Top 3 News: Golkar Mendadak Usung Airin di Pilgub Banten, Bahlil Bantah karena Pidato Megawati

Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia membantah alasan partainya mengubah dukungan ke Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024 karena pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiLizsa EgehamWinda Nelfira diperbarui 28 Agu 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 08:30 WIB
Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade.
Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egaham)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia membantah alasan partainya mengubah dukungan ke Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Banten 2024 karena pidato Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Itulah top 3 news hari ini.

Padahal, sebelumnya Partai Golkar sudah bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Banten 2024.

Bahlil menegaskan bahwa Golkar merupakan partai independen yang tidak terpengaruh dengan hal-hal seperti itu. Menurut Bahlil, keputusan Partai Golkar mengsung Airin-Ade di Pilgub Banten 2024 sudah melalui proses panjang.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo memastikan gugatan Hakim Konstitusi Anwar Usman ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tidak mengganggu kinerja kehakimannya di MK.

Selain itu, menurut Hakim Suhartoyo, suasana kebatinan di internal MK juga tidak terpengaruh dengan gugatan yang dilayangkan Anwar Usman ke PTUN. Buktinya, MK tetap melakukan pemeriksaan dan memutus perkara.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta polisi segera membebaskan pendemo yang melakukan aksi unjuk rasa Kawal Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Gedung DPR pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Ada sekitar ratusan orang pendemo yang ditangkap Polda Metro Jaya, namun sebagian sudah dibebaskan. Dia mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang membebaskan penyampaian aspirasi dan pendapat.

Namun, Jokowi menekankan bahwa penyampaian aspirasi harus dilakukan dengan tertib sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 27 Agustus 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Golkar Mendadak Usung Airin di Pilgub Banten, Bahlil Bantah karena Pidato Megawati

Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade.
Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024). (Liputan6.com/Lizsa Egaham)

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia membantah alasan partainya mengubah dukungan ke Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten karena pidato Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Padahal, sebelumnya Partai Golkar sudah bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024.

Bahlil menegaskan bahwa Golkar merupakan partai independen yang tidak terpengaruh dengan hal-hal seperti itu.

"Oh enggak ada dengan pidato si A, B, C. Partai Golkar ini independen, tidak akan bisa dipengaruhi oleh pidato si A, B, C. Justru Golkar harus memengaruhi tentang isu-isu politik kebangsaan," ujar Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2024.

 

Selengkapnya...


2. Hakim Suhartoyo Pastikan Gugatan Anwar Usman ke PTUN Tidak Ganggu Kinerja di MK

Ketua MK Suhartoyo
Ketua MK Suhartoyo dan Wakil Ketua MK Saldi Isra memimpin jalannya sidang di Ruang Sidang MK. Foto Humas/Ifa.

Ketua Mahkamah Konstitusi Suhartoyo memastikan gugatan Hakim Konstitusi Anwar Usman ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tidak mengganggu kinerja kehakimannya di MK.

"Enggak (menggangu), enggak. Insyaallah enggak," kata Suhartoyo ditemui di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin 26 Agustus 2024.

Selain itu, menurut Hakim Suhartoyo, suasana kebatinan di internal MK juga tidak terpengaruh dengan gugatan yang dilayangkan Anwar Usman ke PTUN. Buktinya, MK tetap melakukan pemeriksaan dan memutus perkara.

"Biasa, biasa. Kan gugatannya sudah berjalan 9 bulan. Buktinya kami putus-putus perkara kemarin juga tidak ada persoalan kan," kata Suhartoyo.

 

Selengkapnya...


3. Jokowi Minta Polisi Segera Bebaskan Pendemo Kawal Putusan MK

Demo Tolak Revisi UU Pilkada, Mahasiswa dan Masyarakat Surabaya Kecam Sikap DPR
Dalam aksinya, massa pengunjuk rasa juga menolak keras revisi UU Pilkada. (JUNI KRISWANTO/AFP)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta polisi segera membebaskan pendemo yang melakukan aksi unjuk rasa Kawal Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Gedung DPR pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Ada sekitar ratusan orang yang ditangkap Polda Metro Jaya, namun sebagian sudah dibebaskan.

"Ini kemarin, ada demo untuk pendemo yang masih ditahan saya harap juga bisa segera dibebaskan," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 27 Agustus 2024.

Dia mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang membebaskan penyampaian aspirasi dan pendapat.

Namun, Jokowi menekankan bahwa penyampaian aspirasi harus dilakukan dengan tertib sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

 

Selengkapnya...

Presiden Terpilih Prabowo Jengkel Diisukan Retak dengan Jokowi.
Infografis Presiden Terpilih Prabowo Jengkel Diisukan Retak dengan Jokowi. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya