Wapres Ma'ruf Amin Sebut Indonesia Targetkan Jadi Pusat Produksi Mobil Ekspor di 2023

Ma'ruf menilai, diperlukan adanya penguatan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan agar industri otomotif Tanah Air semakin kokoh dan berdaya saing tinggi.

oleh Winda Nelfira diperbarui 18 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 17:00 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pameran Industri Kendaraan Bermotor Gaikindo International Auto Show (GIIAS) ke-31 2024 di Tangerang, Kamis (18/7/2024).
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pameran Industri Kendaraan Bermotor Gaikindo International Auto Show (GIIAS) ke-31 2024 di Tangerang, Kamis (18/7/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia memantapkan diri menjadi ekspor hub kendaraan bermotor baik kendaraan berbahan bakar minyak maupun kendaraan listrik pada tahun 2030.

Hal ini disampaikan Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada acara Pembukaan Pameran Industri Kendaraan Bermotor Gaikindo International Auto Show (GIIAS) ke-31 2024 di Tangerang, Kamis (18/7/2024).

"Untuk itu, pemerintah terus melakukan penguatan regulasi dan pemberian insentif demi menumbuhkan industri otomotif dalam negeri, hingga mengakselerasi pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik melalui pembangunan manufaktur baterai bagi kendaraan listrik," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menilai, diperlukan adanya penguatan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan agar industri otomotif Tanah Air semakin kokoh dan berdaya saing tinggi.

Lebih lanjut, Ma'ruf menyampaikan pesan bagi seluruh pelaku industri otomotif. Pertama, dia ingin pelaku industri meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di industri otomotif.

"Agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar internasional. Hal ini penting mengingat industri manufaktur otomotif berpotensi besar dalam penciptaan jutaan lapangan kerja baru," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memacu Inovasi

Wapres Ma'ruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: BPMI Setwapres)

Kedua, Ma'ruf ingin pelaku industri otomotif memacu inovasi dengan mempelajari, mengamati prospek perkembangan inovasi dengan tetap mempertimbangkan kapasitas dan kemampuan konten lokal di Indonesia.

Pelaku industri otomotif juga diharapkan bisa adaptif dan responsif terhadap perubahan teknologi yang cepat, sehingga produk otomotif Indonesia dapat lebih kompetitif di pasar global yang semakin dinamis.

"Ketiga, optimalkan kapasitas produksi dan tingkatkan ekspor industri otomotif nasional," ujar Ma'ruf.

Terakhir, Ma'ruf berpesan agar pelaku industri otomotif dapat memperluas kerja sama dan kolaborasi antar pelaku usaha dalam hal penelitian dan pengembangan ekosistem kendaraan berbahan bakar energi terbarukan.

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya