Toyota: BBM Subsidi Naik, Penjualan Mobil Pasti Terpengaruh

Naiknya BBM subsidi akan memengaruhi penjualan dari seluruh jenis mobil.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 18 Nov 2014, 09:36 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2014, 09:36 WIB
Yang Sepi di IIMS 2014
Puluhan merek yang tumplek blek di pameran terbesar di Asia Tenggara itu pun menjadi sasaran pengunjung yang haus informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi sebesar Rp 2.000 tak ditampik PT Toyota-Astra Motor (TAM) bakal mempengaruhi penjualan roda empat dalam negeri. Meskipun, dampaknya hanya bersifat sementara.

"Dampak pasti ada. Kalau saya baca dari data-data dulu, pada saat BBM naik pasti ada pengaruh. Tapi kali ini sifatnya sangat pendek," tutur Direktur Marketing PT TAM, Rahmat Samulo kepada Liputan6.com melalui sambungan telefon.

Lanjut dia, naiknya BBM subsidi diharapkan mampu meningkatkan anggaran pemerintah untuk membangun sektor-sektor lain seperti infrastruktur untuk meninjnag pertumbuhan ekonomi.

"Kalau ekonomi bertumbuh cepat pasti memengaruhi industri otomotif baik jangka menengah atau panjang," imbuh Samulo.

Sementara itu, ketika ditanya mobil apa yang bakal terdampak kenaikkan BBM subisidi ini, Samulo memprediksi bahwa seluruh jenis mobil akan terpengaruh.

"Kalau saya lihat sih merata. Karena memang secara volume market otomotif banyak di menengah ke bawah dan mengambil porsi volume paling besar. Feeling saya akan berdampak merata," tuntasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya