Siasat Jitu Hadapi Biaya Pendidikan Tinggi

Tidak pernah ada kata terlambat untuk merencanakan persiapan keuangan pendidikan anak.

oleh Jessica Sheridan diperbarui 11 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 06:00 WIB
[Bintang] Negara lain yang mirip Indonesia
Ilustrasi kuliah | Via: salon.com

Liputan6.com, Jakarta Biaya yang dikeluarkan untuk menempuh perguruan tinggi seringkali lebih mahal daripada yang mampu dibayar oleh kebanyakan keluarga. Seperti dipaparkan oleh NerWallet, dikutip dari CNBC, siswa tingkat atas angkatan 2023 menghadapi lebih dari $37.000 dalam hutang pinjaman siswa untuk menerima gelar sarjana perguruan tinggi.

Uang sekolah dan biaya ditambah kamar atau asrama untuk perguruan tinggi swasta empat tahun rata-rata $53.430 pada tahun ajaran 2022-2023, menurut Dewan Perguruan Tinggi, sementara di perguruan tinggi negeri dalam negeri selama empat tahun, biayanya $23.250.

Usaha menjangkau perguruan tinggi, diikuti dengan upaya menangani beban utang menjadi fokus utama para orang tua. Menurut survei College Hopes & Worries 2023 The Princeton Review, yang menunjukkan hampir semua keluarga, yaitu 98% mengatakan bantuan keuangan akan diperlukan untuk membayar kuliah, dan 82% mengatakan itu ‘sangat’ penting.

Sebagai salah satu upaya, CNBC juga menuliskan strategi penghematan biaya yang dapat membantu:

Jangan takut ajukan permohonan bantuan keuangan.

Jika anak Anda adalah siswa sekolah menengah atas atau mahasiswa saat ini, belum terlambat untuk mengajukan permohonan bantuan keuangan bahkan meminta lebih. 

“Sebagian besar sekolah tidak akan mengadakan kelas mereka 100% sebelum 1 Mei, itu berarti ada kesempatan untuk berdiskusi tentang penerimaan, bantuan keuangan, dan beasiswa,” kata Robert Franek, pemimpin redaksi The Princeton Review.

Melansir CNBC, bantuan keuangan ditentukan oleh informasi pendapatan yang belum tentu up to date. Bantuan untuk tahun akademik 2023-2024 didasarkan pada pendapatan 2021.

“Informasi yang digunakan untuk mengevaluasi dan menilai situasi Anda adalah cuplikan, dan cuplikan itu sudah lama,” kata Mark Salisbury, pendiri TuitionFit, platform online yang membantu siswa dan keluarga menentukan keterjangkauan perguruan tinggi. Jika keadaan Anda sekarang berbeda, itu harus dibawa ke kantor bantuan keuangan, katanya.

Jika Anda khawatir tentang memenuhi kebutuhan berdasarkan surat penghargaan bantuan keuangan yang telah diterima anak Anda, Anda masih dapat meminta lebih banyak bantuan. Jika Anda mengalami kehilangan pekerjaan, cacat, perceraian, atau perubahan lain dalam situasi keuangan Anda, kirimkan surat permohonan ke kantor bantuan keuangan perguruan tinggi.

Di Indonesia sendiri, informasi terkait bantuan pembiayaan kuliah bisa Anda temukan di situs resmi Kementerian Pendidikan kemdikbud.go.id. Mengutip situs tersebut, umumnya bantuan meliputi bantuan KIP Kuliah dan Dana Bidikmisi.

Carilah beasiswa swasta

Pertimbangkan juga sumber bantuan berbasis prestasi, terutama jika paket bantuan keuangan yang Anda terima tidak cukup memenuhi kebutuhan atau siswa tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan berbasis kebutuhan.

Melansir CNBC, lebih dari $6 miliar beasiswa diberikan kepada mahasiswa setiap tahun, menurut analisis data Departemen Pendidikan AS oleh pakar pendidikan tinggi Mark Kantrowitz. Periksa ke perguruan tinggi atau tanyakan kepada konselor sekolah menengah Anda tentang peluang.

“Mayoritas beasiswa akan datang dari perguruan tinggi dan universitas tempat siswa mendaftar dan diterima. Jadi berprestasi baik sepanjang karir sekolah menengah Anda tidak hanya penting untuk penerimaan tetapi juga untuk penghargaan beasiswa.”  kata Franek. Umumnya juga skor IPK digunakan dalam kompetisi untuk mendapatkan beasiswa.

Cari juga situs web pencocokan beasiswa gratis, seperti Fastweb, dan Scholarships.com. Periksa juga dengan klub lokal, organisasi keagamaan, dan pemberi kerja.

Manfaatkan pendaftaran ganda

Anak-anak Anda juga bisa banyak akal dalam membantu memotong biaya kuliah. Mereka dapat mulai membantu di sekolah menengah atas dengan mengambil kelas perguruan tinggi melalui program pendaftaran ganda yang dikelola negara, yang memungkinkan mereka untuk mengambil kelas tingkat perguruan tinggi, bagaikan selangkah lebih tinggi dibandingkan siswa seumurannya. Ini seringkali ditemukan melalui comunity college.

Gunakan pendapatan dari pekerjaan paruh waktu

Menurut laporan How America Pays for College Sallie Mae tahun 2022, pendapatan dan tabungan orang tua mencakup sekitar 43% dari biaya kuliah kemudian 11% ditutupi oleh pendapatan dan tabungan siswa, dikutip dari CNBC.

Anak Anda mungkin sudah menabung uang dari pekerjaan paruh waktu di sekolah menengah atau berencana untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu di perguruan tinggi atau melakukan sistem kerja-belajar sebagai bagian dari paket bantuan keuangan mereka.

Menyumbangkan sebagian pendapatan siswa dapat membantu memotong biaya kuliah. Ingatlah dalam perhitungan bantuan keuangan, bagaimanapun, bahwa orang tua diharapkan memberikan kontribusi persentase yang jauh lebih rendah dari aset mereka untuk biaya kuliah daripada siswa. Jadi pekerjaan paruh waktu dapat memengaruhi bantuan keuangan siswa Anda jika mereka menghasilkan di atas jumlah tertentu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya