Infografis Agenda Pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres RI Serta Kilas Balik 7 Presiden Terdahulu

Ketua MPR Ahmad Muzani akan memimpin sidang paripurna pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka. Prosesi pengambilan sumpah jabatan akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

oleh Anri SyaifulAbdillah diperbarui 19 Okt 2024, 11:25 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 09:03 WIB
Banner Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - MPR siap menggelar sidang paripurna pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka. Ketua MPR Ahmad Muzani yang akan memimpin sidang paripurna pelantikan Presiden-Wapres masa jabatan 2024-2029.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu 20 Oktober 2024.

Mengenai sumpah presiden dan wapres merujuk Pasal 9 Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945. Secara resmi jabatan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin digantikan Prabowo dan Gibran selaku Presiden-Wapres Terpilih RI.

Berdasarkan informasi diterima Liputan6.com, gladi kotor pelantikan akan digelar pada Jumat 18 Oktober 2024. Sedangkan gladi bersih bakal berlangsung pada Sabtu 19 Oktober 2024.

Terkait pelantikan presiden dan wapres, TNI bakal menerjunkan 100 ribu personel dalam Operasi Pengamanan Presiden, Wakil Presiden dan tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintah. Operasi pengamanan bahkan dilaksanakan mulai 17 Oktober hingga 23 Oktober 2024.

"Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan presiden, personel dari TNI 100 ribu dengan nanti akan dilaksanakan dari Kapolri," kata Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Jakarta, Jumat 18 Oktober 2024.

Pun demikian Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Ia mengungkapkan Polri menerjunkan total 15 ribu anggota yang dibagi dalam delapan satuan tugas atau satgas.

Adapun Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) turut menyemarakkan momen pelantikan Prabowo-Gibran. Rencananya ada kirab bendera serta panggung hiburan bagi masyarakat.

Ada 9 lokasi panggung hiburan yang disiapkan di sejumlah titik Jakarta. "Jakarta Pusat kebagian 2 titik. Pertama, di Sarinah dan titik kedua Bundaran HI (Hotel Indonesia)," ujar Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekretariat Kota Jakarta Pusat Denny Ramdany di Jakarta, Jumat 18 Oktober 2024.

Bagaimana rincian agenda sidang paripurna pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR/DPR/DPD. Senayan, Jakarta? Bagaimana pula kilas balik mengenai tanggal dan lokasi pelantikan 7 presiden terdahulu? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI

Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Agenda Pelantikan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden-Wapres RI. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Tanggal dan Lokasi Pelantikan 8 Presiden RI

Infografis Tanggal dan Lokasi Pelantikan 8 Presiden RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tanggal dan Lokasi Pelantikan 8 Presiden RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya