Retret Berakhir, Kabinet Merah Putih Kompak Tinggalkan Akmil Magelang

Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024).

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Okt 2024, 11:56 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 11:34 WIB
Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024).
Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024). (Foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham).

Liputan6.com, Jakarta Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024).

Anggota Kabinet Merah Putih pun meninggalkan Akmil Magelang untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para menteri, kepala badan, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden keluar gerbang Akmil Magelang pukul 10.04 WIB. Sementara itu, wakil menteri keluar Akmil Magelang pukul 10.46 WIB.

Mereka kompak mengenakan setelan bewarna biru dongker. Para warga yang menunggu di luar gerbang pun antusias menyambut dan melepas kepulangan para anggota kabinet.

Para anggota kabinet menaiki bus menuju Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Setelah itu, mereka menggunakan pesawat untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan informasi dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Seperti diketahui, retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Para anggota kabinet berada di Akmil Magelang sejak 24 Oktober 2024.

Adapun agenda yang dilakukan yakni, olahraga pagi, latihan baris-berbaris dengan menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad). Presiden RI Prabowo membuka retreat dan memberikan sejumlah pengarahan kepada anggota kabinet.

Gibran Rakabuming Raka Tinggalkan Magelang

Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka meninggalkan Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, usai menghadiro retret Kabinet Merah Putih, Minggu (27/10/2024).

Diketahui, Retret Kabinet Merah Putih yang dimulai pada Jumat, 24 Oktober 2024 resmi berakhir Minggu hari ini.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Gibran meninggalkan Akmil Magelang pukul 09.30 WIB. Putra sulung Presiden ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi itu tampak mengenakan kemeja putih celana hitam.

Drumband Genderang Suling Canka Lokananta melepas kepulangan Gibran dari Akmil Magelang. Saat di depan gerbang Akmil, Gibran sempat menyapa warga yang menunggu.

Dia juga membagikan susu dan buku tulis kepada masyarakat. Warga pun sangat antusias.

Warga di lokasi yang sudah tiba lebih dulu deket gerbang Akmil terlihat sangat antusias saat Gibran menghampiri. Mereka berkerumun dan beteriak saat dihampiri Gibran.

Sebelumnya, anggota Kabinet Merah Putih memulai hari ketiga retreat di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, dengan melakukan senam pagi, Minggu (27/10/2024). Ini merupakan hari terakhir retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magemang.

"Hari ini senam pagi," kata Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Minggu (27/10/2024).

Setelah itu, para anggota kabinet sarapan pagi dan berkemas-kemas barang. Mereka akan kembali ke Jakarta pada hari ini. "Makan pagi terpimpin, kemas-kemas pulang," ujar Viva.

Terlihat Kompak

Dari foto yang dibagikan Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata Zita Anjani di akun media sosial Instagramnya, tampak para anggota Kabinet Merah Putih kompak memakai setelan bewarna biru dongker. Mulai dari, topi, baju dalam, jaket, hingga celana bewarna senada biru dongker. Di baju, terdapat gambar burung garuda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Seperti diketahui, retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Para anggota kabinet berada di Akmil Magelang sejak 24 Oktober 2024.

Adapun agenda yang dilakukan yakni, olahraga pagi, latihan baris-berbaris dengan menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad). Presiden Prabowo membuka retreat dan memberikan sejumlah pengarahan kepada anggota kabinet.

Selain itu, ada pula pengarahan dari Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Panjaitan hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani. Presiden Prabowo Subianto, Wapres Gibran Rakabuming Raka, serta anggota kabinet melakukan malam akrab.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya