Kemendagri Gelar Pemaparan Calon Juara Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2024

La Ode mengatakan bahwa Kepala Desa dan Lurah Juara Lomba Tingkat Regional serta Juara Evaluasi Desa Teladan PKAD akan diundang pada kegiatan pengembangan motivasi.

oleh Tim News diperbarui 20 Sep 2024, 19:42 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 18:00 WIB
Pemaparan Calon Juara Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2024.
Pemaparan Calon Juara Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2024. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) menggelar Pemaparan Calon Juara Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2024, pada Selasa, 17 September 2024, bertempat di Ruang Paramananda, Gedung C, Lantai 4, Kantor Ditjen Bina Pemdes.

Lomba Desa dan Kelurahan tahun 2024 ini menjadi salah satu kegiatan yang mendapatkan support dari Program P3PD khususnya keterkaitan dengan Project Development Objective (PDO) P3PD.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen Bina Pemdes) La Ode Ahmad P. Bolombo mengatakan pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2024 yang mengangkat tema “Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas” diharapkan dapat berkontribusi terhadap pencapaian target prioritas nasional yaitu terkait “Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan”

“Besar harapan saya bahwa penjaringan desa dan kelurahan berprestasi tingkat nasional tahun 2024 ini dapat terlaksana, dengan tetap menjaga integritas, netralitas, dan sportifitas dab akan menghasilkan desa dan kelurahan berprestasi yang akan menjadi percontohan bagi desa dan kelurahan lain di seluruh Indonesia.” Ujar La Ode.

La Ode juga menambahkan bahwa Kepala Desa dan Lurah Juara Lomba Tingkat Regional serta Juara Evaluasi Desa Teladan PKAD akan diundang pada kegiatan pengembangan motivasi yang rencananya dilaksanakan di bali pada akhir Oktober.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa, Data Dan Evaluasi Perkembangan Desa, Mohammad Noval mengatakan Pemaparan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan lomba yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang valid desa dan kelurahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harap Terus Tingkatkan Keunggulan Daerah

Sementara itu Guru Besar Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof.Dr. Amilin, S.E.Ak., M.Si., Ca., Qia., BKP., CRMP sebagai dewan juri berharap, kepada desa yang menjadi juara jangan berpuas diri, tetap melanjutkan apa yang menjadi keunggulan di daerahnya.

“Lomba Desa dan Kelurahan 2024 kali ini sangat kompetitif. Harapan saya bagi semua desa yang ikut lomba, tidak boleh berpuas diri, sehingga tetap berlanjut mengembangkan potensi dan menjadi Role Model bagi seluruh Desa yang ada di Indonesia.” ucap Amilin.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan pemaparan calon juara lomba adalah mendapatkan informasi yang valid atau kondisi real desa/kelurahan yang disampaikan langsung oleh desa/kelurahan bersangkutan, untuk diuji dan dipastikan kebenarannya. Dimana selanjutnya dapat menentukan Peringkat I. II & III tingkat Nasional di tiap regional.” sambungnya

 


Dewan Juri

Dalam Pemaparan Calon Juara Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2024 di hari pertama, turut hadir sebagai dewan juri, Prof. Dr. Drs. Khasan Effendy, M.Pd Pengajar Lemhanas selaku Ketua Tim Penlai Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2024, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Prof.Dr. Amilin, S.E.Ak., M.Si., Ca., Qia., BKP., CRMP Guru Besar Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Mohammad Mulyadi, AP, M.Si Peneliti Ahli Utama BRIN,

Kemudian Jaka Sucipta, S.H., M.M , Direktur Dana Desa, Insentif. Otonomi Khusus Dan Keistimewaan Kementerian Keuangan, Togu S. Pardede, S.T., MIDS Direktur Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas, Indra Ni Tua Direktur Manajemen Startegis, Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif.

Sebagai informasi di hari Selasa, 17 September 2024 yang mengikuti pemaparan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024 adalah Regional 1 dan Regional 2, diantaranya Desa Tj. Haro Sikabu-Kabu Pd. Panjang Kec. Luak Kab. Lima Puluh Kota Prov. Sumatera Barat, Desa Dayun Kec. Dayun Kab. Siak Prov. Riau, Desa Bumi Daya Kec. Palas Kab. Lampung Selatan Prov. Lampung, Desa Tulungrejo Kec. Bumiaji Kota Batu Prov. Jawa Timur, Desa Parangtritis Kec. Kretek Kab. Bantul Prov. D.I. Yogyakarta, Desa Kutuh Kec. Kuta Selatan Kab. Badung Prov. Bali.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya