Guntur Romli Ingatkan PSI Konsisten Dukung Ganjar: Hormati Hasil Rembuk Rakyat

Guntur Romli menuturkan, dirinya sebagai Ketua Umum Ganjarian akan bersikap bila nanti PSI mengubah arah dukungan terkait bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024.

oleh Muhammad Ali diperbarui 03 Agu 2023, 13:42 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2023, 13:40 WIB
Prabowo Subianto Sambangi Markas PSI
Berdasarkan informasi dari Tim Media Prabowo Subianto, kedatangan bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya ini adalah untuk bersilaturahmi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli mengingatkan kepada Wakil Ketua Dewan PSI Grace Natalie untuk tetap konsisten, terkait sikap PSI dalam dukungannya terhadap bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024.

Guntur menegaskan, PSI sebelumnya sudah menempuh proses Rembuk Rakyat untuk mencari sosok bakal capres yang didukung di Pemilu 2024. Hasilnya, PSI sudah memutuskan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di pilpres 2024.

"DPP PSI harus menghormati hasil Rembuk Rakyat yang diumumkan oleh sis Grace Natalie sendiri. Rembuk Rakyat itu mandat dari rakyat, mandat dari konsituen PSI, kalau mau mengubah pilihan politik harus proses Rembuk Rakyat lagi dong," kata Guntur kepada wartawan, Kamis (3/8/2023).

Guntur menuturkan, dirinya sebagai Ketua Umum Ganjarian akan bersikap bila nanti PSI mengubah arah dukungan terkait bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024. "Tapi saat itu pula, saya sebagai Ketua Umum Ganjarian dan para spartan akan bersikap terhadap DPP PSI," tegas Guntur.

Kendati demikian, Guntur masih meyakini PSI konsisten dengan hasil Rembuk Rakyat yang sudah diumumkan 3 Oktober 2022 lalu yang memutuskan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres. sebab, menurut dia tak ada halangan atau hambatan apapun terhadap dukungan ke Ganjar.

"Tidak ada hambatan, tentangan maupun perintah dari PSI untuk menghentikan ini semua," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menilai, pertemuan Prabowo dengan PSI kemarin hanya sebatas silaturahmi saja. Tidak ada paksaan agar mendukung Prabowo di Pilpres 2024.

"Mengenai pertemuan Prabowo di kantor PSI kemarin saya hanya menangkap pesan ini hanya silaturahmi politik biasa, Pak Prabowo pun sudah banyak berkunjung ke berbagai kantor DPP parpol lain dan tidak ada paksaan untuk harus ikut mendukung beliau di pilpres 2024 nanti," imbuh Guntur Romli.

 


Prabowo sambangi PSI

Sebagai informasi, Prabowo Subianto menyambangi kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (2/8). Dia mengakui jika mengajak PSI untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

"Oh iya, kita tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih, semua kekuatan Indonesia untuk bekerjasama," ujar Prabowo dalam jumpa pers.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengaku partainya sudah memantapkan arah pilihan pencalonan presiden di Pemilu 2024.

“Tokoh yang kami kagumi adalah Pak Jokowi, kami ingin melihat keberlanjutan Pak Jokowi dan kalau temen-teman tanya apakah sudah mengerucut ke mana? PSI siap bergerak sesuai arahan Pak Jokowi,” ujar dia.

Namun, Grace Natalie mengatakan PSI masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo. "PSI tegak lurus Pak Jokowi. Bukan manut apa saja kata Pak Jokowi, dalam kata ngebebek itu enggak," katanya.

“Tapi akhir-akhir ini sudah makin terlihat arah tanda-tandanya,”

lanjut Grace sambil melirik Prabowo yang berada di sebelahnya.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024
Infografis Sinyal Dukungan Jokowi & Kesiapan Prabowo Nyapres di Pilpres 2024 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya