Cerita Para Menteri Jalani Hobi hingga Tetap Prima Dampingi Jokowi

Presiden Jokowi dikenal sebagai pemimpin yang gemar blusukan ke berbagai pelosok daerah. Hal ini menuntut para menteri harus tetap tampil prima agar dapat mengikuti padatnya agenda Jokowi. Lantas apa saja kiat-kiat para menteri Jokowi agar selalu tampil fit?

oleh Lizsa Egeham diperbarui 14 Feb 2023, 14:16 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2023, 14:16 WIB
Presiden Jokowi tinjau pelabuhan Patimban, didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung. Foto: Dok Kementerian Perhubungan
Presiden Jokowi tinjau pelabuhan Patimban, didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung. Foto: Dok Kementerian Perhubungan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikenal sebagai sosok Kepala Negara yang kerap blusukan setiap melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Mulai dari keluar masuk pasar, mengunjungi rumah warga, menemui petani atau nelayan, hingga pergi ke sawah.

Hal itu dilakukan Jokowi untuk memastikan implementasi kebijakan pemerintah dan pembangunan, hingga menyerap aspirasi masyarakat di seluruh tanah air. Para menteri pun dituntut untuk tetap tampil prima agar dapat mengikuti padatnya agenda Jokowi.

Salah satu menteri yang kerap mengikuti kegiatan Jokowi yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dia menyebut bahwa Presiden Jokowi adalah sosok yang selalu bekerja dan tidak bisa diam.

"Kita melayani Presiden yang terus terang workaholic, enggak pernah bisa diam, selalu bekerja, travelling ke mana-mana," kata Pramono dikutip dari siaran pers di situs Sekretaris Kabinet, Selasa (14/2/2023).

Untuk itu, dia mengakui bahwa stamina yang prima sangat dibutuhkan untuk mendampingi seluruh kegiatan Presiden tersebut. Pasalnya, Jokowi merupakan pribadi yang sangat energik.

"Kalau kita sendiri tidak sehat, tidak kuat, tidak menyiapkan diri pasti akan kedodoran (mendampingi Presiden). Beliau kan sangat energik," ujarn Pramono Anung.

Dia pun membagikan kiatnya agar tetap fit dalam mendampingi Presiden. Salah satunya, dengan bersepeda yang sudah menjadi hobi.

"Minimum seminggu tiga kali, jadi setiap Selasa, Kamis, Sabtu. Tadi pagi 40 kilometer, kalau Sabtu 100 kilometer. Jadi targetnya seminggu 200 kilometer,” ungkapnya.

Selain itu, Pramono menyebutkan bahwa menghabiskan waktu dengan cucu juga menjadi hal yang dinikmatinya saat waktu senggang.

"Cucu ini betul-betul menjadi energi buat saya, hampir setiap hari kita bisa video call. Kalau saya enggak video call, dia yang video call," ucap Pramono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Presiden Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol Trans Jawa
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kiat Retno Tetap Fit Dampingi Jokowi

Menlo Retno Marsudi sewaktu mendampingi Presiden Jokowi pada penutupan KTT G20, Rabu (16/11/2022). (Dok:Dokumentasi resmi G20).
Menlo Retno Marsudi sewaktu mendampingi Presiden Jokowi pada penutupan KTT G20, Rabu (16/11/2022). (Dok:Dokumentasi resmi G20).

Berbeda dengan Pramono Anung, agar tetap fit dalam bekerja Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memilih untuk rutin lari santai atau jogging. Setiap harinya, Retno menargetkan untuk dapat menempuh minimal 10 ribu langkah.

"Jadi misalnya hari ini karena subuhnya sekitar jam 04.15, jam 04.15 saya subuhan, jam 4.45 saya udah jogging all the way sampai jam 6. Jadi, itu ritme saya setiap hari," tutur Retno.

Selesai olahraga, Retno pun langsung bersiap untuk menjalankan segala aktivitasnya sebagai menteri luar negeri. Dia menuturkan selalu mulai bekerja di jam 07.00 WIB.

Dalam kunjungan kerja, dia juga selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Retno pun membagikan pengalaman uniknya berolahraga di dalam kereta dari Polandia ke Ukraina saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi.

“Naik kereta kan saya sudah menghitung, saya enggak mungkin olahraga mepet-mepet, jadi satu-satunya waktu yang ada adalah di dalam kereta. Jadi, ada Paspampres, bapak-bapak yang pake senjata, ‘Pak, izin ya, Pak. Saya jalan-jalan, jalan-jalan sampai 10 ribu [langkah]’,” kata Retno.

 


Menteri PPPA Hobi Main Tenis Meja

Kongres Kowani 2019 di Istana
Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ketum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo dan Menteri PPPA, Gusti Ayu Bintang Darmavati, saat bersiap untuk membuka Kongres XXV Wanita Indonesia (KOWANI) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga memilih tenis meja sebagai hobinya. Bintang menambahkan permainan tenis meja juga menjadi salah satu wahana diplomasi dalam menjalankan pekerjaannya.

"Saya [pernah] diundang juga main di salah satu media, gitu. Roadshow-nya melalui tenis meja juga ya dengan pendekatan-pendekatan dengan teman-teman media," ujar Menteri PPPA.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali ini pun mengisahkan pengalaman tak terlupakannya saat bertemu jodoh di ajang pertandingan tenis meja.

"Itu kan saya mahasiswa, tahun 1990-an ya. Itu kita membuat event nasional, itu ketuanya suami saya, sekretarisnya saya. Itu ketemu jodohnya di sana,"ungkap Bintang.

Selain berolahraga, kata Bintang, ia dapat tampil prima karena selalu berupaya menikmati semua pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan.

"Bekerja dengan hati, bekerja dengan ikhlas, mungkin itu juga akan membuat badan kita selalu fit ya, mungkin itu kuncinya. Segala pekerjaan harus dinikmati," tandas Bintang.

 


Olahraga Jadi Keharusan Sandiaga

FOTO: Presiden Jokowi Lantik Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju
Sandiaga Salahuddin Uno mengikuti pelantikan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Olahraga juga menjadi salah satu hobi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Tak hanya hobi, olahraga juga telah menjadi keharusan dalam keseharian Sandiaga.

Bahkan, dalam sehari ia dapat melakukan lebih dari satu kegiatan olahraga. Mulai dari, lari, bermain tenis, hingga basket.

"Pagi tadi kebetulan dapet lari, kita middle distance tadi lari, dan sempat main tenis, karena sekarang kan tiba-tiba tenis nih jadi udah mulai main tenis lagi sekitar 1,5 tahun terakhir, sempat fitness, dan terakhir ditutup sama basket," kata Sandiaga.

 


Cara Sri Mulyani Isi Waktu Senggang

Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi mendampingi Presiden Jokowi bertemu delegasi Arab Saudi dalam acara KTT G20 di Osaka, Jepang, Jumat 28 Juni 2019 (foto: Setpres RI).
Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi mendampingi Presiden Jokowi bertemu delegasi Arab Saudi dalam acara KTT G20 di Osaka, Jepang, Jumat 28 Juni 2019 (foto: Setpres RI).

Jika sejumlah menteri memilih berolahraga, Menteri Keuangan Sri Mulyani mempunyai cara tersendiri dalam memanfaatkan waktu senggangnya. Salah satunya, dengan membaca buku atau mendengarkan musik

"Biasanya saya kalau waktu senggang itu sebelum tidur. Aku kalau mau bobo, baca buku supaya bisa ngantuk, kadang-kadang dengar musik untuk change the mindset-nya menjelang supaya menjadi lebih rileks dan bisa tidur," jelas Sri.

Di akhir pekan, jika tidak ada kegiatan, Sri Mulyani kerap menghabiskan waktu bersama cucunya. Hobi lain yang dilakoni Sri Mulyani adalah menonton film. Tak jarang, ia mengajak jajaran Kementerian Keuangan untuk nonton bareng.

"Kalau ada film bagus [saya ajak], ‘Ayo kita nonton sama-sama yuk.’," ucap dia.

 


Hobi Eksentrik Pak Bas

Presiden Jokowi dan Menteri Basuki Saat Kunjungan ke Mal di Pekanbaru, Riau (Sumber: Twitter @KemenPU)
Presiden Jokowi dan Menteri Basuki Saat Kunjungan ke Mal di Pekanbaru, Riau (Sumber: Twitter @KemenPU)

Cerita mengenai hobi juga datang dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Menteri bergaya eksentrik ini memiliki kegemaran bermain drum.

"Main band, main drum khususnya, itu bukan hanya hiburan buat saya tapi kayak olahraga buat saya. Main drum 1-2 jam sudah berkeringat, pulang, mandi, tidur. Dengan nge-drum tadi juga semua bisa release," tutur Basuki.

Basuki terlihat pernah bermusik bersama sejumlah musisi, seperti Iwan Fals dan grup band Gigi, Radja, hingga Kotak. Saat penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa di Institut Teknologi Bandung (ITB) di tahun 2020 silam, Basuki pun menyempatkan diri bermain drum di hadapan sivitas akademika ITB.

“Saya pikir walaupun dengan academic event, kita juga jangan lupa dengan kegiatan budaya seperti ini. Ini saya anggap sebagai budaya,” ujar menteri yang akrab disapa Pak Bas ini.

Selain drum, hobi lain yang ditekuni Menteri PUPR adalah fotografi. Saat mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja, Basuki terkadang terlihat mengabadikan momen dengan kamera yang dimilikinya.

Play hard work hard. Jadi happy saja, yang penting kita serius,” ucap Basuki.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya