Jokowi Bantah Kebut Pembangunan IKN

Jokowi mengatakan, pemerintah memang ingin agar upacara HUT ke-79 RI digelar di IKN. Hal ini untuk memberikan semangat agar tahapan pembangunan IKN dilakukan sesuai perencanaan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 29 Jul 2024, 13:55 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 13:55 WIB
Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membantah proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dikebut agar segera selesai. Menurut dia, tahapan pembangunan IKN sesuai perencanaan pemerintah.

"Banyak berpikir kita nih ngejar-ngejar, ndak kita ini enggak ngejar-ngejar. Pekerjaan ini sesuai dengan progres yang ada kok, sesuai dengan perencanaan-perencanaan yang ada, tahapan 1 apa nanti tahapan 2 apa. Sudah sesuai dengan itu," jelas Jokowi di Kawasan Istana Kepresidenan IKN, Senin (29/7/2024).

Dia mengatakan pemerintah memang ingin agar HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 dapat digelar di IKN. Hal ini untuk memberikan semangat agar tahapan pembangunan IKN dilakukan sesuai perencanaan.

"Bahwa apa kita ingin 17-an di sini saya kira itu memberikan semangat agar IKN ini bisa sesuai dengan tahapan-tahapan itu. Ini pekerjaan (IKN) bisa 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, bukan hanya setahun dua tahun tiga tahun," ujar dia.

Terkait kebocoran instalasi air minum IKN saat uji coba, Jokowi kejadian tersebut merupakan hal biasa yang terjadi di lapangan. Terlebih, kata dia, IKN merupakan proyek besar yang penyelesaian membutuhkan waktu puluhan tahun.

"Ya teknis lapangan seperti itu pasti banyak kejadian lah bukan hanya satu itu, banyak. Karena ini pekerjaan besar menyangkut rentang waktu yang bisa 10 tahun 15 tahun 20 tahun, ini bukan hanya pekerjaan setahun dua tahun," jelas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Perdana Ngantor di IKN, Ribuan Pekerja Sibuk Selesaikan Pembangunan

Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).
Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk kali pertamanya berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). Jokowi mengatakan, dia ingin mengecek pembangunan IKN tahap akhir, khususnya di kawasan Istana Kepresidenan.

"Ya kita datang ke sini untuk mengecek progres perkembangan terakhir dari pembangunan IKN, khususnya pembangunan Istana," kata Jokowi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Senin (29/7/2024).

Dia menyebut ada ribuan pekerja proyek yang terus menyelesaikan tahap akhir pembangunan Istana Kepresidenan di IKN. Jokowi pun tak mau kehadirannya mengganggu pekerjaan para pekerja proyek.

"Saya melihat semuanya masih dalam proses karena di sini ada ribuan yang bekerja, saya nggak mau mengganggu mereka biar progresnya enggak terhambat karena kedatangan saya," jelas dia.

Menurut dia, banyak pekerja yang berhenti sejenak saat dia melakukan peninjauan. Jokowi ingin para pekerja menghiraukannya dan terus melakukan pekerjaan agar pembangunan segera selesai.

"Ke sananya itu lewat orang bekerja, berhenti semua. Paspampres itu lho, semua dicek. Saya lewat, maksud saya yang kerja biar kerja, saya lewat," tuturnya.

Jokowi menyebut, dia baru soft launching berkantor di IKN sebab ada pekerja proyek yang lalu lalang. Namun, dia sudah bisa menggunakan Kantor Presiden di IKN untuk menggelar rapat terbatas.

"Semuanya masih berjalan dan hari ini saya juga akan menerima untuk rapat-rapat di sini, di ruang kerja presiden, tapi saya enggak bisa mengajak karena masih banyak yang bekerja supaya semua yang bekerja enggak terganggu," ucap dia

"Masih ada pembersihan, masih ada furnishing. semuanya masih dalam progres yang baik," imbuh Jokowi.


Jokowi: Air di IKN Melimpah, Listrik Oke, Internet Bagus

Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjalani hari pertama berkantor di Istana Kepresidenan yang berada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Biro Pres).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan progres pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Dia memastikan air, listrik, dan internet di IKN tidak ada masalah.

"Enggak ada masalah. Air melimpah, listrik oke. Internet bagus," kata Jokowi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Kalimantan Timur, Senin (29/7/2024).

Dia mengakui bahwa saat ini pembangunan di kawasan Istana Kepresidenan IKN belum selesai dan masih dalam proses. Jokowi mengatakan ada ribuan pekerja yang sedang menyelesaikan pembangunan Istana.

"Saya melihat semuanya masih dalam proses karena di sini ada ribuan yang bekerja, saya enggak mau mengganggu mereka. Biar progresnya enggak terhambat karena kedatangan saya," jelasnya.

Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya