Menanti Debat Cawapres, Siapa Paling Siap?

Debat pertama antarcalon presiden telah usai. Dalam debat yang digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa malam, 12 Desember 2023, itu berlangsung hangat. Tak hanya menyampaikan visi misi, ketiga capres juga saling serang dan sindir.

oleh Aries Setiawan diperbarui 15 Des 2023, 00:05 WIB
Diterbitkan 15 Des 2023, 00:05 WIB
Kolase Bakal Cawapres 2024
Cawapres 2024 Mahfud Md, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Debat pertama antarcalon presiden telah usai. Dalam debat yang digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum, Selasa malam, 12 Desember 2023, itu berlangsung hangat. Tak hanya menyampaikan visi misi, ketiga capres juga saling serang dan sindir.

Kini, masing-masing tim pemenangan tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi debat kedua yang akan mempertemukan para calon wakil presiden. Debat cawapres itu bakal digelar Jumat 22 Desember 2023.

Tema debat kedua yaitu, ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Analis politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin, menilai dengan tema yang lumayan berat seperti itu, para cawapres harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

"Saya melihat debat dengan tema-tema yang berat tersebut biar bagaimana pun harus dikuasai oleh para cawapres. Sehingga nanti dalam presentasi, dalam menjawab, dalam berdebat, itu menjadi ringan dan mudah," kata Ujang kepada Liputan6.com, Kamis, 14 Desember 2023.

Terkait kualitas ketiga cawapres, menurut Ujang, tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cak Imin dengan kelebihannya sebagai mantan aktivis dan politikus yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Cawapres paling muda, Gibran Rakabuming Raka, saat ini menjabat sebagai wali kota Solo dan juga putra Presiden Jokowi.

Sementara itu, Mahfud Md merupakan seorang politikus senior dan akademisi yang kini menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Saat ini Ujang tidak bisa menilai mana dari ketiga cawapres itu yang bakal mendominasi debat. Kualitas ketiga cawapres itu hanya bisa dinilai ketika debat berlangsung.

"Tentu para kandidat punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Punya kelebihan masing-masing dalam menjawab dan merespons pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kemampuannya bisa kita lihat ketika berdebat. Kalau sekarang subjektif. Berdebatnya seperti apa, kualitasnya seperti apa, nanti kita lihat sama-sama," ujar Ujang.

"Karena orang yang hebat adalah bagaimana tema-tema yang berat seperti itu bisa dipresentasikan dengan mudah," kata Ujang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiga Syarat Kuasai Debat

Debat Capres 2024
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersalaman dengan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di arena debat Capres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ujang Komaruddin mengungkapkan tiga hal penting yang harus dipersiapkan para kandidat untuk menghadapi debat cawapres.

Pertama, mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mempelajari materi substantif dari tema-tema yang sudah disiapkan tim panelis.

Penguasaan materi menjadi syarat mutlak bagi siapa pun kandidat dalam menghadapi debat, tidak terkecuali para cawapres.

"Tema debat cawapres ini tema yang cukup berat, tema yang cukup luar biasa beratnya. Oleh karena itu para cawapres harus mempersiapkan diri dengan materi yang matang, penguasaan materinya harus kuat," ujar Ujang.

Kedua, penguasaan panggung. Menurut pendiri Indonesia Political Review (IPR) itu, setiap peserta debat wajib bisa menguasai panggung jika ingin menarik di hadapan publik.

"Gestur tubuh dan presentasi yang baik menjadi modal penting bagi para cawapres," kata Ujang.

Syarat ketiga yakni memprediksi soal-soal yang akan dilontarkan moderator maupun oleh calon lawan debat.

"Tiga hal itu menjadi penting bagi cawapres untuk mempersiapkan debat sebaik-baiknya, sematang-matangnya agar nanti terlihat kualitas yang mumpuni dari para cawapres itu," kata Ujang.

Soal penilaian publik yang menyebut bahwa Gibran kerap menghindari forum-forum debat karena kualitasnya di bawah dua cawapres lain, Ujang tidak dalam posisi menilai. Namun, menurut Ujang, justru Gibran akan melakukan persiapan dengan maksimal untuk menjawab kritik dan keraguan publik. 

"Biasanya, pihak-pihak yang disudutkan, pihak yang sering dikritik itu biasanya akan menunjukkan performa yang bagus. Biasanya. Gibran harus mampu menampilkan penampilan terbaik untuk menjawab keraguan publik yang banyak mengkritik. Tentu Gibran akan mempersiapkan dan menampilkan debat terbaiknya. Kita tunggu saja," ujar Ujang.

Menyoal opini yang menyebut Mahfud akan sungkan berdebat dengan Gibran karena anak dari Presiden Jokowi, Ujang yakin, Mahfud Md akan lepas di forum debat nanti. Mahfud dinilai bakal menunjukkan kualitasnya sebagai seorang akademisi yang berwawasan luas.

"Karena sebagai cawapres akan menunjukkan kualitasnya. Jadi saya melihat Pak Mahfud akan lepas dalam berdebat nanti," kata Ujang.


Kesiapan Cawapres Hadapi Debat

3 Bakal Cawapres di Pilpres 2024 yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Mahfud Md, dan Gibran Rakabuming Raka.
Tiga cawapres di Pilpres 2024 yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Mahfud Md, dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Liputan6.com)

Di sela kegiatan kampanyenya, ketiga cawapres menyatakan sudah siap menghadapi debat nanti. Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengaku biasa saja menghadapi debat. Sebab, kata Cak Imin, debat sudah menjadi makanan sehari-hari.

Diketahui, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu sudah banyak makan asam garam organisasi, baik sebagai aktivis mahasiswa, menteri maupun anggota DPR dan MPR.

"Yang namanya debat kan makanan sehari-hari, jadi biasa aja," ujar Cak Imin di Ancol, Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Memang diakuinya, untuk menguasai debat harus mempersiapkan segala sesuatunya. Baik itu materi debat maupun persiapan teknis. "Pasti ada, teknikal, persiapan teknis," ujar Cak Imin.

Selain itu, menurut Cak Imin, tidak mudah menyampaikan gagasan yang begitu banyak hanya dalam waktu terbatas. Karena itu, dia harus bisa menyiapkan teknis penyampaian secara padat dan berisi, agar visi, misi serta gagasannya bisa tersampaikan dengan baik.

"Dikira gampang apa ngomong dikit harus langsung dalam waktu terbatas," kata Cak Imin.

Asisten Coach Timnas Pemenangan AMIN Jazilul Fawaid mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat cawapres nanti. Jazilul menegaskan, Cak Imin sudah terbiasa dengan debat di dalam forum.

"Pak Muhaimin sudah terbiasa sejak di PMII dulu sampai hari ini di DPR, biasa debat itu mempertahankan pikiran, bersikap, bertanya. Saya pikir hal yang biasa saja," kata Jazilul di kantor KPU, Selasa, 12 Desember 2023.

Wakil Ketua Umum PKB itu menyatakan yang akan disiapkan adalah vitamin sebagai suplemen kesehatan Cak Imin dalam menghadapi debat. "Supaya lebih sehat aja," kata Jazilul.

Begitu juga cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, yang mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi debat. Putra sulung Presiden Jokowi itu menegaskan siap menghadapi Cak Imin dan Mahfud Md di forum debat cawapres.

"Ya nanti disiapkan ya, makasih," ujar Gibran ketika ditemui di Balai Kota Solo, Kamis, 14 Desember 2023.

Meski hanya menjawab singkat, namun Gibran menekankan siap menghadapi dua kompetitornya di pilpres 2024 yang secara jam terbang jauh di depan.

"Ya, nanti disiapkan ya," ujar Gibran singkat.

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, yakin jagoannya itu tidak akan irit bicara saat debat cawapres nanti.

"Yakinlah beliau akan banyak bicara di waktu yang tepat. Dan, forum debat tanggal 22 (Desember) akan menjadi waktu yang tepat," kata Budiman di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Desember 2023.

Cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md, mengaku tidak menyiapkan apa pun untuk menghadapi debat.

"Saya ndak menyiapkan apa-apa, pokoknya datang," kata Profesor Mahfud saat di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023.

Anak bungsu Mahfud Md, Royhan Akbar, menyatakan sang ayah tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi dua kompetitornya di debat nanti. Royhan yakin sang ayah dapat menguasai tema yang sudah disiapkan panelis karena kedekatannya dengan masyarakat luas.

"Dia dekat dengan civil society. Sehingga saya pribadi, teman dari aktivis, akademis itu justru memberikan masukan dan saran. Saya enggak perlu khawatir persiapan dari Prof. Mahfud," kata Royhan di rumah pemenangan Mahfud Md, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

Royhan menilai kesiapan Mahfud pada saat debat nanti makin lengkap dengan sosok Ganjar Pranowo. Keduanya dianggap sebagai sosok yang sama-sama dekat dengan masyarakat.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada itu pun mengaku tidak khawatir terkait debat yang akan dihadapi Mahfud.

"Materi, saya rasa cukup. Apalagi karakter Ganjar yang sangat dekat dengan Mahfud dari segala elemen khususnya civil society. Itu kekuatan mereka," ucap Royhan.


Psywar Jelang Debat Cawapres

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar memberikan sebuah kaus kepada cawapres nomor urut tiga Gibran Rakabuming Raka di perayaan 13 tahun Mata Najwa di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2023).
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan sebuah kaus kepada cawapres nomor urut tiga Gibran Rakabuming Raka di perayaan 13 tahun Mata Najwa di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Minggu (19/11/2023). (Tangkapan layar)

Jelang debat cawapres, kubu Anies-Muhaimin mulai melancarkan perang psikologi alias psywar, khususnya ke Gibran Rakabuming Raka. Juru Bicara Timnas Pemenangan AMIN, Angga Putra Fidrian, menyatakan lawan berat Cak Imin hanya Mahfud Md.

Angga sebelumnya mengungkapkan persiapan Cak Imin dalam menghadapi debat. "Cak Imin mungkin tegang ya. Lihat hasil debat pertama kayak wow gitu," kata Angga di Posko Timnas AMIN, Jalan Diponegoro X, Menteng, Jakarta, Rabu, 13 Desember 2023.

Namun, Angga yakin Cak Imin bisa mengatasi debat dengan mudah. Karena pengalaman panjangnya saat menjadi aktivis hingga saat ini sebagai Wakil Ketua MPR RI.

"Menurut saya beliau bisa sih. Karena beliau punya rekam jejak yang panjang dalam konteks aktivisme. Dari mahasiswa, debat-debat di DPR di MPR. Beliau punya kapasitas itu," kata Angga.

Kata Angga, hanya butuh mencari bagaimana ciri khas Cak Imin untuk dibawakan saat debat cawapres nanti.

Selain itu, Angga yakin yang menjadi lawan debat Cak Imin nanti hanya cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md. "Saya sih percaya, lawan berat Cak Imin cuma Mahfud Md," kata Angga.

Respons TKN Prabowo-Gibran

Wakil Komandan TKN Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo, hanya menanggapi santai anggapan Timnas AMIN yang seolah meremehkan kemampuan Gibran.

Sara meyakini putra sulung Presiden Jokowi itu bakal membuktikan apa yang menjadi pertanyaan publik selama ini bahwa Gibran takut menghadapi debat.

Hal itu juga menjadi tantangan bagi sang Wali Kota Solo untuk membuktikan kemampuannya dalam berdebat dan berbicara di depan publik.

"Tidak masalah, ekspektasi lebih rendah lebih bagus untuk kita. Karena artinya kita bisa buktikan apa yang mungkin selama ini menjadi pertanyaan dan juga tantangan yang telah dikerahkan ke kita," kata Sara kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 14 Desember 2023.

Keponakan calon presiden Prabowo Subianto ini mengatakan, Gibran sudah punya pengalaman debat di depan publik saat pemilihan wali kota Solo.

"Karena banyak yang sepertinya lupa bahwa Mas Gibran adalah satu-satunya cawapres yang pernah ikut debat. Waktu itu di pilwalkot Solo," ujar Sara.

Sara memastikan Gibran bersama timnya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi debat cawapres yang akan berlangsung 22 Desember 2023.

"Jadi saya rasa beliau akan persiapkan diri. Bentuknya seperti apa, saya serahkan kepada tim inti beliau dan tim komunikasi. Tapi kita lihat tanggal mainnya nanti," ucap Sara.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya