Soal Koalisi dengan PDIP, PKB: Kita Tunggu Mbak Puan

Wakil Ketua Umum PKB, Jazuli Fawaid, menyambut baik rencana Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bertemu dengan pimpinan partai politik. PKB merasa cocok dengan PDI Perjuangan karena memiliki kedekatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Jul 2022, 12:51 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2022, 12:41 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid. (Merdeka/Alma Fikhasari)
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid. (Merdeka/Alma Fikhasari)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PKB, Jazuli Fawaid, menyambut baik rencana Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan pimpinan partai politik. PKB merasa cocok dengan PDI Perjuangan karena memiliki kedekatan.

"Bagus salut tuh langkah maju. Kita tunggu mbak Puan Maharani. Saya belum tahu mungkin bisa langsung ke Pak Muhaimin," ujar Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Jazilul menuturkan, PKB memiliki hubungan yang baik dengan PDIP. Sudah sejak lama kedua partai berteman. Hari ini keduanya menjadi pengusung Presiden Joko Widodo.

"Cocok, dari dulu kita berteman. PKB berteman dengan siapapun. Dengan PDIP sampai hari ini baik hubungannya baik apalagi koalisi bareng pak Jokowi," katanya.

Sampai saat ini, PKB dan Gerindra belum mengajak PDIP dalam kerjasama politik ini. Namun, Jazilul menuturkan, kerjasama politik ini terbuka untuk partai lain.

"Belum belum ada cuman sepakatnya terbuka bagi partai lain bergabung bekerja sama," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Bambang Wuryanto menuturkan, bahwa kolega separtainya Puan Maharani memilih mendengar suara rakyat dulu sebelum melakukan pertemuan dengan partai-partai politik.

Menurut Bambang, Ketua DPR RI itu diberikan tugas oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai penghubung dengan partai-partai dalam rangka membangun komunikasi politik.

Adapun belakangan ini, Puan gencar melakukan safari politiknya seperti ke Cirebon hingga Purwokerto. Puan bertemu masyarakat hingga melakukan konsolidasi internal kepada kader partai berlogo banteng ini.

"Mbak (Puan) lebih ketemu dulu, mendengarkan suara-suara rakyat, mendengarkan suara PDI Perjuangan dulu, keluarga besarnya dulu," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 7 Juli 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Puan Sebut Banyak Parpol yang Ingin Bertemu PDI Perjuangan

PDIP
Elite Nasdem mengunggah poto Megawati, Surya Paloh, dan Puan Maharani di akun media sosialnya. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengaku sudah beberapa kali dihubungi oleh sejumlah partai politik atau parpol untuk meminta bertemu dengan partainya.

Meski demikian, dia tidak mengungkapkan partai mana saja yang menghubungi untuk meminta segera bertemu dengan PDI Perjuangan.

"Sudah beberapa, saya sama sekjen sudah beberapa kali ditanyakan kapan ada waktunya," ujar Puan di Sekolah Partai, Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

Ketua DPR RI ini menjelaskan, PDI Perjuangan belum melakukan pertemuan dengan partai politik lantaran kondisi pandemi Covid-19 belum terkendali sebelumnya.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pun juga tidak diizinkan keluar rumah saat itu.

"Waktu-waktu lalu kan karena pandemi Covid-19. Jadi memang belum membuka pertemuan karena ya Covid-19, dan bahkan ibu selalu bilang saya enggak kemana-mana," ujar Puan.

Karena kondisi pandemi Covid-19 sudah terlihat melandai, Puan menyebut akan mulai melakukan pertemuan untuk penjajakan dengan partai politik.

"Ke depan Insyaallah Covid-19 melandai kita jajaki pertemuan tersebut," kata Puan.

Infografis Relawan Tokoh Bermunculan Jelang Pilpres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Relawan Tokoh Bermunculan Jelang Pilpres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya