Prabowo Akan Umumkan Kabinet Usai Makan Malam Bersama Tamu Negara

Muzani mengatakan, Prabowo akan langsung bertandang ke Istana Negara. Kedatangan Prabowo akan langsung disambut oleh Joko Widodo atau Jokowi.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 19 Okt 2024, 16:31 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 16:31 WIB
KPU RI Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terpilih pada Pemilu 2024 dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra sekaligus Ketua MPR, Ahmad Muzani membeberkan sejumlah agenda Prabowo Subianto setelah dilantik menjadi Presiden periode 2024-2029.

Muzani mengatakan, Prabowo akan langsung bertandang ke Istana Negara. Kedatangan Prabowo akan langsung disambut oleh Joko Widodo atau Jokowi.

"Besok beliau akan menuju istana. Kemudian sebelum perjalanan rencananya Pak Jokowi akan mendahului menuju istana dan kemudian Pak Jokowi akan menyambut presiden yang baru dilantik," kata dia di Kompleks MPR, Sabtu (19/10/2024).

Muzani mengatakan, Prabowo dan Jokowi akan bersama-sama memasuki Istana. Namun, pertemuan mereka berdua akan berlangsung singkat.

"Enggak lama kemudian Pak Jokowi akan meninggalkan istana menuju kota Solo. Kira-kira begitu," ucap dia.

Sementara pada malam harinya, akan diadakan makan malam bersama kepala negara, yang diikuti dengan pengumuman kabinet.

"Malamnya baru dinner kepala negara, setelah itu mengumumkan kabinet," ucap dia.

Pelantikan Prabowo-Gibran Bakal Dihadiri 33 Tamu dari Negara Sahabat

Kepala negara dan setingkatnya dari sekitar 33 tamu negara mengkonfirmasi hadir di pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di MPR, Minggu 20 Oktober 2024.

Hal itu disampaikan Ketua MPR, Ahmad Muzani. Dia mengatakan, tamu-tamu VVIP dari berbagai negara mulai berdatangan. Informasi yang diterima memang sekitar 33 negara dari ASEAN dan negara sahabat akan hadiri pelantikan.

"Tamu negara yang hari ini menyatakan confirm, kepala negara dan setingkat kepala negara yang sudah dinyatakan hadir kurang lebih sekitar 33 negara ASEAN, negara sahabat, dan negara-negara mitra ASEAN," ujar dia di Kompleks MPR, Sabtu (19/10/2024).

Menurut dia, ini sebuah jumlah yang sangat besar. Dia mengatakan, sebagai bangsa patut bangga dihormati oleh banyak negara sahabat dan negara di sekitar.

Jumlah ini mencerminkan penghormatan besar bagi bangsa Indonesia dari negara-negara di kawasan terhadap pelantikan presiden.

"Kami berharap kita sebagai bangsa patut bangga dihormati oleh banyak negara sahabat, negara di sekitar kita, dan negara di kawasan ini pelantikan presidennya dihadiri oleh begitu banyak negara-negara sahabat yang menghormati kita," ucap dia.

Muzani mengatakan, diharapkan Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang ramah dan menghormati setiap tamu yang datang.

"Kami berharap kita menjadi tuan rumah yang ramah, baik, menghormati setiap tamu dari manapun berada," ucap dia.

Jokowi Akan Sambut Prabowo di Istana Usai Dilantik Jadi Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyambut Prabowo Subianto di Istana Negara usai dilantik pada Minggu, (20/10/2024).

"Rencananya Pak Prabowo setelah dilantik, besok beliau akan menuju Istana. Kemudian sebelum perjalanan rencananya Pak Jokowi akan mendahului menuju Istana dan kemudian Pak Jokowi akan menyambut presiden yang baru dilantik," kata Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzanidi lobby Gedung Kura-Kura DPR/MPR, Sabtu, (19/10/2024).

Setelah acara pisah sambut selesai, Jokowi langsung bertolak ke Solo. Lalu acara dilanjutkan dengan gala dinner Prabowo bersama sekaligus mengumumkan susunan kabinetnya.

"Malamnya baru dinner kepala negara, setelah itu mengumumkan kabinet," ucap dia.

 

Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kabinet Prabowo Cita Rasa Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya