Solusi Mengatasi Suspensi Amblas Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio suspensi belakangnya sering `amblas`. Bagaimana mengatasinya?

oleh Rio Apinino diperbarui 04 Okt 2016, 06:13 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2016, 06:13 WIB
Yamaha Scorpio
Yamaha Scorpio

Liputan6.com, Depok - Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan para pengendara Yamaha Scorpio adalah suspensi belakang yang sering `amblas`.

Umumnya hal ini terjadi saat motor dinaiki oleh dua orang. Reki Suhendra, mekanik sekaligus saudara pemilik bengkel L12, mengatakan bahwa hal ini sebetulnya adalah disebabkan karena settingan standar pabrikan itu sendiri.

"Ini disebabkan karena karakter motornya sendiri memang lembut. Jadi nyaman untuk jalan kota atau jalan terjal. Tapi saat beban bertambah, suspensinya jadi amblas," ujarnya kepada Liputan6.com, belum lama ini.

Lantas, bagaimana mengatasi masalah ini? Menurut Reki, satu cara ampuh yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan arm relay, atau aksesori peninggi monoshock.

Arm relay membuat posisi monoshock lebih tegak. Meski demikian, kelemahannya adalah ayunan menjadi lebih keras, bahkan mungkin bisa patah. Untuk mengantisipasi masalah ini bisa dilakukan dengan cara memilih arm relay dengan material lebih kuat.

"Arm relay harganya Rp 185 ribu," terang Reki.

Lain halnya dengan Reki, salah satu postingan di grup Facebook Club Yamaha Scorpio 225 menyebut bahwa untuk mengantisipasi masalah ini adalah dengan membuat lubang dudukan baru pada arm relay.

"Tinggal pergi ke bengkel bubut, tapi kalau bisa bengkel bubut yang berpengalaman menangani shock Scorpio," tulis postingan itu.

Yang jelas, modifikasi seperti ini ada untung ruginya. Meski amblas, namun pada dasarnya settingan standar membuat Scorpio lebih stabil di trek lurus.

"Kalau memang harus ditinggikan, paling tidak ganti juga bannya pakai ban lebih lebar. Pakai ban lebar bisa membuat lebih nyaman," tutup Reki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya