Lakukan 8 Tips Ini Jika Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur nyenyak di malam hari memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti memulihkan kinerja jantung, pencernaan, sistem saraf, dan mental.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Sep 2021, 12:49 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2021, 08:00 WIB
[Fimela] Tidur
Ilustrasi tidur nyenyak | unsplash.com/@entersge

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak di malam hari memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti memulihkan kinerja jantung, pencernaan, sistem saraf, dan mental. Namun, hal tersebut terkadang sulit dilakukan karena ada beberapa kebiasaan buruk yang menghambat seseorang untuk tidur nyenyak.

Beberapa kebiasaan buruk tersebut di antaranya memainkan ponsel dalam jangka waktu yang lama, mengonsumsi makanan yang berat di malam hari, hingga membiarkan pikiran tetap aktif. Alhasil, Anda belum tertidur hingga larut malam.   

Para ahli menekankan pentingnya tidur dari jam 10 malam hingga 5 pagi untuk mendapatkan pemulihan yang lebih maksimal. Melansir dari Hindustan Times, Selasa (27/9/2021), berikut beberapa tips dari Pakar Ayurveda (Ilmu Kesehatan India), Dixa Bhavsar untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cobalah untuk Bangun Pagi

[Fimela] tidur nyenyak
ilustrasi tidur nyenyak | unsplash.com/@zohre_nemati

Langkah pertama untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik adalah memperbaiki siklus tidur. Menurut Bhavsar, memulai hari dengan matahari membantu untuk menyelaraskan diri dengan alam.

Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah tertidur pada malam hari.

2. Minum Susu atau Teh Hangat

Sering kali pikiran seseorang masih aktif bekerja pada malam hari. Penting untuk menenangkan pikiran sebelum tidur.

“Susu kunyit atau teh chamomile sangat baik untuk menenangkan usus dan pikiran,” kata Bhavsar.

3. Latihan Pernapasan

Anda bisa melatih pernapasan melalui satu lubang hidung. Teknik ini akan membuat Anda menjadi lebih santai dan tenang.

4. Hindari Penggunaan Ponsel di Tempat Tidur

Cahaya terang dari layar ponsel bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Oleh karena itu, menghindari penggunaan ponsel bisa membantu tubuh melepaskan hormon melatonin yang bermanfaat untuk meningkatkan rasa kantuk.


5. Mandi dengan Santai

Ilustrasi tidur nyenyak (unsplash)
Ilustrasi tidur nyenyak (unsplash)

Mandi adalah cara yang efektif untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks karena menenangkan otot yang lelah bekerja seharian. Setelah mandi, Anda siap untuk tidur.

6. Memijat Kaki

Selain menghilangkan stres dan kecemasan, memijat kaki juga bisa melepaskan hormone serotonin. Hormon tersebut bermanfaat untuk memberikan perasaan tenang.

7. Menulis Catatan

Banyak pikiran sebelum tidur bisa menghambat Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Bhavsar menyarankan agar Anda mulai membiasakan diri menulis catatan untuk menghilangkan stres.

Catatan tersebut juga bisa mengangkat beban yang ada di hati.

8. Berdoa

Cara terbaik untuk memulai dan mengakhiri hari adalah dengan berdoa. Rasa syukur yang disampaikan kepada Tuhan bisa meningkatkan kesejahteraan Anda.

Reporter: Shania

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya