Kabinet Merah Putih Ikuti Malam Akrab di Akmil Magelang

Acara terlihat digelar di dalam tenda dan diselingi acara makam malam bersama.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Okt 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 03:00 WIB
Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi (Istimewa)
Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Kabinet Merah Putih mengikuti malam akrab pada hari kedua retreat di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024). Acara ini juga dihadiri Presiden RI Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka.

Dari foto yang dibagikan Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi, tampak para anggota kabinet kompak memakai kemeja batik. Acara terlihat digelar di dalam tenda dan diselingi acara makam malam bersama.

Viva Yoga mengatakan malam akrab Kabinet Merah Putih tersebut berlangsung santai. Dia menyebut acara ini untuk menjaga soliditas dan kekompakan di kabinet.

"Untuk menjaga soliditas, kekompakan, dan selalu berkomunikasi dalam membangun tata pemerintahan yang berpihak kepada rakyat," kata Viva Yoga kepada wartawan, Sabtu (26/10/2024).

Menurut dia, Prabowo juga memberikan semangat kepada siswa Akmil agar tekun belajar, menyiapkan diri sebagai patriot pejuang bangsa, serta bertanggungjawab untuk memajukan Indonesia.

"Juga wajib untuk membela bangsa dan mencintai rakyat dan negara Indonesia," ucap Viva.

 

Prabowo Targetkan IKN Rampung dalam Waktu 4 Tahun

Presiden RI Prabowo Subianto memberikan pengarahan kepada Kabinet Merah Putih saat retreat hari kedua di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024), salah satunya soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Prabowo menargetkan pembangunan IKN rampung dalam waktu empat tahun.

"Sesi terakhir sore ini, Pak Presiden Prabowo memberikan pengarahan. Satu dari empat point pengarahan beliau adalah soal IKN," kata Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni dikutip dari akun Instagramnya @rajaantoni, Sabtu (26/10/2024).

Menurut dia, Prabowo menegaskan bahwa proyek IKN yang dimulai Presiden ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi itu akan dilanjutkan. Prabowo juga menyampaikan komitmen merampungkan pembangunan IKN dalam kurun waktu 4 tahun.

"Soal IKN sebenarnya sudah sangat jelas. Sudah menjadi keputusan akan dilanjutkan dan diselesaikan. Tidak perlu ada pertanyaan lagi soal itu sebenarnya," ujarnya.

"Bahkan beliau sudah punya rencana akan merampungkan pembangunan IKN dalam 4 tahun," sambung Raja Juli.

 

Gedung Pemerintahan Hampir Rampung

Dia menuturkan gedung-gedung pemerintahan di IKN sudah hampir rampung. Prabowo meminta Otorita IKN dapat menyelesaikan pembangunan gedung-gedung legislatif dan yudikatif di IKN dalam waktu 4 tahun.

"Bagi beliau IKN adalah 'Ibukota Poloitik'. Oleh karen itu, selain gedung-gedung Eksekutif (yang sekarang hampir selesai) dalam 4 tahun kedepan OIKN harus merampungkan (2 cabang triaspolitika lainnya) yaitu gedung-gedung Legislatif dan Yudikatif," tutur Raja Juli.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menyampaikan Prabowo ingin Sidang Paripurna DPR/MPR dapat digelar di IKN pada Agustus 2028. Prabowo juga berharap pelantikan Presiden dan Wapres periode 2029-2034 dapat dilakukan di IKN.

"Beliau berharap Agustus 2028 Sidang Paripurna DPR/MPR sudah bisa diselenggarakan di IKN. Bahkan beliau berharap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2029 diselenggarakan di IKN," pungkas Raja Juli.

 

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya