Senator Dukung Cabang KPK di Daerah

Wakil Ketua DPD Laode Ida mendukung pembentukan perwakilan KPK di daerah untuk menekan angka korupsi di pemerintahan daerah.

oleh Riski Adam diperbarui 15 Nov 2013, 18:07 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2013, 18:07 WIB
kpk-gedung130527c.jpg
Wacana pembentukan kantor perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di daerah mendapatkan dukungan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida. Menurutnya, langkah ini dapat menekan angka korupsi di pemerintahan daerah.

"Kalau tidak dibentuk pewakilan di daerah, korupsi akan terus berlangsung. Artinya dengan tidak bergerak maksimalnya jajaran kejaksaan dan juga kepolisian, korupsi di daerah berlangsung terus, kalau KPK hadir akan bisa menangani korupsi," kata Laode di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (15/11/2013).

Laode berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan DPR, khususnya Komisi III yang membidangi masalah hukum, mendukung pembentukan kantor KPK di daerah-daerah sebagai wujud dan dukungan terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia yang bersumber dari daerah.

"Saya rasa untuk menekan pemberantasan korupsi tidak ada alasan untuk tidak menyetujuinya atau menolak itu. Kalau bisa harus dipercepat. Presiden harusnya mengambil langkah itu untuk memastikan juga bahwa KPK ada di daerah dan beroprasi di sana," tegasnya.

Namun, menurut Laode, dengan adanya perwakilan KPK di daerah perlu pula kontrol dan pengawasan dari pusat. Misalnya, kalau sudah terbentuk lembaga KPK di daerah, harus ada lembaga pengawas KPK di daerah.

"Jangan sampai ada main-main, sekarang kan tidak ada pengawas soal itu. Sehingga mereka bisa sewenang-wenang dan main-main dalam menjalankan tugas," pungkas Senator yang kini maju menjadi caleg DPR RI dari PAN ini. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya