluarga pun memutuskan untuk pulang ke Tanah Air sembari terus menunggu hasil pencarian tim SAR pemerintah Swiss.

Jumat tengah malam 3 Juni 2022, Ridwan Kamil mengunggah sebuah video dan puisi untuk melepas kepergian putra sulungnya di akun Twitternya @ridwankamil.

Video tersebut memperlihatkan sejumlah bunga, antara lain mawar putih, yang disematkan pada tali ungu di sebuah pohon. Tali itu juga mengikat tanda nama yang menjadi pengganti nisan Eril.

"In loving memory of Emmeril Kahn Mumtadz, Born 25 June '99 NYC, Passed 26 May '22 Bern," isi tulisan di penanda tersebut.

Video itu kemudian memperlihatkan indah sekaligus kuatnya arus Sungai Aare. Juga potret Ridwan Kamil dan sejumlah orang yang tengah salat gaib di tepi sungai tersebut.

Potretnya bersama istri Atalia Praratya dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra berada persis di tepi Sungai Aare melepaskan setangkai bunga mawar merah muda ke aliran sungai.

Bersama dengan video itu, Ridwan Kamil mengunggah puisi tentang keikhlasannya melepas sang buah hati di pelukan Sungai Aare.

"Wahai Sungai Aare, sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku dihadapanmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu," tulisnya.

"Sucikan dia dalam kejernihanmu. Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasadnya di dasarmu. Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik sejatinya, Allah SWT. Berjanjilah pada kami, wahai Sungai Aare," lanjut dia.

Ridwan Kamil mengatakan ikhlas menerima kepergian Eril karena terseret arus usai berenang di sana. Dia pun meminta maaf atas kekhilafan dan kesalahan Eril selama hidup di dunia.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun, Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis Ridwan Kamil di akun Twitternya.

Dia juga memberitahukan, keluarga akan melaksanakan doa bersama usai salat zuhir dan ashar pada hari ini, Sabtu (4/6/2022) di Gedung Pakuan Bandung.

"Kami sekelurga sudah kembali ke tanah air dan akan melaksanakan doa bersama bada zuhur dan bada ashar, besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung. Hatur nuhun," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Menurut dia, pencarian jenazah Eril akan terus dilakukan oleh pihak Swiss.

"Pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya