Wabup Kukar Rendi Solihin Menginspirasi Generasi Muda Lewat Buku Biografi Muda, Beda, Bertalenta

Dalam buku itu diceritakan juga kesuksesan Rendi yang membuat kawan-kawan satu sekolahnya geger sekaligus merasa kagum atas keberhasilannya diterima di Monash Universitity Australia. Padahal saat itu, dirinya masih duduk dibangku kelas 2 SMA.

oleh stella maris diperbarui 15 Nov 2023, 14:51 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2023, 14:27 WIB
Pemkab Kukar
Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin/Istimewa.

Liputan6.com, Kutai Kartanegara Perjalanan hidup Rendi Solihin, dimulai dari kisah kelahirannya yang dramatis, petualangan mengelilingi benua Eropa di usia belia, hingga prestasinya yang membuat seisi SMAN 5 Balikpapan tercengang, dirangkum dalam sebuah buku berjudul Muda, Beda, Bertalenta. Itu adalah buku perdana yang diluncurkan Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin

Ya, tepat di usia 32 tahun, Rendi berbagi kisah hidupnya. Dalam buku itu diceritakan juga kesuksesan Rendi yang membuat kawan-kawan satu sekolahnya geger sekaligus merasa kagum atas keberhasilannya diterima di Monash Universitity Australia. Padahal saat itu, dirinya masih duduk dibangku kelas 2 SMA. 

"Awalnya saya iseng mendaftar untuk kuliah di Australia melalui salah satu lembaga, jadi pada saat saya mendaftar dijelaskan bahwa untuk bisa kuliah di Australia, nilai saya selama empat semester dipantau apakah memenuhi syarat atau tidak. Nah satu waktu, saat saya duduk di kelas 2 SMA, sekolah saya mengumumkan melalui pengeras suara, bahwa ada salah satu siswa yang diterima kuliah di Australia," ujarnya. 

Pengumuman tersebut sontak menjadi buah bibir, Rendi yang ingat pernah mendaftarkan dirinya untuk berkuliah di Australia coba mengonfirmasi pengumuman tersebut. Benar saja, dugaan yang dimaksud dalam pengumuman tersebut adalah dirinya. 

Rendi kemudian meyakinkan kedua orang tuanya agar diberi restu untuk menuntut ilmu ke negeri kangguru. Namun, mendengar buah hatinya hendak merantau benua seberang, orang tuanya sempat ragu. Apalagi, saat itu laki-laki kelahiran tahun 1991 tersebut masih duduk di bangku sekolah menengah atas. 

"Awalnya orangtua saya ragu, tapi karena keinginan saya yang besar saya berhasil meyakinkan kedua orang tua saya," ujarnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pemkab Kukar
Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin/Istimewa.

 

Selain itu, buku biografi ini juga mengisahkan tentang sepak terjang Rendi Solihin di dunia politik yang sukses duduk di parlemen sebagai anggota DPRD Kabupaten/Kota termuda se-Kaltim. Di mana, Rendi Solihin dilantik sebagai anggota DPRD Kutai Kartanegara pada usia 26 tahun. 

Sebelum kemudian, Rendi memutuskan untuk maju dalam kontestasi Pilkada dan terpilih sebagai Wakil Bupati Kukar. Rendi mengaku, buku yang diluncurkannya dipersembahkan untuk seluruh generasi muda Kutai Kartanegara. Melalui buku tersebut Rendi berharap kisah perjalanan hidupnya mampu menginspirasi seluruh lapisan masyarakat. 

"Saya tidak bisa dipungkiri bahwa sejak saya lahir orang tua saya cukup berada, tapi itu saja tidak cukup. Saya secara pribadi memang selalu ingin mencoba tantangan baru dan selalu tertarik untuk belajar," katanya. 

Sejak kecil, Rendi mengaku bermimpi dapat menginjakan kakinya di seluruh negara yang ada di dunia. Itulah yang mendorong dirinya menjadi sosok muda, beda, dan bertalenta. Sejak remaja, dia pun tak pernah ragu untuk berangan-angan dan mengejar mimpinya hingga menjadi nyata. 

"Mungkin memang saya punya kesempatan lebih terbuka dibanding kebanyakan orang. Tapi percayalah peluang saja tidak cukup, kita harus punya tekad dan keberanian karena semuanya tidak melulu soal uang. Kesempatan itu selalu bisa kita ciptakan selama kita mau bekerja keras," ujar Rendi.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya